Dari dahulu sampai sekarang, DC dan Marvel bagaikan Raja dan Ratu di industri komik Amerika. Keduanya sering telihat bersaing secara tidak langsung, dengan menghadirkan banyak karakter dan kisah yang mirip satu sama lain. Namun, di sisi lain mereka juga cukup sering bekerja sama dengan berbagai kisah crossover yang menarik, seperti Amalgam Comics dan JLA/Avengers. Dan yang lebih menariknya lagi, ternyata selama ini DC juga mempunyai sebuah universe alternatif yang Earth-8 dan merupakan parodi dari Marvel Universe. Mengapa universe tersebut bisa disebut parodi? Mari kita bahas, Geeks!

Sejarah Terciptanya Earth 8

Tidak banyak yang tahu tentang keberadaan Earth 8 di DC Multiverse. Walaupun begitu, pada kenyataannya universe alternatif ini ternyata telah debut sejak tahun 1969 dengan nama Angor. Muncul di komik JLA #71, Angor adalah sebuah dunia yang merupakan bagian multiverse DC pada era sebelum Crisis. Dan kemudian saat peristiwa Crisis on Infinity Earth menceritakan semua universe alternatif hancur, mungkin Angor juga termasuk ke dalam salah satu dunia yang hancur. Untungnya, saat DC kembali memperkenalkan multiverse di kisah 52, universe Angor kembali dengan nama lain, yaitu Earth 8.

Dalam struktur multiverse DC, letak Earth 8 bersebrangan dengan Earth 40, tempat asal dari para superhero robot. Menariknya, saat DC kembali merombak semestanya dengan kisah Flashpoint, Grant Morrison tetap mempertahankan Earth 8 sebagai bagian dari multiverse. Meskipun terdapat beberapa penyesuaian terkain visual dan konsep semestanya, tetapi Earth 8 tetap berkembang sebagai universe alternatif yang sangat mirip dengan Marvel.

Sebagai universe alternatif yang cukup beruntung karena menjadi bagian dari multiverse baru DC, tidak sedikit penggemar yang masih menyebut Earth 8 sebagai Angor. Dan seperti penggambaran Angor sebelum era Crisis, penduduk Earth-8 tetap hadir sebagai parodi dari karakter Marvel Universe. Selain karakter di dalamnya, banyak juga peristiwa penting dan tim super yang merupakan analogi secara tidak langsung dari Marvel Universe. Dari mulai tragedi Civil War sampai tim superhero Avengers, tidak luput dari parodi Earth 8.

Banyak Kemiripan Dengan Marvel

Ketika sebuah ancaman di Earth 8 terlalu besar untuk satu superhero, para superhero di semestanya pasti akan saling tolong menolong sebagai bagian dari Angor’s Mightiest Heroes alias Retaliators. Sebagai tim superhero terbaik Angor, Retaliators yang mempunyai arti ‘pembalas’ adalah parodi dari Avengers yang mempunyai arti sama. Bukan hanya nama tim supernya saja yang sama, tetapi juga para anggotanya. Di dalam Retaliators sendiri terdapat para superhero yang penampilan dan kekuatan hampir sama seperti superhero Marvel.

Seperti pada gambar di atas, anggota Retaliators terdiri dari American Crusader yang mirip seperti Captain America, lengkap dengan perisai energinya. Kemudian ada juga The Bug yang bisa merayap di dinding seperti Spider-Man. Tidak ketinggalan juga Machinehead yang mengenakan armor dan menembakan energi dari repulsornya seperti Iron Man. Selain para anggota inti Retaliators, ada juga Wundajin (Thor), raksasa biru bernama Behemoth (Hulk), Major Max, (Captain Marvel), Deadeye (Hawkeye), Red Dragon (Black Widow), Kite (Wasp/Falcon), dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: DC Mengenal Earth-3, Semesta Para Superhero Jahat!

Bahkan tim super seperti X-Men dari Marvel saja sempat menjadi parodi juga dalam bentuk G-Men, tim mutan dari Angor. Ada juga parodi dari Fantastic Four yang disebut Future Family, dengan manusia karet bernama Frank Future (Mister Fantastic) sebagai pemimpinnya. Agar lebih seimbang, DC juga telah memperkenalkan tim super Extremists yang merupakan parodi Master of Evil dari Marvel.

Selain superhero dan supervillain, di Angor juga pernah terjadi peristiwa yang mirip seperti Civil War Marvel. Ketika persitiwa Civil War of Angor terjadi, superhero dan supervillain di dalamnya terbagi menjadi dua, kubu American Crusader dan kubu Machinehead. Kubu Machinehead adalah para manusia super yang akhirnya setuju untuk melakukan tindakan ekstrem demi mencapai tujuannya. Mereka sampai menghancurkan Slovekia (Sokovia di Marvel) dan membunuh presiden. Pada akhirnya perang berakhir setelah Blue Jay (Ant-Man) menjadi pemimpin Amerika di Angor dan mendamaikan semuanya.

Itulah pembahasan mengenai universe alternatif DC yang sangat mirip dengan Marvel. Dari mulai karakter sampai peristiwa di dalamnya, cukup jelas bahwa Earth 8 adalah parodi dari Marvel Universe. Alih-alih menjadi parodi yang lucu, justru DC membuktikan bahwa mereka sangat memperhatikan Marvel dan menganalogikan semestanya dengan Earth 8 alias Angor. Bagaimana, Geeks, menarik bukan?