Goku masih mencari cara bagaimana untuk mengalahlahkan Gas dalam cerita di seri manga Dragon Ball Super. Goku, yang dibantu oleh Vegeta, Monaito, dan Granolah, sempat memberikan perlawanan terhadap Gas yang saat ini menjadi petarung terhebat di seluruh alam raya. Sayangnya, ternyata mereka masih belum cukup kuat menghadapi Gas.

Gas mampu mengalahkan mereka dengan sangat mudah, bahkan Granolah, yang merupakan sosok paling kuat di seluruh dunia sebelum kemudian posisinya digeser oleh Gas, masih belum mampu menandingi kekuatan dahsyat dari Gas. Namun, dalam chapter 81 kemarin kita sempat melihat bagaimana Goku memberikan perlawanan dengan membawa Gas ke berbagai planet yang ada di Universe 7.

Ternyata itu menjadi strategi Goku untuk menghadirkan jeda waktu kepada Monaito, yang sedang mengobati Granolah. Dan di chapter 82 sepertinya strategi tersebut berhasil. Selain itu, di chapter tersebut kita melihat kembali kelanjutan cerita dari kisah masa lalu Bardock yang didengar melalui alat Saiyan miliknya. Dan kita pun melihat bagaimana determinasi tinggi dari Bardock benar-benar mengerikan.

Serinya sendiri sedang bersiap untuk kembali merilis chapter terbaru untuk serinya. Beberapa preview panel yang akan dihadirkan di manganya diunggah di situs resmi Dragon Ball, di mana dalam panel preview tersebut memperlihatkan berbagai adegan yang berbeda untuk chapter selanjutnya. Kita sepertinya masih akan kembali melihat kilas balik dari Bardock.

Kita melihat kembali Bardock bersama istrinya, Gine. Ceritanya juga diprediksi akan kembali ke mas asekarang, karena Goku nampak diperlihatkan menggunakan armor yang mirip dengan yang pernah ayahnya gunakan. Salah satu momen yang paling mencuri perhatian adalah panel yang memperlihatkan Goku dan Vegeta yang berdiskusi mengenai menjadi seorang Saiyan sejati.

Selain itu, mereka juga berdiskusi tentang apa yang mereka pikirkan dan rasakan mengenai keinginan dari Bardock yang bisa dibilang sangat kontroversial kepada bola naga seperti diperlihatkan di chapter sebelumnya. Dalam chapter 83 kemarin, Bardock menolak untuk menyelematkan nyawanya sendiri menggunakan kekuatan bola naga. Dia justru meminta permohonan untuk orang lain.

Bardock berharap bahwa kedua anaknya, Goku dan Raditz, akan menjadi sosok yang sangat luar biasa. Permohonan tersebut sudah menjadi sebuah hal yang banyak diperbincangkan di kalangan pecinta Dragon Ball. Sebagian besar fans berpendapat bahwa itulah rahasia kekuatan dari Goku selama ini. Sementara, sebagian fans lainnya berpendapaty bahwa ada perbedaan terjemahan.

Sebagian fans tersebut mengartikan bahwa Goku dan Raditz bisa hidup dengan bahagia. Dalam panel previewnya, Vegeta menyatakan bahwa dia berpikir jika Goku dan Raditz bisa selamat dari amukan Frieza yang menghancurkan planet Vegeta adalah karena permohonan dari sang ayah. Sehingga, Goku bisa hidup sampai saat ini.

Di awal tahun 2022 ini, perwakilan dari seri Dragon Ball Super mengatakan bahwa arc yang sedang berjalan saat ini, Granolah the Survivor, akan segera berakhir dalam waktu dekat. Arcnya sendiri dimulai sejak 2020 kemarin dan menghadirkan berbagai karakter baru, seperti sosok Granolah, sosok penghuni planet Cereal yang seharusnya tewas dalam serangan invasi Frieza ke planet tersebut. Chapter terbaru untuk serinya sendiri seperti biasa akan dirilis pada tanggal 20 mendatang, dan bocorannya akan dirilis beberapa hari sebelumnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.