Jauh sebelum era bajak laut besar (Great Pirate Age) dimulai, para angkatan laut pada zaman itu sempat dihebohkan oleh sebuah peristiwa luar biasa, yang mana peristiwa itu justru dilupakan dan dihapus dari sejarah. Pada 38 tahun yang lalu, terdapat sebuah pertempuran hebat di sebuah tempat bernama God Valley. Pertempuran tersebut benar-benar memberikan perubahan besar pada dunia bajak laut saat ini.

Sebenarnya, masih menjadi misteri apa yang kemudian menjadi alasan awal mula pertempuran tersebut pecah. Tetapi, dari beberapa detail yang dihadirkan, pada saat kejadian diduga para angkatan laut sedang melindungi kaum naga langit. Seperti yang diketahui, para kaum naga langit tidak selamanya berdiam di Mary Geoise. Biasanya, mereka akan pergi ke berbagai tempat, seperti Sabaody.

Dalam pertempuran epik tersebut diperlihatkan bagaimana kelompok bajak laut Rocks bertarung melawan angkatan laut yang dipimpin oleh Garp, yang saat itu bekerja sama dengan Gol D. Roger. Dan dalam pertempuran itu juga diperlihatkan bagaimana akhirnya kelompok bajak laut Rocks berhasil dikalahkan, dan mereka pun membubarkan diri dari kelompok tersebut.

Apa yang terjadi? Apa yang membuat kelompok Rocks kalah? Semua pertanyaan tersebut masih belum diketahui jawabannya. Namun, ada sebuah kejadian menarik dalam peristiwa itu di mana Kaido diperlihatkan menghilang. Hal ini diketahui dari chapter 1049 kemarin, di mana dalam salah satu panel Big Mom terlihat mencari keberadaan Kaido. Namun, ke mana perginya Kaido masih belum diketahui.

Terdapat sebuah spekulasi menarik terkait hal tersebut. Dalam spekulasinya disebutkan bahwa ada sesuatu yang menarik terjadi. Di chapter sebelumnya, Big Mom sempat mereferensikan sosok Kaido sebagai “makhluk itu.” Hal tersebut memberikan implikasi bahwa Big Mom sepertinya takut terhadap Kaido.

Dan dari chapter 1049 kemarin, dikonfirmasi bahwa sejak peristiwa God Valley tersebut Big Mom tidak pernah lagi melihat atau mengetahui keberadaan Kaido, sampai kemudian Kaido menjadi seorang Yonko. Peristiwa God Valley sepertinya menjadi awal mula Kaido dikenal sebagai sosok yang kejam dan brutal. Hal ini diketahui ketika Higurashi membicarakan hal tersebut 10 tahun kemudian.

Peristiwa God Valley juga menjadi momen di mana Big Mom memberikan buah iblis Mythical Zoan yang dimakan oleh Kaido sekarang, dan Big Mom menyatakan bahwa hal itu membuat Kaido berhutang budi seumur hidupnya kepada Big Mom. Apakah buah iblis tersebut yang menyelamatkan nyawa Kaido di insiden God Valley? Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Big Mom dan Kaido sepertinya saling membenci, terlepas dari Big Mom yang melihat Kaido sebagai adiknya. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah apa yang menjadi penyebab kebencian Big Mom terhadap Kaido? Mengapa Big Mom menganggap Kaido adalah “makhluk” saat Luffy berusaha untuk mengalahkannya?

Mengapa kemudian Big Mom mengatakan bahwa Kaido berhutang budi seumur hidupnya karena sudah memberikan buah iblis Mythical Zoan? Ada beberapa jawaban kemungkinan terkait hal tersebut. Pertama, titel Kaido sebagai “Wujud Dari Bentuk Brutalitas” bisa jadi ada kaitannya dengan apa yang terjadi saat di God Valley.

Kedua, semua hal yang dijelaskan di atas ada kaitannya dengan kekuatan “asli” dari buah iblis Mythical Zoan Kaido. Ketiga, kekuatan tersebut yang kemudian membuat Kaido dan Big Mom saling membenci, serta yang membuat Big Mom takut akan Kaido. Big Mom pun mungkin kabur dan mengkhianati Kaido, yang mana inilah kemudian Kaido memiliki pandangan bahwa memang wajar jika bajak laut saling berkhianat.

Cerita di chapter itu juga seolah menjadi bukti lain dari buah iblis ciptaan Dr. Vegapunk yang saat ini dimakan oleh Momonosuke. Buah iblis buatan tersebut dianggap gagal oleh Vegapunk, padahal dari apa yang diperlihatkan sejauh ini buah iblis buatan tersebut berhasil menirukan kekuatan buah iblis Kaido. Mengapa kemudian buah iblis tersebut dianggap gagal? Dan mengapa para agen CP-0 senang bahwa itu gagal?

Salah satu spekulasi yang beredar adalah karena buah iblis Vegapunk tersebut tidak bisa mencapai kemampuan 100% buah iblis milik Kaido. Sejauh ini, buah iblis Momonosuke hanya mampu menirukan kekuatan Kaido saja, dan Momonosuke pun tidak terlalu berpengalaman dalam menggunakan atau mengendalikan buah iblis tersebut.

Ketika kemudian Momonosuke berubah menjadi dewasa, barulah dia mampu untuk menirukan atau menggunakan kekuatan Kaido lainnya seperti menciptakan awan api. Berdasarkan hal tersebut, penjelasan yang logis mengapa kemudian buah iblis buatan yang dimakan Momonosuke dianggap gagal adalah karena buah iblis buatan tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan awakening.

Selain itu, rasanya sulit untuk mencari alasan lainnya, karena buah iblis buatan Vegapunk itu nyaris sempurna. Dan satu-satunya waktu Kaido kemungkinan membangkitkan buah iblisnya sehingga para Pemerintah Dunia bisa mempelajarinya adalah ketika insiden God Valley, di mana para kaum naga langit melihat kedahsyatan buah iblisnya. Inilah juga alasan mengapa kemudian mereka sangat menginginkan kekuatan Kaido.

Hal ini pun dianggap masuk akal jika kemudian Big Mom memanggil Kaido dengan sebutan “makhluk itu,” mengapa buah iblis buatan Vegapunk dianggap gagal, dan bagaimana Kaido dikenal sebagai sosokyang brutal. Semuanya saling berkaitan antara kebangkitan buah iblis Kaido dan peristiwa God Valley.

Geeks mungkin kemudian bertanya, bagaimana Kaido bisa membangkitkan kekuatan buah iblisnya padahal dia baru saja mendapatkan benda tersebut? Bukankah perlu waktu untuk bisa menguasai dan kemudian membangkitkan buah iblisnya? Jawabannya mungkin ada di cerita lampau Oda mengenai gigantifikasi dan juga Monster Point dari Chopper, seperti yang dihadirkan dalam percakapan Chopper dan Caesar Clown.

Disebutkan oleh Caesar terdapat obat atau ramuan yang bisa meningkatkan kemampuan seseorang secara spesifik meskipun hanya untuk sementara waktu. Dan apa yang diperlihatkan oleh Kaido saat di God Valley pun mungkin adalah bentuk monster dari Kaido, akibat eksperimen gigantifikasi, yang membuat Kaido menjadi tidak terkendali. Dan mereka menganggap bahwa itu adalah bagian dari awakening buah iblis Kaido.

Apa yang terjadi kepada Kaido saat di God Valley memang akhirnya menjadi perhatian para fans. Mereka penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi. Mengingat peristiwa tersebut menjadi peristiwa besar dan bersejarah, pastinya ada sesuatu yang juga luar biasa terjadi. Mudah-mudahan saja Oda bisa memberikan penjelasan deatil mengenai hal ini dalam waktu dekat.