Dalam cerita One Piece, hampir selalu muncul karakter baru dalam setiap arc yang sedang berlangsung. Contohnya adalah saat ini di arc Wano Country ada beberapa karakter baru yang muncul dalam cerita. Misalnya, tiga bawahan Kaido, kemudian Orochi, dan yang paling menyita banyak perhatian adalah Yamato, yang merupakan anak dari Kaido.

Yamato merupakan sosok anak dari Kaido yang justru menentang ayahnya. Yamato nampak tidak sejalan dengan visi dan misi sang ayah, yang mana inilah yang kemudian membuat Yamato memutuskan untuk melawan sang ayah dan juga meminta Luffy untuk menerimanya sebagai Nakama baru. Ada beberapa alasan mengapa Yamato memang pantas untuk menjadi Nakama baru.

Memiliki Mimpi Melihat Dunia

Tidak ada karakter yang menarik, seperti Yamato, yang tidak memiliki sebuah impian, dan One Piece sendiri merupakan seri yang hampir setiap karakter yang muncul memiliki motivasi tertentu yang membuat mereka terus bersemangat menjalani petualangannya. Dan sejak pertemuannya dengan Luffy di atas atap istana Kaido, Yamato sudah memberi tahu semua informasi termasuk mimpinya.

Yamato memiliki misi yang sama dengan Oden dan Red Scabbards yaitu membuka perbatasan negara Wano. Dia ingin melanjutkan misi tertunda dari Kozuki Oden tersebut. Namun, tentu saja impian paling besarnya yang lain adalah berlayar keliling dunia, merasakan petualangan yang besar, dan melihat semua hal yang ada di dunia. Kozuki Oden pun sempat merasakan atau mengalami hal yang sama ketika bergabung dengan kelompok Whitebeard dan Roger.

Mencatat Petualangan Luffy

Salah satu hal menarik yang muncul ketika Kozuki Oden bergabung dengan kelompok bajak laut Whitebeard dan Roger adalah bagaimana dia mencatat semuanya dengan detail. Oden mencatat semua petualangan yang dia hadapi dalam sebuah buku catatan. Buku catatan inilah yang kemudian menjadikan Yamato seperti saat ini.

Hal ini pun bisa juga dilakukan oleh Yamato di kelompok Topi Jerami. Dia bisa mencatat apa saja kegiatan atau petualangan serta hal menarik yang mereka alami. Catatan tersebut tentunya akan menjadi sebuah memoar yang berharga untuk semuanya, baik kelompok Topi Jerami atau siapa pun yang menemukan atau membacanya.

Memiliki Kekuatan Dahsyat

Kelompok Topi Jerami sering kali mengalami kendala di mana mereka harus mengalami musuh yang sangat kuat. Dan sering kali juga, hanya sebagian dari mereka harus bertarung. Bergabungnya Yamato ke dalam kru ini ini tentunya akan menambah kekuatan dari kelompok Topi Jerami. Seperti yang kita ketahui, Yamato sanggup untuk menahan berbagai serangan Kaido.

Yamato mungkin tidak bisa menang melawan Kaido, namun terbukti dia mampu menahan Kaido selama mungkin sampai Luffy kembali sadar. Dengan tantangan yang tentu akan semakin berat, tentunya Yamato bisa menjadi solusi bagi Luffy dan yang lain untuk bisa meneruskan petualangan mereka.

Memiliki Sejarah dengan Ace

Sudah ada banyak karakter di seri One Piece yang datang dan pergi. Tapi, jika ada satu orang di seriesnya yang bisa membawa kembali memori dalam cerita, itu adalah Portgas D. Ace. Petualangan Ace di seriesnya mungkin terlihat singkat, dan tidak terlalu banyak ditampilkan. Tapi, sebenarnya ada banyak cerita mengharukan dan menarik yang membuat karakter ini tetap menjadi favorit.

Nyatanya Ace memiliki sejarah panjang dengan penduduk Wano, jauh sebelum dia bergabung dengan Whitebeard. Ace pernah bertemu dengan O-Tama, seorang gadis miskin dari Wano, dan membuat Tama kembali ceria dan memiliki motivasi untuk menjadi lebih baik. Ace juga memiliki hubungan yang baik dengan Yamato. Hubungan yang baik antara Ace dan Yamato tentunya bisa membangun hubungan dengan Luffy lebih baik dan terasa natural.

BACA JUGA: One Piece: 5 Misteri Besar yang Masih Gantung! 

Memiliki Akses Terhadap Informasi Kaido

Sebagai anak dari Kaido, tentunya Yamato setidaknya mengetahui berbagai rahasia penting dari ayahnya. Salah satunya adalah informasi mengenai keberadaan Road Poneglyph yang saat ini masih menjadi misteri. Seperti yang kita ketahui, keberadaan dari Road Poneglyph di Wano masih menjadi pertanyaan besar. Satu-satunya petunjuk yang ada adalah Kaido yang menyimpannya.

Bergabungnya Yamato dengan kelompok Topi Jerami tentu bisa menjadi cara untuk bisa menemukan keberadaan dari Road Poneglyph tersebut. Dengan menemukan Road Poneglyph ketiga, Luffy dan kelompok Topi Jerami akan bisa melanjutkan petualangan mereka. Yamato bisa memberi tahu lokasi pasti atau memberikan petunjuk jelas di mana Kaido menyimpan Road Poneglyphnya. Bisa jadi juga Yamato memberikan informasi penting lainnya.

Meskipun terhitung karakter baru, para fans sendiri sudah menyukai karakter Yamato. Dan seperti biasa, jika suatu karakter dianggap menarik oleh banyak fans, maka biasanya para fans berharap sosok tersebut bisa menjadi bagian dari kelompok bajak laut Luffy atau menjadi Nakama baru seperti sosok Yamato ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.