Bagi para pahlawan dan juga orang-orang di dunia One-Punch Man, sosok Blast adalah sosok yang paling dihormati, dikagumi, dan juga paling disegani oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan Blast merupakan pahlawan nomor satu di dunia, dan juga di asosiasi pahlawan. Sosok Blast sendiri sempat menjadi misteri besar, di mana dia hanya muncul dalam siluet saja.

Diketahui bahwa hanya beberapa orang saja yang pernah bertemu langsung dengan Blast. Selama ini juga Blast diketahui tidak pernah muncul untuk menyelamatkan dunia dari para monster, dikarenakan menurut informasinya Blast hanya muncul ketika dunia benar-benar dalam bahaya. Dengan Blast yang dianggap sebagai pahlawan paling kuat, ada beberapa kemampuan darinya yang sudah diperlihatkan dalam cerita.

Misalnya, kemampuan refleks yang sangat luar biasa, Kecepatan yang mengerikan, Kekuatan fisik yang dahsyat, dan juga teleportasi. Berdasarkan hal tersebut wajar jika kemudian Blast menjadi pahlawan nomor 1 di asosiasi pahlawan. Namun, kita kemudian diperlihatkan bagaimana kekuatan dari Blast lainnya. Hal ini terjadi di chapter 164 kemarin.

Dalam chapter tersebut diperlihatkan kelanjutan pertarungan antara Saitama dan Monster Garou yang sangat epik. Pertarungan mereka bahkan sampai berhasil mengguncang seluruh bumi dan mengganggu sistem gravitasinya. Diperlihatkan bagaimana Garou berhasil menghajar Saitama masuk ke sebuah gunung, dan pukulan dari Garou tersebut membuat Saitama terhempas bahkan sampai ke inti bumi.

Yang menarik adalah Blast – yang saat ini berada di dimensi lain – kemudian bisa merasakan dampak negatif dari pertarungan Garou dan Saitama tersebut. Blast menuturkan bahwa dia bisa mengetahui bahwa ruang di bumi sedang dalam gangguan, serta sistem gravitasinya pun sedang dalam keadaan tidak normal. Blast dan para pahlawan antar dimensi lainnya kemudian terkejut saat melihat bentuk bumi yang tidak lagi bulat, dengan ada sedikit benjolan di permukaanya.

Kemampuan Blast untuk merasakan keanehan di bumi ini bisa dibilang sangat luar biasa. Namun, yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian bagaimana Blast melakukan hal tersebut. Ada beberapa spekulasi yang muncul di kalangan fans terkait hal ini. Pertama, Blast mungkin memasang sebuah alat pendeteksi canggih yang mampu membantunya untuk bisa merasakan keanehan di bumi.

Alat pendeteksi tersebut mungkin dibuat oleh Blast menggunakan teknologi dari dimensi lain. Karena, mungkin teknologi tersebut masih belum ada atau tercipta di bumi. Alat ini juga yang mungkin membantu Blast memantau apa yang sedang terjadi di bumi, sehingga ketika situasi mulai berubah kacau maka Blast bisa langsung segera bertindak. Spekulasi lainnya adalah Blast memasang semacam pendeteksi juga yang berbentuk seperti segel.

Dengan bantuan dari segel tersebut, Blast bisa memantau keadaan bumi dari dimensi lain karena segel yang dia buat sudah mencakup antar dimensi. Mengingat Blast adalah sosok pahlawan yang memang memanfaatkan teknologi canggih untuk membantunya dalam menghadapi berbagai ancaman, rasanya memang tidak heran jika kemudian dia bisa menciptakan sebuah alat yang mampu mendeteksi situasi atau keberadaan bumi.

Spekulasi lainnya adalah Blast bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di bumi dan juga planet atau dimensi lainnya selama berada di dimensi tempat dia berada. Kita memang masih belum mengetahui di mana posisi Blast dan para pahlawan misterius tersebut berada, atau di dimensi mana mereka sekarang. Namun, mungkin saja selama mereka berada di dimensi tersebut mereka bisa mengawasi seluruh alam semesta.

Bisa jadi dimensi tersebut mirip seperti TVA dalam cerita di seri Loki karya Marvel Studios. Artinya, Blast dan juga para pahlawan lain bisa melihat situasi semua dimensi selama mereka berada di ruangan tersebut. Terakhir, kemungkinan alasan bagaimana Blast bisa mengetahui situasi di bumi adalah karena dia memiliki kesadaran kosmik (cosmic awareness).

Seperti yang dibahas di artikel sebelumnya, kesadaran kosmik adalah kekuatan di mana seseorang bisa merasakan apa yang terjadi di sebuah planet atau dimensi. Mereka mampu merasakan bahaya atau sesuatu yang aneh di alam raya ini, mirip seperti yang diperlihatkan oleh Blast. Kembali, dengan Blast yang memiliki kekuatan dahsyat seperti teleportasi antar dimensi, rasanya tidak mengherankan juga jika dia memiliki kekuatan kosmik seperti kesadaran kosmik tersebut.

Sampai sejauh ini, memang ONE dan Yusuke Murata baru menghadirkan sedikit saja kemampuan dari sosok Blast. Hal ini mungkin dikarenakan Blast masih belum menjadi karakter yang berpengaruh dalam ceritanya. Namun, sedikit demi sedikit berbagai kemampuan Blast lainnya pun mulai diperlihatkan. Apa lagi kemampuan Blast yang akan dihadirkan dalam ceritanya? Kita nantikan saja ya Geeks!