Dalam cerita One Piece, kita diperlihatkan sebuah ras menarik yang merupakan ras buatan bernama Homies. Homies merupakan makhluk buatan yang diciptakan oleh Big Mom. Hal tersebut bisa terjadi berkat kekuatan buah iblis Soru Soru no Mi yang membuat Big Mom bisa memasukan jiwa ke dalam benda apa pun.

Meskipun mirip seperti zombie, tetapi ada perbedaan besar dalam hal ini. Big Mom tidak bisa membuat Homies dari tubuh manusia, tetapi dari benda, seperti pohon atau bahkan barang-barang apa pun. Bahkan, semua yang ada di pulau Whole Cake Island pun adalah Homies. Berikut adalah berbagai Homies yang pernah Big Mom ciptakan.

Prometheus

Prometheus adalah salah satu Homies andalan dari Big Mom. Prometheus termasuk dalam Homies Spesial, karena dia tercipta dari serpihan jiwa Big Mom sendiri. Prometheus sendiri merupakan Homies yang berbentuk api, dan sering berada di tangan kanan Big Mom. Jika dibutuhkan, Prometheus bisa berubah menjadi api yang sangat besar yang menjadi bukti kekuatan dari Homies ini.

Prometheus merupakan salah satu Homies yang sangat setia kepada Big Mom. Yang luar biasa juga adalah Promotheus bisa digunakan sebagai transportasi Big Mom untuk bisa terbang. Prometheus kemungkinan adalah wujud “reinkarnasi” dari Homies Pandora. Dalam pertempuran di Onigashima, Prometheus sempat diperlihatkan berhasil diserang oleh Zoro, di mana tubuhnya terbelah oleh teknik Foxfire milik Kinemon.

Zeus

Seperti halnya Prometheus, Zeus juga termasuk dalam Homies dengan level spesial. Homies berbentuk awan ini terbentuk dari serpihan jiwa Big Mom. Yang menarik adalah meskipun Homies lain nampak setia dan takut terhadap Big Mom, namun Zeus menjadi satu-satunya Homies yang berani untuk menentang Big Mom. Zeus sangat senang dengan “makanan enak” berupa bola awan hitam yang biasanya diciptakan oleh Nami.

Sifat rakus dari Zeus ini mungkin disebabkan oleh sifat dari Big Mom, yang ikut terbawa ke dalamnya. Sempat berhasil dibawa pergi oleh Nami, Big Mom pun akhirnya berhasil kembali mendapatkan Zeus. Namun, menjelang akhir dari pertempuran Wano kita diperlihatkan bagaimana Zeus akhirnya memutuskan untuk pergi dari Big Mom dan menyatu dengan Clima-Tact Nami setelah “diusir” oleh Big Mom.

Napoleon

Berbeda dengan Zeus dan Prometheus, Napoleon tidak memiliki bentuk awan atau elemen lainnya. Dia tercipta dari benda padat. Napoleon juga adalah salah satu Homies andalan dari Big Mom, selain Zeus dan Prometheus, di mana Big Mom terlihat selalu membawa ketiga Homies ini. Napoleon mampu berubah-ubah menjadi berbagai benda seperti pedang. Hal ini bisa dilihat saat Big Mom menyerang kelompok Topi Jerami atau saat bertarung melawan Kaido.

Karena Napoleon merupakan pedang yang hidup secara harfiah, dia pun sering kali berubah wujud menjadi apa pun yang diinginkan dan dibutuhkan oleh Big Mom. Misalnya, ketika Big Mom membutuhkan serangan dahsyat, maka ukuran pedang Napoleon bisa berubah menjadi sangat masif. Yang menarik juga tidak jarang Napoleon dikombinasikan dengan Homies lain, seperti Prometheus.

Hera

Hera adalah Homies Spesial yang baru diperkenalkan di serinya. Hera merupakan Homies diciptakan dari petir yang ada di Onigashima, dan juga tentunya serpihan nyawa dari Big Mom. Hera sengaja diciptakan oleh Big Mom untuk menggantikan sosok Zeus, yang dianggap berkhianat karena sudah memilih Nami. Big Mom bahkan memerintahkan Hera untuk memakan Zeus.

Yang juga menarik dan unik adalah Hera diciptakan selain karena untuk menggantikan Zeus, juga karena keinginan dari Prometheus. Dan di pertempuran Onigashima ini kita melihat bagaimana kedahsyatan dari Hera, di mana teknik petirnya cukup untuk membuat Nami sempat tidak sadarkan diri.

Queen Mama Chanter

Queen Mama Chanter adalah kapal yang digunakan oleh kelompok bajak laut Big Mom, salah satu dari empat penguasa lautan. Menjadi kapal yang digunakan oleh Yonko, tentunya masuk akal jika Queen Mama Chanter menjadi salah satu kapal terkuat di seriesnya. Queen Mama Chanter sendiri sudah pernah mengarungi lautan yang terganas tanpa mengalami kerusakan sedikit pun.

Yang menarik dan unik adalah kapal bajak laut Big Mom ini merupakan salah satu Homies yang diciptakan oleh Big Mom. Namun, memang Queen Mama Chanter diketahui bukan bagian dari Homies Spesial. Meskipun begitu, tentunya sangat menarik melihat sebuah kapal yang memiliki nyawa sendiri. Queen Mama Chanter juga diketahui memiliki kekuatan persenjataan yang mengerikan, di mana kapal ini pernah berhasil menghancurkan kapal milik Fishter Tiger dalam satu kali serangan.

Homies Lainnya

Selain para Homies di atas, Big Mom pun diketahui sudah banyak menciptakan Homies lainnya di sepanjang seri One Piece. Namun, para Homies tersebut biasanya masuk kategori Homies biasa. Misalnya, para pasukan catur. Mereka adalah Homies yang memiliki bentuk seperti pion-pion dalam permainan catur. Atau mungkin para Homies lainnya seperti Noble Croc, Rabiyan, King Baum, dan sebagainya.

Meskipun di Whole Cake Island dan Totto Land secara keseluruh berisi berbagai macam karakter dari berbagai ras yang ada, namun tidak sedikit juga Homies yang dibuat oleh Big Mom ada di pulau-pulau tersebut. Mereka biasanya berbentuk pohon, bunga, bangku, dan sebagainya. Para Homies itu juga sering kali menjadi mata-mata bagi para komandan di kelompok bajak laut Big Mom.

Homies merupakan salah satu keunikan yang dihadirkan di sepanjang seri One Piece. Inilah yang menjadi salah satu kekuatan dari sosok Big Mom, selain kemampuan fisiknya yang sangat luar biasa. Meskipun secara sekilas Homies nampak menarik, tetapi mereka pun bisa berubah menjadi makhluk mengerikan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.