Rasanya semua fans One Piece sudah sangat mengenal siapa sosok Gol D Roger. Roger sangat terkenal dan menyimpan pengaruh besar dalam dunia One Piece. Gol D Roger merupakan bajak laut pertama yang berhasil menuju Laugh Tale. Berkat pencapaian tersebut, Roger pun mendapatkan gelar raja bajak laut.

Dan sebagai seorang bajak laut, tidak heran jika kemudian Roger memiliki kekuatan yang dahsyat. Kekuatan hebat dari Roger bahkan diakui oleh banyak bajak laut hebat lainnya. Selama petualangannya sebagai bajak laut, Gol D Roger memiliki beberapa rival atau musuh bebuyutan. Mereka berusaha untuk mengalahkan Roger. Lalu, siapa saja mereka? Berikut pembahasannya.

Rocks D. Xebec

Sebagai bajak laut paling kejam dan paling mengerikan di seluruh lautan, Rocks D. Xebec  mendapatkan perhatian dari Pemerintah Dunia dan angkatan laut jauh sebelum Gol D. Roger. Kekejaman dan kengerian dari kelompok bajak laut Rocks bahkan memaksa Pemerintah Dunia menghapus mereka dari sejarah, sehingga tidak pernah ada yang mengetahui tentang sosok ini.

Rocks sendiri dianggap sebagai rival pertama dan terkuat dari Gol D. Roger. Namun, sejauh ini, memang ceritanya belum menyebutkan bahwa Roger pernah bertarung melawan Rocks. Roger pun bahkan tidak pernah menyebut nama Rocks dalam kilas balik Oden. Satu-satunya momen pertemuan Roger dan Rocks yang hadir dalam cerita adalah saat Sengoku bercerita tentang peristiwa God Valley, di mana Garp dan Roger bergabung melawan kelompok Rocks.

Charlotte Linlin

Big Mom merupakan mantan anak buah dari Rocks D. Xebec sebelum kemudian dia menjadi seorang Yonko seperti sekarang. Dan sama halnya seperti Rocks, Oda Sensei pun belum memperlihatkan pertarungan yang terjadi antara mereka. Pertarungan Big Mom dan Roger mungkin terjadi saat insiden God Valley.

Meskipun begitu, Roger sendiri mengakui kekuatan dari Big Mom. Disebutkan saat Roger hendak mencuri salinan Road Poneglyph Big Mom, dia lebih memilih untuk melakukannya secara sembunyi-sembunyi daripada harus bertarung secara langsung. Apakah artinya kekuatan Big Mom sebenarnya jauh lebih kuat?

Shiki

Shiki the Golden Lion merupakan salah satu bajak laut legendaris dalam cerita One Piece dan merupakan seseorang yang level kekuatannya berada pada level yang sama dengan Gol D. Roger. Shiki mampu bertarung dengan bajak laut kuat manapun dan menang, kecuali beberapa bajak laut seperti Whitebeard dan Roger.

Shiki merupakan bagian dari kelompok bajak laut Rocks, dan setelah kelompok tersebut bubar, mereka sempat masih saling bertempur. Salah satu contohnya adalah peristiwa Edd War yang fenomenal. Ketika itu, Roger berhasil menang berkat bantuan alam. Shiki pun sepertinya berusaha untuk bisa mengalahkan Roger, terbukti saat Shiki berusaha untuk menerobos masuk ke markas angkatan laut saat tahu Roger hendak dieksekusi.

Edward Newgate

Geeks tentunya sudah sangat tahu bahwa Whitebeard merupakan rival abadi sekaligus juga teman dari Roger. Whitebeard dan Roger diketahui memiliki kekuatan yang sama. Karena itulah, Roger menjadi satu-satunya orang yang mampu menandingi kekuatan manusia paling kuat di dunia tersebut. Hal ini bisa dilihat dalam momen kilas balik dari Kozuki Oden.

Pertarungan selama tiga hari tiga malam tanpa henti tidak menghasilkan pemenangnya. Dengan kata lain kekuatan mereka sama. Sebenarnya, hal ini memunculkan pertanyaan besar mengenai sekuat apa sosok Roger saat era jayanya sehingga mampu menandingi kekuatan Whitebeard. Padahal, diketahui bahwa Roger tidak memiliki kekuatan buah iblis.

Kaido

Sama seperti halnya Big Mom dan Rocks, Kaido sejauh ini belum pernah bertarung melawan Roger. Namun, dalam insiden God Valley, bisa jadi keduanya sempat saling beradu kekuatan. Kaido sebenarnya sangat mengagumi sosok Gol D. Roger, karena menurutnya Roger adalah sosok yang luar biasa. Pada chapter 1047 kemarin, kita pun sudah melihatnya.

Kaido memuji sosok Roger. Tanpa kekuatan iblis dan hanya mengandalkan Haki, dia mampu menguasai dunia. Berdasarkan hal tersebut ada dua kemungkinan yang muncul. Pertama, sebelumnya Kaido pernah bertarung melawan Roger dan merasakan bagaimana dahsyatnya kekuatan Roger. Kedua, Kaido melihat pencapaian besar yang dialami oleh Roger tanpa bertarung, yang mana hal itu membuatnya termotivasi.

BACA JUGA: One Piece: 3 Shichibukai Paling Lemah!

Sengoku

Saat Sengoku masih menjadi admiral di angkatan laut, dia sering kali bertarung melawan bajak laut kuat seperti Rocks dan juga Roger. Kekuatan Sengoku sendiri memang jarang muncul, namun sepertinya Roger mengakui kehebatan mantan Fleet Admiral ini. Dalam kilas balik Oden, Roger sempat menghabisi seluruh pasukan angkatan laut yang mencoba menangkapnya. Dan Roger justru meminta Garp atau Sengoku yang menangkapnya.

Artinya, Sengoku pernah bertarung menghadapi Roger dan mengakui bagaimana kekuatan dari Sengoku. Roger sepertinya begitu menghormati sosok Sengoku sebagai rivalnya seperti halnya yang dia lakukan terhadap Garp. Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa memperlihatkan momen kilas balik pertarungan mereka.

Monkey D. Garp

Rivalitas antara Garp dan Roger hampir mirip seperti halnya dengan sosok Whitebeard. Keduanya benar-benar sangat dekat, bahkan saking seringnya Garp bertarung dan berurusan dengan Roger, dia justru dianggap dan dipercaya melebihi krunya sendiri. Contohnya adalah bagaimana ketika Roger menitipkan Ace kepada Garp.

Dengan seringnya Garp dan Roger bertarung, bisa dibilang Garp adalah rival terkuat dari Roger sejauh ini. Beberapa kali Garp pernah hampir menangkap Roger, namun dia berhasil kabur. Momen kerja sama Garp dan Roger dalam inside God Valley mungkin adalah momen paling unik sepanjang karirnya sebagai angkatan laut.

Roger dianggap sebagai bajak laut yang paling sukses dalam sejarah. Dari segi kekuatan, Roger bisa menandingi berbagai karakter kuat. Tidak heran dengan semua popularitas dan pencapaiannya, ada banyak rival atau musuh yang berusaha menyaingi kesuksesannya.