Koneksi sosok Bartholomew Kuma dengan berbagai karakter penting, seperti Monkey D. Dragon, membuat banyak fans penasaran mengenai masa lalu yang dia miliki. Eiichiro Oda, selaku kreator dari One Piece, sempat memberikan gambaran bagaimana ketika Kuma masih kecil. Dia terlihat seperti seorang budak yang sedang melakukan pekerjaan sehari-hari.

Kita kemudian mengetahui bagaimana dia kemudian berubah menjadi raja atau pemimpin dari kerajaan Sorbet, sambil juga terafiliasi dengan Pasukan Revolusi sebagai salah satu komandannya. Setelah itu, Kuma diceritakan menjadi bagian dari Shichibukai dan kemudian dia berubah menjadi sosok Pacifista PX-0, robot yang sudah tidak memiliki pikiran dan perasaan yang diciptakan oleh sang ilmuwan Dr. Vegapunk.

Kemunculan terakhir dari Kuma sendiri diperlihatkan dia menjadi budak bagi kaum naga langit. Secara sekilas, memang sepertinya masa lalu Kuma cukup “luar biasa” dengan perubahan besar dalam hidupnya. Untuk memahami hal tersebut, kita perlu kembali menilik ke masa lalunya ketika dia masih kecil. Dalam SBS 63, Kuma dalam versi anak kecil diperlihatkan bersama Shichibukai lainnya ketika mereka masih kecil.

Masa lalu atau masa kecil dari Kuma cukup berbeda dari Shichibukai lain dan memberikan petunjuk mengenai kemungkinan apa yang terjadi pada masa lalu. Kuma diperlihatkan mengenakan baju yang sangat sederhana, dan sedang membawa kayu bakar di punggungnya sambil membaca sebuah buku yang bernama “Ninokin.” Nama tersebut kemungkinan besar adalah nama tokoh besar di Jepang, Ninomiya Sontoku.

Sontoku sendiri adalah seorang filsuf, ahli ekonomi, ahli pertanian, dan seorang moralis. Sontoku dikenal karena kebaikan yang dia lakukan, terutama ketika dia memberi makan orang-orang yang kelaparan di wilayah Odawara, meskipun Shogun setempat tidak setuju dengan cara Sontoku. Kemungkinan besar Kuma juga melakukan hal yang sama kepada para penduduk di Sorbet Kingdom.

Ketika Bonney diperkenalkan di Sabaody, disebutkan dia berasal dari South Blue. Kita juga tahu bahwa dia merupakan bagian dari keluarga kerajaan Sorbet, berkat kemunculannya dalam peristiwa Reverie. Karena alasan inilah ada sebuah spekulasi bahwa kerajaan Sorbet berlokasi di wilayah South Blue. Sorbet sendiri adalah nama dari sebuah makanan beku, dan wilayah laut selatan juga merupakan wilayah yang dingin.

Hal inilah yang diperlihatkan oleh Oda bagaimana wilayah South Blue merupakan wilayah yang dipenuhi es. Dan karena alasan ini juga besar kemungkinan jika Sorbet Kingdom merupakan sebuah wilayah yang dingin dan beku, seperti yang terjadi di wilayah kutub. Melihat dari nama ‘Kuma,’ yang berarti beruang dalam bahasa Jepang, bisa jadi Kuma berasal dari wilayah tersebut.

Yang menjadi masalah dari wilayah tersebut adalah karena merupakan wilayah dingin dan beku, makanan sulit untuk tumbuh dan sulit untuk dicari. Kesulitan makanan juga bisa juga diakibatkan faktor lain yaitu karena mereka harus membayar “pajak” kepada pihak Pemerintah Dunia agar willayah mereka bisa menjadi bagian dari perlindungan Pemerintah Dunia.

Hal seperti ini sebenarnya pernah diperlihatkan di chapter 763 kemarin, dalam salah satu momen masa lalu dari Doflamingo. Ada kemungkinan bahwa Kuma memberi makan para penduduk di wilayah Sorbet Kingdom, dengan menggunakan emas yang awalnya akan diberikan kepada kaum naga langit sebagai “pajak” mereka.

Spekulasi tersebut didukung oleh gambaran dari sosok Jewelry Bonney saat masih kecil. Meskipun Bonney berasal dari keluarga kerajaan, dia juga tidak luput dari penderitaan yang sama-sama dirasakan oleh penduduk Sorbet lainnya. Bonney juga merasakan kelaparan dan situasinya tidak benar-benar baik. Apakah makanan yang dia makan di kolom SBS merupakan makanan yang disediakan oleh Kuma dengan menggunakan emas yang akan dibayarkan kepada kaum naga langit?

Sikap yang diperlihatkan Kuma tersebut membuatnya disenangi dan dicintai oleh para penduduk di kerajaan Sorbet. Dan inilah yang kemudian membuatnya menjadi pemimpin. Ada kemungkinan bahwa banyak dari keluarga kerajaan, termasuk penguasa sebelumnya, yang harus tewas akibat kelaparan dan melindungi Bonney. Ini juga bisa jadi alasan mengapa Bonney sangat senang makan dan nafsu makannya sangat tinggi. Selain itu dia juga membenci Pemerintah Dunia dan kaum naga langit.

Kuma juga adalah salah seorang komandan di Pasukan Revolusi. Dia diperlihatkan berada di sebuah kapal berasa pasukan lainnya ketika Dragon menyelamatkan Sabo, sekitar 12 tahun yang lalu. Kita tidak pernah tahu bagaimana dan kapan Kuma kemudian bisa bergabung dengan Pasukan Revolusi. Apakah mungkin Dragon sudah lama mengincar Kuma seperti halnya Sabo?

Ada kemungkinan juga bahwa Kuma bergabung dengan Pasukan Revolusi ketika dia masih menjadi pemimpin dari kerajaan Sorbet. Atau mungkin jauh sebelum itu. Hal ini sesuai dengan apa yang kita ketahui mengenai Pasukan Revolusi, di mana mereka selalu membantu orang-orang dan juga bertarung melawan Pemerintah dunia dan naga langit. Dan ini juga sesuai dengan teori bahwa Kuma adalah sosok yang memberi makan para penduduk Sorbet. Apakah hal ini yang dimaksud oleh Sabo saat menggambarkan sosok Kuma di chapter 908?

Kita juga tidak tahu kapan pastinya Kuma menjadi seorang Shichibukai atau mengapa kemudian dia memilih untuk pergi dari Sorbet dan bergabung dengan Pasukan Revolusi. Yang kita ketahui adalah dia setuju untuk dijadikan subyek uji coba oleh Vegapunk dalam pembuatan Pacifista. Semua bagian tubuh Kuma perlahan diganti menjadi tubuh robot. Berdasarkan hal inilah muncul spekulasi lainnya bahwa ada kemungkinan Vegapunk sudah mulai merubah sosok Kuma sejak dia menjadi Shichubukai.

Namun, tetap saja pertanyaanya kemudian adalah mengapa Kuma mau menjadi Pacifista? Mengapa dia rela menjadi subyek uji coba Vegapunk? Mengapa dia rela untuk menyerahkan semuanya? Bisa jadi, momen di mana ketika Kuma menggunakan emas untuk membayar “iuran” kepada kaum naga langit, namun justru digunakan untuk memberi makan kepada para penduduk Sorbet membuat mereka marah.

Bisa jadi kaum naga langit kemudian memerintahkan untuk menghancurkan wilayah tersebut sebagai contoh kepada dunia. Kuma mungkin menjadi orang yang kemudian bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi. Mengetahui bagaimana kekuatan dari Kuma, kaum naga langit memutuskan untuk tidak membunuhnya. Mereka justru menjadikannya Shichibukai dan memulai program Pacifista.

Secara tidak langsung Kuma sudah mengorbankan dirinya demi para penduduk Sorbet, yang mana hal ini juga diperlihatkan oleh Kuma dalam ceritanya yang selalu membawa alkitab. Pihak Pemerintah dunia sengaja membuat cerita palsu, di mana Kuma diceritakan sebagai sosok yang kejam dan tiran, agar tujuan sebenarnya dari mereka tidak diketahui. Belum lagi Pemerintah Dunia selalu meminta Kuma melakukan berbagai tindakan mengerikan, yang semakin memperkuat citranya.

Dengan modifikasi tubuh kuma sekarang sudah selesai, dan dia diperlihatkan sebagai budak di Mary Geoise. Keberadaannya di sana adalah sebagai pengingat seberapa besar kekuatan dan pengaruh dari kaum naga langit. Bonney sendiri ada saat Reverie dan dia mengatakan dia berusaha untuk menyelamatkan Kuma. Namun, apa sebenarnya koneksi diantara mereka?

Kita tahu bahwa Bonney merupakan bagian dari keluarga kerajaan Sorbet. Namun, apakah dia memang merupakan Bonney muda? Atau justru sebenarnya dia adalah Connie yang menutupi identitasnya yang sebenarnya, mengingat dia bisa memanipulasi usia? Di chapter 595, kita melihat Bonney berhasil ditangkap oleh Akainu. Dan kalimat yang dilontarkan Akainu sangat penting.

Dia mengatakan bahwa dia sangat terkejut Bonney kabur dari pihak Pemerintah dunia, dan Akainu bersyukur bahwa semuanya sudah selesai dan dia berhasil menemukan Bonney. Hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Dunia memiliki perhatian terhadap Bonney, kemungkinan karena dia merupakan bagian dari kerajaan Sorbet yang merupakan bagian dari sekutu Pemerintah Dunia.

Hal ini juga memberikan petunjuk bahwa pihak Pemerintah Dunia terus mengawasi Bonney, sehingga mereka tahu ketika Bonney menghilang. Jika kemudian memang Bonney adalah sebenarnya Connie si pemimpin Sorbet yang “menghilang,” Pemerintah dunia tentu akan menyadari hilangnya sosok Connie, yang mana momennya sama dengan ketika Bonney melarikan diri.

Dan pihak Pemerintah Dunia sendiri tidak mungkin tidak tahu banyak mengenai Connie dan Bonney, mengingat mereka begitu memperhatikan sosoknya. Ini penting karena jika Pemerintah dunia tahu bahwa sosok sebenarnya dari Bonney adalah Connie, mereka tidak akan pernah mengizinkannya masuk ke Mary Geoise dan membiarkannya mengikuti Reverie.

Tidak mungkin mereka membiarkan bajak laut masuk ke wilayah Mary Geoise. Karena itu, Connie kemungkinan adalah nenek dari bonney dan Bonney sendiri berpura-pura menjadi Connie untuk bisa menyelamatkan Kuma. Berdasarkan semua penjelasan di atas, rasanya semua menjadi masuk akal mengapa Bonney memiliki kebencian mendalam terhadap Pemerintah Dunia dan memberikan penjelasan bagaimana hubungannya dengan sosok Kuma. Namun, tentu kita masih perlu menunggu penjelasan jelas dari Oda Sensei.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.