Dalam seri One Piece, empat penguasa samudra alias Yonko merupakan empat bajak laut yang terkuat yang ada di lautan. Mereka dianggap memiliki pengaruh yang sangat besar dan memiliki kekuatan yang dahsyat serta kekuatan politik yang luar biasa di lautan, karena Pemerintah Dunia pun diperlihatkan tidak mau ambil pusing untuk berhadapan dengan mereka.

Selain itu, tidak ada bajak laut yang berani ambil resiko untuk menantang Yonko. Dan juga, dengan pengaruh yang sangat besar, mereka memiliki wilayah kekuasaan sendiri yang mana tidak akan ada orang yang berani menyentuh atau menganggu wilayah kekuasaan Yonko tersebut. Seperti yang diketahui, para Yonko ini memiliki wilayah atau teritori yang berada di bawah kekuasaan mereka.

Biasanya, mereka menduduki sebuah wilayah untuk diakui jadi kekuasaan mereka. Kemudian, setelah mereka menempati wilayah tersebut mereka juga akan menjadikan wilayah itu sebagai markas mereka. Misalnya, Kaido yang menjadikan Wano sebagai markasnya atau Blackbeard yang menjadikan pulau Beehive sebagai markas dan wilayah kekuasaanya.

Sejauh ini, diketahui bahwa Yonko hanya memiliki satu wilayah kekuasaan saja meskipun ada juga Yonko yang sempat memiliki dua wilayah kekuasan, yaitu Big Mom dan Whitebeard. Whitebeard sempat menguasai pulau Sphinx dan pulau Manusia Ikan serta Big Mom menguasai Totto Land dan juga pulau Manusia Ikan, setelah Whitebeard tewas.

Di Mana Wilayah Kekuasaan Shanks?

Yang menarik adalah dari semua Yonko, ada satu Yonko yang wilayah kekuasaannya masih misterius yaitu Shanks. Sampai sekarang, kita tidak pernah diberi tahu atau bahkan tidak pernah ada informasi wilayah mana yang menjadi kekuasaan dari Shanks. Apakah artinya Shanks tidak memiliki wilayah kekuasaan? Belum tentu. Bisa jadi, Shanks memiliki wilayah kekuasaan hanya saja Oda Sensei belum memberi tahunya.

Mengapa kemudian Shanks (kemungkinan) tidak memiliki wilayah kekuasaan? Bisa jadi hal ini ada kaitannya dengan “kebiasaan” dari kelompok Shanks. Mereka diketahui tidak pernah berdiam di satu tempat. Mereka selalu berkeliling mengitari lautan ini, untuk tujuan yang masih belum diketahui. Banyak fans yang berspekulasi bahwa Shanks merupakan penjaga perdamaian, yang artinya cukup masuk akal jika kemudian dia terus mengitari lautan.

Kita pun sering kali melihat bagaimana Shanks sering kali muncul di berbagai tempat. Misalnya, di wilayah East Blue saat Shanks bertemu dengan Luffy. Atau ketika Shanks bertemu dengan Rayleigh di wilayah Sabaody. Atau ketika Shanks bertemu dengan Kaido di New World. Berbeda dengan para Yonko lainnya yang mana mereka sangat jarang keluar dari teritorinya atau dari wilayah New World.

Meskipun begitu, sebenarnya ada juga spekulasi yang berkembang di kalangan fans yang berkaitan dengan wilayah kekuasaan Shanks. Banyak orang berpendapat bahwa Shanks merupakan penjaga dari pulau Elbaf, pulau para raksasa. Ada juga yang berpendapat bahwa Shanks memang tidak memiliki wilayah kekuasaan, tetapi dia adalah penjaga dari pulau Laugh Tale yang mana Shanks menjaga pulau tersebut agar tidak sembarangan bajak laut yang datang ke sana.

Mengapa kemudian Shanks menjadi penjaga pulau Elbaf? Salah satu alasannya adalah karena Shanks memiliki karisma yang mana hal tersebut membuat dia dihormati. Shanks dianggap memiliki kekuatan dan pengaruh besar yang membuat para raksasa mau mendengarkan Shanks dan menaruh hormat kepadanya. Apalagi, Shanks kemudian menjadi pelindung bagi pulau mereka.

Lalu, mengapa kemudian Shanks menjadi penjaga pulau Laugh Tale? Mungkin hal ini ada kaitannya dengan permintaan terakhir sang kapten, Gol D. Roger. Dia meminta agar hanya mereka yang terpilih atau sosok yang memang dinantikan yang bisa pergi ke sana. Selain dua pulau tersebut, mungkin saja Shanks memiliki sebuah wilayah kekuasaan di pulau yang baru akan diperkenalkan pasca Wano. Jadi, kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!