Baru baru ini dalam cerita One Piece, para fans terkejut dengan fakta yang dihadirkan oleh Eiichiro Oda bahwa buah iblis Luffy sebenarnya bukanlah Gomu Gomu no Mi melainkan Hito Hito no Mi, Model: Nika. Juga ternyata buah iblis Luffy bukanlah Paramecia melainkan Mythical Zoan. Kita juga akhirnya tahu fakta bahwa Luffy adalah penerus dari Joy Boy.

Sebagian besar cerita One Piece memang masih menyimpan misteri besar. Hal inilah yang membuat para fans penasaran dengan misteri tersebut. Namun, dengan cerita One Piece yang sudah mendekati akhirnya, tentu Oda Sensei perlu untuk segera membeberkan penjelasan atau fakta mengenai misteri tersebut. Lalu, apa saja misteri yang perlu Oda ungkap?

Abad yang Hilang

Abad yang hilang (Void Century) merupakan sebuah abad kosong yang menjadi pembatas antara era dulu dan sekarang. Pemerintah dunia tidak menginjikan orang-orang untuk mempelajari atau mencari tahu tentang abad yang hilang. Kejadian tersebut berlangsung pada 800 sampai 900 tahun yang lalu, sebelum lini masa yang sekarang. Abad yang hilang sendiri pertama kali muncul saat arc Skypiea.

Apa yang terjadi dengan abad yang hilang atau apa yang kemudian menyebabkan abad yang hilang terjadi merupakan salah satu misteri yang para fans tanyakan. Mereka mencoba untuk mencari tahu dan menerka-nerka apa yang sebenarnya terjadi. Salah satu teori yang berkembang adalah ketika masa itu pemerintah dunia dan angkatan laut sengaja menghancurkan sebuah peradaban, karena dianggap “berbahaya” bagi mereka. Mungkin itu juga alasan mengapa pemerintah dunia tidak memperbolehkan mempelajari abad yang hilang.

Arti Tekad D

Geeks tentunya sadar bahwa ada beberapa karakter yang memiliki “D.” pada tengah namanya. Contohnya adalah Monkey D. Garp, Trafalgar D. Law, atau Gol D. Roger. Tapi, apa sebenarnya arti dari “D” tersebut? Sampai saat ini masih belum ada petunjuk tentang apa arti dari nama tersebut. Yang pasti, nama tersebut diyakini memiliki sebuah tekad yang kuat dan mampu mengguncang dunia.

Banyak fans yang kemudian melemparkan teori jika “D” merupakan kependekan dari “Dream” atau mimpi. Karena, hampir setiap karakter yang memiliki “D.” memiliki sebuah tekad atau mimpi yang besar. Teori lainnya adalah nama “D.” berasal dari sebuah kerajaan yang sudah lama hilang. Tekad D sendiri dipercaya akan kembali bangkit suatu saat nanti dan akan kembali menguasai dunia. Para anggota klan D juga diyakini merupakan musuh besar dari pihak Pemerintah Dunia.

Buah Iblis

Buah iblis merupakan salah satu elemen penting dalam cerita One Piece, selain Haki.  Selama hampir dua dekade ini, cerita One Piece selalu dipenuhi oleh karakter yang memiliki buah iblis baik mereka yang bertipe Zoan, Logia, atau Paramecia. Luffy adalah salah satu pemakan buah iblis.

Tetapi ada banyak sekali pertanyaan mengenai buah iblis, seperti bagaimana sistem kerja dari buah iblis? Dari mana asal buah iblis? Para fans sendiri sempat mencoba untuk mencari tahu hal ini, salah satunya adalah adanya ada hal atau zat yang memang mempengaruhi buah iblis. Fakta baru yang mencengangkan adalah Kaido mengatakan bahwa buah iblis bukanlah faktor penting untuk bisa menjadi raja bajak laut.

Joy Boy

Joy Boy sempat meninggalkan sebuah harta karun yang besar dan banyak di pulau terakhir Grand Line. Ia melakukannya sekitar 800 tahun yang lalu. Sekitar 24 tahun sebelum era sekarang, kelompok bajak laut Roger akhirnya tiba di pulau Laugh Tale dan menemukan harta karun tersebut, dan kemudian menyebutnya sebagai One Piece.

Sejauh ini, identitas dari Joy Boy masih menjadi sebuah misteri besar. Apakah Joy Boy merupakan nama? Julukan? Atau titel? Siapa sebenarnya yang pertama kali mendapatkan titel Joy Boy? Apa hubungan Joy Boy dengan abad yang hilang? Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait sosok Joy Boy yang masih misterius.

BACA JUGA: One Piece: 3 Shichibukai Paling Lemah!

One Piece

Sudah sejak lama pertanyaan “apa sebenarnya One Piece?” atau “harta karun misterius apa yang sosok Gol D. Roger tinggalkan untuk mereka yang menemukannya?” terdengar di kalangan pecinta seri ini. Karena harta karun ini masih sangat misterius (bahkan kita belum tahu bentuknya seperti apa), banyak orang yang kemudian berspekulasi tentang hal tersebut.

Banyak orang yang percaya bahwa harta karun yang selama ini dicari sebenarnya tidak ada, alias One Piece yang sebenarnya bukanlah benda melainkan hubungan persahabatan. Ada juga teori lainnya yang menyebutkan bahwa One Piece adalah sesuai dengan terjemahannya yaitu “sebuah potongan”. Potongan tersebut adalah Poneglyph terakhir yang selama ini mereka cari dan akan mengguncangkan dunia sampai ke intinya. Ada juga yang menganggap jika One Piece memang sebuah harta karun berupa emas.

Meskipun begitu, Oda Sensei sempat memberikan penegasan dalam sebuah wawancara dengan kreator Chibi Maruko-Chan, Momoko Sakura, bahwa One Piece bukanlah persahabatan atau pengalaman yang berharga. Luffy dan yang lain bisa dipastikan akan mendapatkan “ganjaran” atas petualangan yang sudah mereka jalani selama ini.

Seri One Piece dikenal sering kali menghadirkan misteri yang tidak terduga dan juga misteri besar yang membuat para fans penasaran. Namun, dengan serinya yang akan segera berakhir tentu para fans ingin segera mengetahui fakta sebenarnya dari misteri tersebut. Apakah Oda Sensei akan menjawab semua misteri tersebut dalam waktu dekat? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.