Nama Joy Boy menjadi bahan perbincangan para fans dari seri One Piece di sepanjang arc Wano Country, khususnya saat pertempuran Onigashima. Hal ini wajar karena dalam pertempuran paling epik dan paling besar di sepanjang sejarah serinya ini nama Joy Boy sempat beberapa kali disebutkan. Bahkan, disebut-sebut Joy Boy saat ini hadir di Onigashima.

Menurut apa yang kita ketahui tentang Joy Boy, dia adalah sosok yang penting dalam era abad yang hilang, 800 tahun sebelum cerita di masa sekarang. Namanya begitu tersohor bahkan tercatat di dalam Poneglyph yang disimpan di pulau manusia ikan. Poneglyph berisi permintaan maaf dari Joy Boy. Yang menarik adalah meskipun Joy Boy sempat hidup di 800 tahun yang lalu, ternyata ada juga sosok yang mengetahui atau mengenal sosok Joy Boy saat ini. Siapa saja mereka?

Kaido

Kaido sebenarnya tidak terlalu mengenal sosok Joy Boy karena dia baru hidup sejak puluhan tahun yang lalu. Meskipun begitu, dalam pertempuran Onigashima diperlihatkan bahwa dia tahu banyak tentang sosok Joy Boy. Bahkan, Kaido sepertinya menantikan kemunculan dari sosok Joy Boy. Hal ini diketahui dari cerita kilas balik Kaido di chapter 1049, di mana Kaido mengatakan kepada King bahwa dia tahu siapa Joy Boy.

Menurutnya, Joy Boy adalah sosok yang akan mengalahkannya. Namun, dia tidak pernah tahu siapa orangnya. Dari mana kemudian Kaido bisa mengetahui informasi tentang sosok Joy Boy masih menjadi misteri, meskipun sebagian fans meyakini bahwa Kaido mengetahui informasi tersebut dari sang mantan kapten, Rocks D. Xebec, saat dia masih bergabung dengan kelompok Rocks. Atau mungkin bisa jadi juga Kaido mengetahui nama tersebut dari sumber lain, misalnya Poneglyph.

Zunesha

Berbeda dengan Kaido, Zunesha memang sangat mengenal sosok Joy Boy. Zunesha bahkan pernah bekerja sama dengan Joy Boy untuk sebuah urusan atau peristiwa yang belum diketahui. Yang pasti, peristiwa tersebut sangat besar yang mana pada akhirnya membuat Zunesha harus dihukum untuk mengitari lautan selama ribuan tahun. Melihat usia Zunesha yang sudah ribuan tahun, rasanya masuk akal memang dia mengenal sosok Joy Boy.

Dalam sebuah teori, dijelaskan bahwa Zunesha pernah bekerja sama dengan Joy Boy untuk membantu dalam misi besarnya yaitu membawa para manusia ikan ke daratan. Sayangnya, misi tersebut pada akhirnya harus gagal karena Joy Boy tewas dengan alasan yang misterius. Karena misi tersebut gagal, pada akhirnya Zunesha pun harus dihukum dengan mengitari lautan selama ribuan tahun sambil membawa sebuah pulau.

Toki

Selain Zunesha, karakter yang juga mengenal Joy Boy adalah Toki. Seperti yang kita ketahui, Toki merupakan sosok wanita yang berasal dari abad yang hilang pada 800 tahun yang lalu. Dia menggunakan buah iblis Toki Toki no Mi miliknya untuk pergi ke masa depan, di mana dia kemudian bertemu dengan Kozuki Oden dan menjadi istrinya. Dia pun menjadi ibu dari Momonosuke dan juga Hiyori.

Yang menarik adalah Toki memiliki satu tujuan pasti yaitu Wano. Mengapa kemudian Toki harus pergi ke Wano? Siapa yang menyuruh Toki melakukan hal tersebut? Bisa jadi semua itu ada kaitannya dengan Joy Boy. Mungkin Joy Boy yang memerintahkan Toki untuk pergi ke masa depan dan pergi ke Wano untuk mempersiapkan Wano menyambut sosok Joy Boy yang baru. Rasanya terlalu janggal ketika Toki pergi ke masa depan dan secara spesifik pergi ke Wano jika tidak memiliki misi atau tujuan pasti.

Semakin mendekati akhir ceritanya, sepertinya sosok Joy Boy semakin penting dan informasi mengenai siapa sebenarnya Joy Boy mungkin pada akhirnya akan terungkap secara gamblang. Mungkin pada akhirnya kita akan mengetahui apa yang membuat Joy Boy sebagai sosok penting dan mengapa dia begitu berpengaruh di dunia ini.