Beberapa jam sebelum artikel ini dirilis, Marvel baru saja merilis trailer perdana dari serial She-Hulk: Attorney at Law yang dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming Disney+. Dalam trailernya terlihat bagaimana keponakan Bruce Banner alias Hulk yang bernama Jennifer Walters bisa menjadi sosok raksasa hijau, She-Hulk. Menariknya, selain memperlihatkan para karakter protagonis tersebut, trailernya juga mengungkap penampilan para villain yang akan muncul di serialnya. Dari mulai musuh bebuyutan pamannya sampai villain baru yang mungkin akan menjadi saingannya, berikut para villain di serial She-Hulk yang sudah terungkap!

Abomination

Villain pertama yang sudah sangat jelas terlihat di trailer perdana She-Hulk adalah Abomination. Mempunyai nama asli Emil Blonsky, Abomination adalah salah satu musuh bebuyutan Hulk yang pertama kali muncul di komik Tales to Astonish #90 (1967). Di komiknya dia diceritakan sebagai seorang mata-mata yang menyusup ke laboratium Bruce Banner dan tidak sengaja mengaktifkan sebuah alat yang membuatnya terpapar radiasi gamma. Alih-alih menjadi raksasa hijau dengan fisiologi manusia, Emil berubah menjadi sosok monster buruk rupa yang akhirnya disebut Abomination oleh Thaddeus Ross.

Debut live action Abomination sendiri terjadi di film The Incredible Hulk (2008), di mana dia digambarkan sebagai seorang tentara Inggris yang disewa oleh Ross untuk meringkus Hulk. Alih-alih berhasil, tubuhnya justru hancur setelah ditendang oleh Hulk. Untuk menyembuhkan sekaligus mempertahankan ambisinya, Emil sengaja menyuntikan darah dengan radiasi gamma ke dalam tubuhnya dan akhirnya berubah menjadi monster brutal bernama Abomination. Walaupun begitu, pada akhirnya dia tetap berhasil dikalahkan oleh Hulk pada pertarungan final mereka.

Kembali diperankan oleh Tim Roth, Emil alias Abomination akhirnya diakui sebagai bagian dari MCU setelah muncul sebagai cameo bersama Sorcerer Supreme Wong (Benedict Wong) di film Shang-Chi (2021). Dan di trailer She-Hulk kali ini, dia tampaknya sedang dipenjara di sebuah kurungan khusus yang mencegahnya untuk bisa keluar meskipun dalam wujud Abomination. Menariknya, sama seperti Hulk dan She-Hulk, sekarang sepertinya Emil bisa kembali ke wujud manusianya dengan mudah.

Titania

Supervillain berikutnya yang muncul secara sekilas di trailer She-Hulk adalah Titania yang mempunyai nama asli Mary MacPherran. Muncul pertama kali di komik Secret Wars #3 (1984), Titania adalah musuh bebuyutan She-Hulk yang sama-sama mempunyai kekuatan fisik perkasa. Bedanya, Titania diceritakan mendapatkan kekuatan supernya setelah Doctor Doom mengunakan teknologi alien untuk mengubah dia menjadi manusia super. Dengan kekuatan dan kepercayaan diri barunya ini dia mulai unjuk kekuatan sebagai supervillain yang mengganggu banyak superhero, khususnya She-Hulk.

Diperankan oleh Jameela Jamil, Titania sepertinya akan mempunyai kisah origin baru, mengingat Doom sama sekali belum muncul di MCU. Masih banyak yang belum diketahui dari karakter Titania yang akan muncul di serial She-Hulk nanti, mungkin dia adalah orang yang iri terhadap kekuatan baru She-hulk, atau mungkin dia adalah salah satu lawan dalam persidangan Jennifer yang menaruh dendam kepadanya. Apa pun motivasinya, yang jelas Titania akan menjadi villain utama di serialnya, sebagai saingan tangguh yang harus dihadapi oleh She-Hulk.

Leap Frog?  

Selain Abomination dan Titania yang sudah dipastikan akan memainkan peran penting di serialnya, trailer She-Hulk juga sekilas memperlihatkan seorang karakter dengan kostum serba hijau yang mirip seperti katak. Meskipun banyak yang mengira dia adalah superhero baru bernama Eugene Patilio alias Frog Man, tetapi sampai sekarang Marvel masih belum mengungkap siapa karakter yang dimaksud. Jadi, masih ada kemungkinan bahwa dia sebenarnya adalah ayah dari Frog Man, supervillain bernama Vincent Patilio alias Leap Frog yang melakukan debutnya di komik Daredevil #25 (1966).

Jika benar sosok berkostum katak ini adalah Leap Frog, bukan tidak mungkin bahwa dia nantinya akan menjadi supervillain pertama yang harus dihadapi oleh She-Hulk. Di Marvel Comics sendiri, dengan kostum Leap-Frog yang berhasil diciptakannya, sepervillain ini terbukti mampu melompat sangat tinggi, di mana hal yang sama mungkin akan diadaptasi juga di serial She-Hulk nanti. Masih belum jelas apakah dia Leap Frog, Frog Man, atau justru karakter lain, yang jelas berdasarkan kostum berwarna hijaunya kemungkinan besar dia adalah ‘manusia berkekuatan katak’.

Itulah para supervillain yang dipastikan akan muncul di serial She-Hulk. Masih ada banyak sekali misteri yang belum terungkap dari serialnya, misalnya apakah Abomination masih menaruh dendam kepada Hulk, kemudian seperti apa origin Titania di MCU, begitu juga sosok asli dari manusia berkostum katak yang muncul secara sekilas di trailernya. Hanya waktu yang bisa menjawab. Serial She-Hulk: Attorney at Law yang mempunyai total sembilan episode ini, dijadwalkan untuk tayang perdana pada 17 Agustus 2022 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.