One Piece merupakan salah satu franchise yang sangat populer di dunia. Bahkan, popularitas One Piece membuat serinya muncul di berbagai medium. Mulai dari anime, manga, film layar lebar, game, dan lain-lain. Salah satu hal yang membuat seri One Piece populer dan menarik adalah para karakternya. Dan kelompok Topi Jerami merupakan karakter utama dalam seri tersebut.

Jauh sebelum menjadi salah satu seri manga dan anime terpopuler saat ini, Eiichiro Oda selaku kreator dari seri One Piece, tentunya melakukan banyak uji coba. Sama halnya dengan cerita film, Oda tentu akan membuat sebuah konsep awal. Oda kemudian memilih konsep yang terbaik sebelum diserahkan kepada pihak penerbit agar naik cetak.

Meskipun pada akhirnya ada bagian yang tidak terpakai, menarik untuk melihat bagaimana desain awal dari sebuah karakter populer seperti kru Topi Jerami dalam seri ini. Dalam buku One Piece Green: Secret Pieces, Oda banyak memberikan informasi “rahasia”, termasuk desain awal kru Topi Jerami.

Desain Awal Kru Topi Jerami

Dalam sketsanya, kita melihat tidak ada perubahan secara khusus untuk desain dari sosok Monkey D. Luffy, Roronoa Zoro, dan Nami. Hanya ada beberapa perubahan kecil seperti Zoro yang membawa satu botol sake pada bagian pinggangnya dan memakai baju berwarna gelap. Sedangkan untuk Nami, pada bagian roknya sedikit bergelombang.

Untuk Sanji, pada desain awalnya ia memiliki sebuah janggut pada bagian dagunya yang sedikit tebal. Namun, kemudian bagian janggutnya dibuang. Untuk Usopp, seharusnya dia yang menjadi wakil kapten Luffy dan bukan Zoro. Serta penampilannya pun sebenarnya lebih mirip dengan Yasopp sang ayah, karena memang Usopp terinspirasi dari sang ayah.

Untuk Chopper, ada perbedaan yang cukup signifikan dari segi desain karakternya. Dalam versi desain awal, Chopper memiliki bentuk yang sesuai dengan rusa pada umumnya. Tetapi, Oda kemudian merubahnya menjadi bentuk yang lucu seperti boneka dengan ukuran tubuh yang kecil. Dan Brook sendiri seharusnya tidak memiliki rambut afro seperti sekarang.

Brook, dalam desain awal, mengenakan topi berbentuk bulat lebar. Sosok di pojok kiri tertulis “pembuat kapal.” Brook memang pada awalnya adalah tukang kapal atau tukang memperbaiki kapal dari kru Luffy. Namun, kemudian karakter tersebut diganti oleh Franky. Kemudian orang kedua dari kiri tertulis “tanaman/vegetasi.”

Oda menggambarkan karakternya sebagai seseorang yang sangat terobsesi dengan tanaman. Tetapi, kemudian karakternya diganti oleh sosok Nico Robin. Konsep tanaman sendiri sekarang memiliki hubungan dengan Usopp pasca time-skip. Sedangkan sosok Nico Robin, saat ini lebih tertarik dalam hal sejarah.

Lebih dari Sekali

Dan berbicara mengenai perubahan karakter, sebenarnya ini bukan yang pertama. Mereka juga sudah beberapa kali mengalami perubahan. Contohnya adalah Nami yang sudah beberapa kali mendapatkan perubahan desain karakter, terutama dalam hal pakaian yang ia gunakan. Pada awalnya, Nami mengenakan pakaian biasa dengan menggunakan rok.

Tetapi, pasca time-skip, Nami justru menggunakan bikini dan juga celana jeans. Dan saat ini, pada arc Wano, Nami mengenakan pakaian tradisional yang cukup menarik. Sama halnya dengan sosok Zoro. Awalnya, Zoro mengenakan pakaian putih dan celana berwarna gelap. Namun, pasca time-skip pakaian yang Zoro kenakan pun berubah.

BACA JUGA: One Piece: Terungkap, Syarat Bangkitkan Buah Iblis!

Saat ini, ia menggunakan pakaian yang berbentuk jubah. Dan sekarang, Zoro pun mengenakan pakaian tradisional yang biasa digunakan para samurai di Wano. Perubahan juga terjadii kepada yang lainnya pasca time-skip, kecuali Sanji. Sanji tetap pada setelan jas yang dia kenakan, bahkan sampai sampai di pertarungan melawan Queen kemarin. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian menyukai desain karakter yang sekarang atau versi pertama?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.