Sejak berdiri pada tahun 2008 dengan film Iron Man, sampai hari ini MCU tercatat sudah mempunyai 28 film layar lebar dan enam serial. Selama itu juga tayangannya telah melibatkan banyak aktor Hollywood untuk memerankan karakter superhero dan supervillain dari Marvel Comics. Meskipun banyak aktor yang cukup senang dan menjadi populer karena keterlibatannya di MCU, tetapi hal tersebut tidak belaku untuk dua aktor ini. Terlepas dari kesuksesan mereka memerankan karakternya, berikut dua aktor yang memutuskan untuk hengkang dari MCU dan tidak pernah kembali lagi!

Terrence Howard

Yang pertama adalah aktor yang telah melakukan debutnya sejak tahun 1993, yaitu Terrence Howard. Saat Marvel pertama kali mendirikan MCU dengan film Iron Man (2010), Howard adalah salah satu aktor yang terlibat di dalamnya. Berperan sebagai Kolonel James Rupert Rhodes, pada saat itu banyak penggemar yang berhadap dia muncul sebagai War Machine. Sayangnya, alter ego tersebut belum mendapatkan kesempatan untuk muncul di film Iron Man pertama. Jadi, Howard hanya sempat berperan sebagai Rhodey yang merupakan sahabat Tony Stark sekaligus anggota militer Amerika.

Di film Iron Man pertama, Rhodey sempat memimpin misi penyelamatan Tony saat organisasi teroris Ten Rings menculiknya di Irak. Dia turut terlibat dalam menjatuhkan Obadiah Stane, dengan merahasiakan identitas sahabatnya yang telah menjadi Iron Man. Dan ketika Tony mengungkap identitasnya kepada publik di akhir film, Rhodey adalah orang yang paling tertekan. Meskipun karakter Rhodey dari Howard berpotensi untuk kembali sebagai War Machine di film selanjutnya, hal tersebut sama sekali tidak pernah terwujud. Karena aktor Don Cheadle mengambil alih perannya di film Iron Man 2 (2010).

BACA JUGA: Penampilan Namor di Black Panther 2 Bocor?

Pada tahun 2013 silam, dalam acara Watch What Happens Live, Howard sempat menjelaskan alasannya tidak kembali berperan sebagai Rhodey. Dia mengatakan kepada pembawa acara Andy Cohen bahwa pada saat itu Marvel hanya mau membayarnya sekitar satu per delapan dari total kesepakatan mereka. Padahal jika Howard tidak melepaskan kesempatannya, mungkin dia akan tampil di berbagai film MCU seperti Cheadle. Sejauh ini Cheadle sendiri telah muncul sebagai War Machine di film Iron Man 2, 3, Age of Ultron, Captain America: Civil War, Captain Marvel, Avengers: Infinity Wars, dan Endgame.

Hugo Weaving

Aktor berikutnya yang memutuskan untuk hengkang dari MCU adalah Hugo Weaving. Debut di film Captain America: The First Avenger (2011), para penggemar mengenal Weaving sebagai pemeran supervillain Johann Schmidt. Sebagai bagian dari divisi senjata spesial Nazi, Johann hampir mirip seperti Adolf Hitler di era Perang Dunia II. Dan setelah menyuntikan serum super soldier kepada dirinya, Schmidt tiba-tiba berubah menjadi Red Skull yang mempunyai penampilan buruk rupa. Meskipun wajahnya rusak, tetapi dia akhirnya mempunyai kemampuan fisik yang seimbang dengan Captain America.

Di film Captain America pertama, karakter Weaving ini digambarkan sebagai musuh bebuyutan dari Captain America. Dalam setiap peperangan yang Captain America jalani, selalu tidak luput dari campur tangan Red Skull. Dan ketika Red Skull berencana melancarkan serangan terbesarnya ke Amerika, mereka berdua akhirnya bertemu. Tidak lama setelah mereka berdua bertarung, Red Skull kemudian tiba-tiba menghilang terserap wormhole, saat dia menyentuh Tesseract dengan tangan kosong. Karakternya memang kembali di Infinity Wars dan Endgame, tetapi bukan Weaving yang memerankannya.

Tidak lama setelah dirinya tampil di film Captain America, Weaving berbicara kepada Collider bahwa dia tidak akan dan tidak mau kembali sebagai Red Skull. Walaupun begitu, pada saat Marvel mengembangkan Infinity Wars dan Endgame, Weaving sempat menyatakan ingin kembali. Namun, karena menurut Weaving bayarannya terlalu kecil, pada akhirnya dia mundur dan kemudian aktor Ross Marquand mengambil alih perannya. Red Skull dari Marquand muncul di Planet Vormir sebagai penjaga Soul Stone. Dan setelah Thanos mendapatkan salah satu Infinity Stones tersebut, Red Skull pun akhirnya bebas dari kutukan dan konon saat ini tengah bersiap untuk kembali mencapai tujuannya.

Itulah dua aktor Hollywood yang memutuskan hengkang dari MCU. Dan saat mereka ingin kembali lagi, MCU memilih untuk mengganti mereka dengan aktor lain. Terlepas dari berbagai alasan Howard dan Weaving, apakah menurut kalian keputusan mereka sudah tepat, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.