Marvel Cinematic Universe adalah jagat sinematik live action Marvel yang pertama kali didirikan pada tahun 2008 silam melalui film Iron Man. Selama 11 tahun jagat sinematik tersebut dibagi menjadi tiga Phase MCU yang disebut Infinity Saga, di mana semuanya mengarah pada peristiwa Avengers: Infinity Wars dan Endgame yang memperlihatkan betapa mengerikannya sang Big Bad Villain, Thanos.

Diperankan oleh Josh Brolin, Thanos adalah alien dari Planet Titan yang mempunyai cita-cita ingin membuat semesta lebih baik dengan ‘melenyapkan’ setengah populasinya. Untuk mencapai ide gila tersebut, Thanos bersama para pasukannya diceritakan melakukan pengembaraan galaksi untuk menemukan enam Infinity Stones, di mana hal tersebut berhasil dia lakukan dan membuat dunia merasakan betapa berbahayanya sang Mad Titan ini. Untungnya, Avengers berhasil ‘membalas’ dan mengembalikan semua kehidupan di alam semesta, meskipun harus mengorbankan beberapa superhero pentingnya.

Dan sekarang, saat MCU sudah memasuki Saga baru dengan Fase keempatnya, penulis film baru Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Michael Waldron, baru saja mengungkapkan bahwa saat ini ada dua ancaman baru MCU yang jauh lebih besar dari Thanos di Infinity Saga. Ancaman yang dia maksud adalah supervillain Kang the Conqueror dan persitiwa Incursion pertama kali diungkap di film Multiverse of Madness.

“Sekarang ada ancaman di luar sana yang dapat mengancam multiverse. Mirip seperti ketika MCU pertama kali menjelajahi kosmik [Marvel] beberapa tahun lalu dengan Thanos sebagai ancamannya,” ungkap Waldron. “Sekarang tinggal menuggu waktu sampai ancaman multiverse untuk muncul. Terlepas dia adalah Kang, Incursion, atau apa pun. Sepertinya akan menarik melihat bagaimana semuanya bisa muncul [di multiverse MCU] pada masa yang datang.”

Kang the Conqueror sendiri memang sudah dikonfirmasi oleh Marvel Studios akan menjadi Big Bad Villain di saga baru MCU. Diperankan oleh aktor Jonathan Majors, supervillain penjelah timeline dan multiverse ini dipastikan akan muncul di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania pada 17 Februari mendatang. Sedangkan peristiwa tabrakan antar dua universe yang disebut Incursion, digadang-gadang akan menjadi plot penting yang akan sering muncul pada masa depan MCU. Terlepas itu Kang atau Incursion, sepertinya ancaman MCU berikutnya ini akan jauh lebih berbahaya lagi daripada sebelumnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.