DC Extended Universe adalah jagat sinematik live action DC yang didirikan melalui film Man of Steel pada tahun 2013 silam. Berkat kesuksesan film pertamanya tersebut, banyak penggemar yang berharap DCEU bisa terus berkembang menjadi jagat sinematik yang besar dengan berbagai superhero dan supervillain di dalamnya.

Sayangnya, hal tersebut tidak berjalan seperti yang dibayangkan, karena dalam prosesnya Warner Bros. justru beberapa kali harus mengubah strateginya, bahkan sampai membatalkan beberapa proyek film yang sudah diumumkan. Dari mulai film crossover yang sebenarnya sangat diantisipasi oleh banyak penggemar, sampai film yang akan memperkenalkan superhero baru di semestanya, berikut deretan film DCEU yang dibatalkan!

The Batman versi DCEU

Tidak diragukan lagi bahwa film The Batman terbaru yang dibintangi oleh Robert Patinsson adalah salah satu film DC yang paling berhasil, tetapi semesta yang diceritakan di dalam film tersebut bukanlah DCEU, melainkan berdiri sendiri di semesta yang disebut BatVerse. Sebelum film tersebut dirilis, sebenarnya The Batman dimaksudkan untuk menjadi film solo Batman versi DCEU yang diperankan oleh Ben Affleck, di mana awalnya dia akan diceritakan melawan Deathstroke yang diperankan oleh Joe Manganiello. Sayangnya, Affleck memutuskan untuk meninggalkan proyek tersebut karena masalah kesehatan dan akhirnya The Batman menjadi seperti sekarang ini.

Gotham City Sirens

Pada tahun 2016, WB pernah merilis film Suicide Squad yang memperkenalkan karakter Harley Quinn dari Margoth Robbie. Keberhasilan Robbie dalam memerankan karakter Harley tersebut pernah membuat WB berencana untuk mengembangkan film tentang dirinya bersama Catwoman dan Poison Ivy yang berjudul Gotham City Sirens. Bahkan sutradara Suicide Squad, David Ayer, sempat ditunjuk juga untuk menggarap film tentang para wanita Gotham tersebut. Sayangnya, kegagalan film pertamanya dalam menarik perhatian penggemar, justru berimbas pada Gotham City Sirens yang pada akhirnya dibatalkan.

Harley Quinn Vs The Joker

Selain Gotham City Sirens, WB juga sempat akan mengembangkan film lain tentang Harley Quinn yang berjudul Harley Quinn Vs The Joker. Film ini digadang-gadang akan kembali menghadirkan karakter Joker dari Jared Leto yang sebelumnya menuai banyak kritik dari para penggemar. Berdasarkan judulnya mungkin film ini akan membahas tentang hubungan Quinn dan Joker yang sensasional. Meskipun pada akhirnya film ini dibatalkan, tetapi kisahnya tetap dijadikan fondasi film Birds of Prey yang menceritakan bahwa Quinn  dan Joker telah putus, sehingga dia memilih untuk menghabiskan waktu bersama para wanita Gotham, termasuk Batgirl, Black Canary, dan Cassandra Cain.

Cyborg

Di DCEU, Cyborg adalah karakter yang melakukan debutnya di film Justice League dengan diperankan oleh Ray Fisher, dan sempat mendapatkan kesempatan kedua untuk kembali tampil di film Zack Snyder’s Justice League pada akhir 2021 tahun lalu. Pada tahun 2014 lalu, sebenarnya WB pernah mempunyai rencana untuk membuat film solo Cyborg yang digadang-gadang akan menghadirkan karakter supervillain Grid. Sayangnya, hal tersebut tidak pernah terwujud sampai sekarang, mungkin karena WB merasa tidak terlalu yakin dengan filmnya.

New Gods

Setelah merilis film crossover Justice League, pada saat itu WB juga pernah mengembangkan film ambisius lain yang akan berfokus kepada para New Gods di DCEU, bahkan studio telah menunjuk sutradara Ava DuVernay untuk menggarap filmnya. Namun, proyek tersebut pada akhirnya dibatalkan, karena WB tidak ingin ada satu pun proyek film DCEU yang berhubungan dengan film Zack Snyder’s Justice League, mengingat hubungan di antara studio dan Zack Snyder yang tidak terlalu baik. Padahal jika film New Gods benar-benar dirilis, penggemar akan melihat seperti apa kehidupan Darkseid dan New Gods lain di planet Apokolips.

Justice League 2

Sama seperti nasib New Gods, film Justice League 2 juga terpaksa dibatalkan karena WB ingin move on dari Snyder dan semua visinya terhadap DCEU. Padahal kesuksesan film Zack Snyder’s Justice League sendiri telah membuat para penggemar ingin mengetahui seperti apa kelanjutan kisah para Justice League di DCEU setelah berhasil mengalahkan Steppenwolf. Tadinya film Justice League 2 akan bercerita tentang bagaimana Superman yang berhasil diperalat oleh Darkseid menjadi musuh dari para superhero lain, termasuk musuh bagi Batman yang digambarkan sebagai salah satu sahabatnya.

Wonder Twins

Dari sekian banyak proyek DCEU yang dibatalkan, sepertinya Wonder Twins yang dimaksudkan untuk tayang di HBO Max adalah salah satu proyek yang mempunyai umur pendek. Karena tidak lama setelah proyeknya diumumkan pada bulan Februari lalu, termasuk dengan pengumuman KJ Apa dan Isabel May sebagai pemeran utamanya, film Wonder Twins langsung dibatalkan karena dianggap mempunyai anggaran yang terlalu tinggi untuk sebuah tayangan streaming. Film Wonder Twins sendiri tadinya adalah bercerita tentang superhero kakak beradik bernama Zan dan Jayna, yang mempunyai kemampuan untuk berubah bentuk menjadi air dan juga binatang.

Itulah deretan film DCEU yang dibatalkan oleh WB karena alasannya masing-masing. Jika melihat kebiasaan pembatalan film ini, sepertinya WB sendiri masih belum terlalu yakin dengan semesta DCEU-nya, sehingga mereka sangat berhati-hati dengan berbagai proyek yang belum tentu sesuai dengan harapan mereka. Dari deretan film DCEU yang dibatalkan ini, mana yang paling kalian sayangkan, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.