Memasuki Fase keempat Marvel Cinematic Universe, tampaknya Marvel Studios mulai memasukan unsur nyata ke dalam berbagai tayangngannya, salah satunya adalah gangguan kesehatan mental yang ternyata di alami oleh beberapa superhero populer di dalamnya. Gangguan mental yang dibawakan oleh para karakter ini bisa dibilang sudah memasuki tingkat lanjut, di mana sebenarnya mereka sudah membutuhkan pertolongan dari orang ahli. Dari mulai superhero yang mempunyai banyak kepribadian di dalam tubuhnya, sampai superhero yang mengalami kecemasan karena merasa mempunyai tanggung jawab untuk melindungi Bumi, berikut lima superhero MCU yang mengalami gangguan mental!

Moon Knight

Di mulai dengan superhero yang baru saja diperkenalkan melalui serial solo Moon Knight. Mempunyai nama asli Marc Spector (Oscar Isaac), dia diceritakan mengalami trauma yang mendalam karena merasa bersalah atas kematian adiknya serta terus-menerus disalahkan oleh ibunya. Trauma tersebut pada akhirnya membuat Marc mengalami ‘Gangguan Kepribadian Ganda’, di mana dia memunculkan sosok Steven Grant di dalam tubuhnya sebagai bentuk rasa sayang kepada ibunya, dan Jake Lockley yang mungkin muncul karena amarah kepada ibunya. Itulah mengapa Steven tampak seperti ‘anak mama’, sedangkan Jake terlihat mempunyai hidup yang jauh lebih keras.

Scarlet Witch

Di serial WandaVision, sudah cukup jelas bahwa Wanda (Elizabeth Olsen) menderita gangguan mental serius yang disebut ‘Prolonged Grief Disorder’, di mana dia tidak bisa menerima kehilangan atas orang-orang terkasihnya, bahkan sampai menciptakan sebuah realitas sendiri yang menurutnya ideal. Setelah berhasil menciptakan Vision dan dua anak kembar mereka, Tommy dan Billy, pada akhirnya Wanda sadar bahwa dirinya tidak baik-baik saja. Namun, bukannya mencari pertolongan atas gangguan mentalnya, dia justru memilih untuk mendalami buku terkutuk Darkhold yang baru-baru ini membuatnya menjadi supervillain bernama Scarlet Witch di film Doctor Strange 2.

Iron Man

Meskipun tidak banyak yang tahu, sebenarnya Tony Stark alias Iron Man (Robert Downey Jr.) yang mati secara heroik di akhir Fase 3 adalah seseorang yang mengalami banyak gangguan mental. Selain ‘Gangguan Stres Pascatrauma’ yang dialaminya setelah peristiwa The Avengers, dia juga mengalami ‘Gangguan Kecemasan’ karena takut jika Bumi diserang oleh sosok yang lebih kuat dari dirinya dan juga Avengers, seperti yang terlihat di setiap mimpi buruknya. Meskipun tampak kesulitan dalam menghadapi gangguan mentalnya, pada akhirnya Iron Man berhasil menemukan arti hidupnya di film Endgame dengan mengorbankan diri agar alam semesta selamat dari Thanos dan para pasukannya.

Hawkeye

Selain Tony, anggota Avengers lain yang tampaknya menderita gangguan mental serius adalah Hawkeye yang mempunyai nama asli Clint Barton (Jeremy Renner). Meskipun dia terlihat baik-baik saja, Hawkeye Clint sebenarnya menderita ‘Imposter Syndrome’, di mana dia selalu merasa tidak pantas mendapatkan pencapaian apa pun dalam hidupnya. Gangguan mental ini terlihat jelas di serial Hawkeye, ketika Clint merasa dia tidak cocok disebut superhero apalagi Avengers, dia berpikir bahwa dirinya adalah orang gagal jika dibandingkan dengan para sahabatnya, Tony dan Natasha Romanoff yang telah lebih dahulu pergi.

Hulk

Masih dari anggota Avengers, Bruce Banner alias Hulk (Mark Rufallo) adalah sosok yang sudah lama menderita ‘Gangguan Kepribadian Ganda’, di mana di dalam tubuhnya ada dua kepribadian, yaitu si genius Hulk dan si kuat Hulk. Dan yang lebih parahnya lagi, dia juga pernah mengalami ‘Suicide Crisis Syndrome’ yang membuatnya terus menerus ingin mengakhiri hidupnya. Namun, Bruce pernah mengatakan “ketika saya menembakan pistol ke dalam mulut saya, pria yang satunya lagi (Hulk) mengeluarkannya.” Syukurnya, baru-baru ini berdasarkan yang terlihat di trailer She-Hulk, sepertinya Bruce / Hulk berhasil mengatasi dua gangguan mentalnya ini dan terlihat lebih bahagia dari sebelumnya.

Itulah lima superhero MCU yang diceritakan mengalami gangguan mental serius. Sebenarnya ada banyak superhero lain yang diceritakan mengalami depresi, khususnya setelah Thanos berhasil melenyapkan setengah kehidupan di alam semesta. Namun, sejauh ini kelima superhero inilah yang digambarkan mengalami gangguan mental paling akut. Syukurnya, sebagian besar dari mereka tampaknya telah berdamai dengan keadaan dan mencoba melanjutkan hidupnya dengan lebih bahagia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.