Dalam cerita di seri One Piece, sudah tidak mengherankan jika mayoritas buah iblis memberikan kekuatan dahsyat kepada para pengguna atau mereka yang sudah memakannya. Hal ini memang sesuai dengan tujuan awal dari buah iblis di mana penggunanya akan diberkahi berbagai kekuatan unik dan dahsyat. Namun, ternyata disadari atau tidak ada juga buah iblis yang memiliki kekuatan lain.

Dalam hal ini, kekuatan buah iblis bukan digunakan untuk menyerang atau menyakiti musuhnya melainkan untuk menyembuhkan atau mengobati  berbagai luka yang ada. Buah iblis tersebut menghadirkan sesuatu yang lain di mana mungkin banyak nyawa orang bisa tertolong akibat kekuatannya. Lalu, apa saja buah iblis yang memberikan efek kesembuhan?

Ope Ope No Mi

Rasanya semua Geeks sudah mengetahui tentang hal ini. Buah iblis yang dimiliki oleh Trafalgar Law ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan melakukan hal yang mustahil. Misalnya menukar kepribadian dan sebagainya. Sering kali Law menyembuhkan orang-orang dengan buah iblis melalui metode operasi.

Misalnya, dalam pertempuran puncak di Marineford kita melihat bagaimana Law muncul untuk menyelamatkan nyawa Luffy. Tanpa ada bantuan Law, niscaya nyawa Luffy tidak akan selamat. Law juga sempat menolong beberapa karakter lainnya seperti kru Topi Jerami di Punk Hazard, saat jiwa mereka tertukar.

Tori Tori No Mi, Model: Phoenix

Seperti halnya buah iblis Ope Ope, rasanya Geeks juga sudah tahu bahwa buah iblis ini bisa memberikan efek menyembuhkan. Marco adalah pemilik dari buah iblis luar biasa ini. Dengan kemampuan ini, Marco bisa berubah menjadi burung phoenix dengan api berwarna biru. Karena hal inilah Marco dijuluki Marco the Phoenix.

Sama seperti legenda burung Phoenix yang “tidak bisa mati”, Marco memiliki kemampuan untuk bisa sembuh dengan cepat dari luka apa pun. Kemampuan ini mirip dengan healing factor dari karakter Deadpool atau Wolverine. Marco bahkan pernah menyembuhkan lukanya hanya dengan api dari form Phoenix miliknya dan kembali ke bentuk manusia. Oda Sensei sempat menjelaskan bahwa Api biru tersebut juga bisa menyembuhkan luka dari orang lain.

Horu Horu No Mi

Emporio Ivankov adalah sosok penting di kelompok Pasukan Revolusi. Ivankov berada di satu level dibawah pimpinan kelompok tersebut yaitu Monkey D. Dragon. Selain kemampuan bela dirinya, yang membuat Ivankov menjadi sangat luar biasa adalah karena dia merupakan pemakan buah iblis Horu Horu no Mi.

Buah iblis tersebut mampu mengubah berbagai hormon atau memanipulasi hormon seseorang. Meskipun begitu, pada faktanya memanipulasi hormon terbukti bisa menyembuhkan penyakit yang ada. Dalam peristiwa Impel Down, ketika Luffy terkena racun Magellan, kekuatan dari Horu Horu no Mi inilah yang kemudian membuat Luffy kembali hidup. Kekuatannya mampu mengeluarkan racun dalam diri Luffy.

Nikyu Nikyu No Mi

Geeks mungkin heran mengapa buah iblis yang dimiliki oleh Bartolomew Kuma ini bisa memberikan efek penyembuhan. Buah iblis Nikyu Nikyu no Mi lebih banyak dikenal sebagai buah iblis yang membuat orang pergi ke suatu tempat. Dengan kekuatan ini juga Kuma bisa “mengirim” orang kemanapun yang dia inginkan. Hal ini pernah dipraktikan kepada kru Topi Jerami sebelum time-skip.

Namun, bagaimana kemudian iblis ini memberikan kesembuhan memang berbeda dari buah iblis yang sudah disebutkan di atas. Kuma akan menyerap seluruh rasa sakit yang diderita atau dirasakan seseorang, dan kemudian memindahkan rasa sakit tersebut ke tubuh orang lain. Di arc Thriller Bark, Kuma pernah melakukan hal ini dengan menyerap rasa sakit Luffy dan memindahkannya ke tubuh Zoro.

Chiyu Chiyu No Mi

Chiyu chiyu no Mi merupakan buah iblis berjenis Paramecia, di mana buah iblis ini bisa membuat penggunanya memiliki sebuah kekuatan untuk menyembuhkan orang lain. Buah iblis ini dimiliki oleh seorang karakter bernama Mansherry. Cara buah iblis ini bisa menyembuhkan penyakit orang lain adalah sang Pengguna Chiyu chiyu no Mi bisa mengeluarkan air penyembuhan dari matanya.

Selain itu, si Pengguna juga bisa menggunakan air Chiyu Chiyu no Mi yang dikendalikan oleh kedua tangannya. Air itu bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, dan memulihkan orang yang sedang sakit sekali pun. Sayangnya, seperti halnya buah iblis lain dalam serinya, buah iblis ini kurang begitu dikesplor oleh Oda Sensei.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa kekuatan dari buah iblis bukan hanya untuk menyakiti atau menciptakan kehancuran saja. Ada juga buah iblis yang memiliki kekuatan lain yaitu menyembuhkan penyakit orang lain. Tentunya kekuatan buah iblis untuk menyembuhkan ini sangatlah  langka, jika dibandingkan dengan buah iblis yang menghasilkan kekuatan dahsyat.