Arc Wano Country masih terus berlangsung sampai saat ini. Dan sepertinya ceritanya sendiri masih belum akan selesai dalam waktu dekat. Saat ini, pertempuran di Onigashima sedang berada di puncak cerita. Situasi di Onigashima sudah cukup mereda setelah Raizo berhasil memadamkan api yang menyambar istana Kaido dan membakar hampir sebagian besar bangunan.

Namun, yang paling epik tentunya adalah bagaimana kita melihat bagaimana seluruh petinggi, baik di kelompok bajak laut Big Mom atau pun kelompok bajak laut Beast, sudah berhasil dikalahkan. Salah satunya adalah King, yang berhasil dikalahkan oleh Roronoa Zoro dalam sebuah pertempuran epik dan juga luar biasa. Meskipun begitu, tidak mudah bagi Zoro untuk bisa menang dari King.

Hal ini terbukti dari Zoro yang sempat kewalahan dalam pertarungan tersebut. Namun, banyak fans yang mengatakan bahwa Zoro akan berhasil mengalahkan King dan pada akhirnya, prediksi para fans tersebut terbukti benar. Yang menarik adalah para fans pun memprediksi bahwa pertarungan melawan King akan menjadi sebuah ajang pembuktian bahwa Zoro mampu melampaui Kozuki Oden.

Berdasarkan berbagai petunjuk yang dihadirkan sebelumnya, sepertinya hal itu memang terbukti. Pertama, dari sisi kekuatan. Dalam salah satu momen diperlihatkan bagaimana Kaido dan Big Mom melakukan sebuah serangan kombinasi. Mereka berdua melancarkan serangan yang sangat dahsyat. Yang menarik adalah Zoro berhasil menahan serangan tersebut, meskipun hanya untuk beberapa saat.

Serangan kombinasi tersebut dianggap lebih dahsyat dari serangan yang pernah diterima oleh Oden di sepanjang hidupnya, contohnya adalah teknik Kamusari milik Roger. Meskipun pada chapter 1033 kemarin, Zoro mengatakan bahwa dia masih sedikit lemah, namun pada akhirnya Zoro bangkit dan mengerahkan seluruh kemampuannya.

Kedua, Zoro diyakini akan melampaui Kozuki Oden ketika dia benar-benar bisa mengendalikan pedang Enma, pedang milik Oden yang sekarang ada di tangan Zoro. Dalam chapter 1033 kemarin, kita mendapatkan penjelasan mengenai pedang dan koneksinya dengan sang pemilik serta pembuatnya.

Pembuat pedang – seperti Shimotsuki Kozaburo dan Tenguyama – membuat sebuah pedang dengan dua harapan. Pertama, sesuai dengan tujuannya, pedang tersebut harus bisa mencabut nyawa orang sebanyak-banyaknya dan pengguna dari pedang tersebut pun harus bisa membuat pedangnya berubah menjadi pedang hitam.

Dengan cara seperti itu, maka takdir dan juga tujuan dari si pembuat pedang tersebut akan terpenuhi. Oden merupakan satu-satunya orang yang diketahui berhasil mengendalikan Enma, meskipun hal tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Dengan waktu yang panjang tersebut Oden mulai memahami Enma dan mampu mengendalikannya, sehingga dia bisa mencari celah agar tidak ada efek negatif yang muncul saat menggunakannya. Dalam chapter 1033 kemarin, kita melihat bagaimana selama ini – saat pertempuran berlangsung – Zoro selalu menahan Haki Penguasa miliknya agar tidak sepenuhnya digunakan.

Tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang diinginkan Enma. Enma sendiri ingin Zoro untuk menggunakan Haki Penguasa miliknya secara penuh, karena itulah cara yang bisa digunakan untuk bisa menguasai Enma. Konsep sederhananya adalah Enma akan memberikan efek yang luar biasa dahsyat, dengan syarat sang pengguna harus mau membiarkan Enma menyerap banyak sekali Haki.

Seperti yang diperlihatkan dalam kilas balik kisahnya, Kozuki Oden memang tidak pernah ragu untuk mengerahkan Haki Penguasa atau Haki Senjata dalam jumlah besar. Bahkan, saat bergabung dengan kru Roger dan Whitebeard pun Oden dianggap setara dengan para komandan Yonko lainnya – bahkan hampir setara dengan mereka berdua.

Meskipun begitu, satu hal yang tidak dimiliki oleh Oden adalah menguasai sepenuhnya dari Enma. Perlu disimak bahwa Oden memang bisa mengendalikan pedang Enma, tetapi dia tidak pernah benar-benar menguasai Enma meskipun dia sudah lama memiliki Enma. Itulah alasan mengapa pedang Enma – dan Ame no Habakiri – bukanlah bagian dari pedang hitam seperti Yoru atau Shusui.

Tetapi, yang menarik adalah meskipun Zoro hanya memiliki waktu yang lebih sedikit dibandingkan Oden, Zoro sudah mampu memahami apa yang menjadi keinginan Enma dan dia bisa dengan cepat beradaptasi. Dengan menguasai Enma sepenuhnya, Zoro akan mampu mewujudkan janjinya kepada Luffy untuk menjadi yang terbaik. Zoro akan mampu melakukannya, dan saat itu terjadi artinya Zoro sudah melampaui sosok Kozuki Oden.

Saat di arc Zou, Zoro menyatakan bahwa dia akan membuat para samurai Wano mengikuti jejaknya. Sejauh ini, orang-orang cukup kagum dan hormat terhadap Zoro atas kemampuan dan kekuatan yang dia miliki. Belum lagi bagaimana dia sanggup menaklukan Enma. Zoro sendiri banyak direndahkan dan diolok-olok karena mengatakan pernah bertarung melawan Ryuma – meskipun hanya zombienya. Mungkin reaksi mereka akan berubah pasca pertempuran di Wano yang membuktikan level kekuatan Zoro jauh di atas Oden.

Jadi, kesimpulannya, dengan Zoro yang sudah berhasil mengalahkan musuh terkuatnya saat ini, King, memberikan bukti bahwa Zoro memang merupakan sosok yang berhasil melampaui sosok Kozuki Oden. Zoro mampu memahami Enma dalam waktu singkat serta mampu menahan serangan dua Yonko terkuat. Hal ini menjadi bukti perkembangan dahsyat dari karakter Zoro. Menarik tentunya untuk melihat akan sejauh apa Zoro akan berkembang di serinya.