DC Extended Universe adalah jagat sinematik DC yang dikembangkan oleh Warner Bros. dan juga DC Films. Di mulai dengan film Man of Steel yang dirilis pada tahun 2013, sampai saat ini sudah cukup banyak karakter DC yang dibawa ke layar lebar, seperti Superman, Batman, Wonder Woman, Aquaman, Flash, Shazam, dan masih banyak lagi. Untuk mengisi keberagaman semestanya, beberapa waktu lalu juga WB pernah mengumumkan akan membawa duo superhero baru Wonder Twins ke DCEU dengan sebuah film solo.

Pertama kali diumumkan pada bulan Februari lalu, film Wonder Twins sendiri rencananya akan disutradarai oleh Adam Sztykiel yang sebelumnya terlibat sebagai penulis naskah dari film Black Adam yang akan datang. Film yang dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming HBO Max ini bahkan telah menemukan aktris yang akan berperan sebagai protagonis utamanya, yaitu KJ Apa dan Isabel May. Walaupun begitu, tidak lama setelah perusahaan WB dan Dicovery bergabung menjadi Warner Bros. Discovery, proyek Wonder Twins yang hampir memulai produksi tersebut akhirnya dibatalkan.

Setelah sempat membuat penggemar bertanya-tanya dengan pembatalannya, baru-baru ini, situs WSJ melaporkan bahwa pembatalan film Wonder Twins tersebut disebabkan oleh masalah anggaran. Beberapa waktu lalu, David Zaslav, CEO baru WB Discovery memang pernah dilaporkan akan merombak ulang DCEU, di mana hal tersebut tentunya akan sangat berdampak terhadap beberapa proyek DCEU mendatang. Dan Wonder Twins yang rencananya akan menghabiskan anggaran sekitar 75 juta dolar ini dianggap Zaslav mempunyai anggaran yang terlalu tinggi untuk sebuah tayangan streaming.

Padahal jika film ini jadi diproduksi dan akhirnya tayang di HBO Max, para penggemar akan bisa melihat seperti apa penampilan live action dari superhero kembar, Zan dan Jayna. Muncul pertama kali di serial animasi All-New Super Friends Hour, Wonder Twins akhirnya mendapatkan komik solonya sendiri pada tahun 2019 lalu dan menjadi salah satu superhero baru yang disukai oleh banyak penggemar. Berasal dari sebuah planet yang disebut Exxor, Zan dan Jayna sendiri adalah dua superhero yang bisa berubah bentuk, di mana Zan bisa berubah menjadi air dan Jayna menjadi binatang yang diinginkannya.

Mengingat umur kisah Wonder Twins yang masih terbilang baru, sepertinya WB Discovery ingin memfokuskan anggarannya untuk film-film lain yang lebih menjanjikan. Tentunya hal tersebut juga tidak bisa disalahkan karena yang mereka lakukan adalah demi kelangsungan DCEU yang selama ini kisah jagat sinematiknya sulit berkembang. Semoga saja di tangan Zaslav, WB Discovery dapat menemukan formula yang tepat untuk membuat DCEU lebih bersinar pada masa yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.