Film Doctor Strange 2, yang saat ini tengah tayang di bioskop, baru saja memperlihatkan seperti apa penampakan Book of Vishanti di Marvel Cinematic Universe. Sebagai buku sihir yang mengandung mantra untuk menangkal kekuatan jahat dari buku terkutu Darkhold, Book of Vishanti diperlihatkan tersimpan dengan baik di antara ‘celah’ multiverse. Sayangnya, ketika Doctor Strange akan menggunakan buku tersebut, Scarlet Witch yang kali ini digambarkan sebagai villain, lebih dahulu menghancurkannya dengan menggunakan Chaos Magic, sehingga kesaktian dari Book of Vishanti tidak sempat terungkap.

Kurang lebih sama seperti yang terlihat di MCU, Book of Vishanti versi Marvel Comics juga terkenal karena kesaktiannya. Bedanya, buku sihir ini mempunyai umur yang lebih panjang di Marvel Comics, sehingga tidak sedikit penggemar yang menganggap bahwa Book of Vishanti jauh lebih superior dari Darkhold, setidaknya sama-sama saling mengimbangi. Untuk mengetahui seberapa hebat buku sihir ini, mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana sejarah Book of Vishanti di Marvel Comics.

Buku ‘Tolak Bala’ Paling Sakti

Buku sihir ini pertama kali diceritakan di Marvel Comics berjudul Strange Tales #116 yang ditulis oleh Stan Lee dan digambar oleh Steve Ditko pada tahun 60-an. Langsung digunakan oleh Doctor Strange yang pada saat itu sudah menjadi Sorcerer Supreme, sebuah mantra dari Book of Vishanti berhasil membawa Strange ke Dream Dimension, di mana dia mencoba membebaskan jiwa-jiwa manusia yang dikurung oleh villain Nightmare. Diciptakan oleh elder god Osthur, bersama praktisi sihir putih pertama bernama Agamotto dan Hoggoth, Book of Vishanti umumnya berisi mantra sihir untuk menangkal sihir lain.

Selain berisi tentang mantra ‘defensif’, buku sihir yang mempunyai simbol Vishanti di sampulnya ini juga terkenal mengandung sejarah dan pengetahuan sihir yang terbentang dari Bumi sampai kosmos alias galaksi, khususnya yang diperlajari oleh Agamotto semasa hidupnya. Villain bernama Varnae yang hidup pada zaman Hyborian adalah praktisi sihir pertama yang mendapatkan kesempatan untuk membaca Book of Vishanti. Kemudian dari Varnae, buku sihir ini jatuh ke tangan pendeta Babylonia bernama Marduk yang akhirnya dianggap dewa karena kekuatan sihirnya.

Book of Vishanti baru benar-benar bisa diamankan dari orang-orang jahat, setelah Yao alias Ancient One melakukan perjalanan waktu ke era Babylonia dan mengambilnya dari Marduk. Sejak saat itu, buku sihir ini akhirnya disimpan sebagai bagian dari Sorcerer Supreme, termasuk ketika Doctor Strange menjabat posisi tersebut dan banyak mendapatkan kemampuan sihir sakti dari Book of Vishanti.

Mengandung Mantra Defensif Multifungsi

Dari sejak pertama kali muncul di Marvel Comics sampai sekarang, tidak disebutkan ada berapa banyak mantra yang terdapat di dalam Book of Vishanti. Yang jelas, Marvel sendiri telah mengonfirmasi bahwa buku tersebut mempunyai halaman yang tidak terbatas, sehingga ada lebih banyak sihir dan pengetahuan yang belum terungkap dibanding dengan yang sudah diceritakan di Marvel Comics.

Seperti yang sudah diceritakan di atas, salah satu mantra sihir yang ada di Book of Vishanti adalah mantra teleportasi yang disebut Gorgerell Spell. Sejauh ini ada dua orang penyihir yang sangat menguasai Gorgerell Spell, yaitu Doctor Strange dan Doctor Voodoo. Bukan hanya Dream Dimension saja yang bisa diakses oleh sihir teleportasi ini, tetapi juga hampir semua dimensi mistis yang menginduk langsung pada Bumi, termasuk Dark Dimension, Lost Land, Cancerverse, dan masih banyak lagi. Selain sihir teleportasi, Doctor Voodoo juga sempat mempelajari Colotor‘s Spell untuk melindungi dirinya dari serangan sihir lain.

Hanya berfokus pada sihir defensif, di dalam Book of Vishanti juga terdapat mantra yang diaplikasikan kepada tubuh penggunanya, seperti Crytorryk Spell yang sempat digunakan oleh Strange dan Magik untuk membuat tubuh mereka tidak terlihat oleh orang lain, dan juga Vishanti Spell untuk memproyeksikan tubuh mereka sebagai media berkomunikasi dengan orang yang berada di lokasi lain. Selain sihir sederhana, Book of Vishanti juga mempunyai mantra sihir seperti Spell of Dimension Reversal yang harus dirapal oleh banyak penyihir sekaligus.

Ketika entitas kosmik bernama Aspirant mengirim antek celestialnya yang dijuluki Celstial Destructor untuk menghancurkan Marvel Universe, para tim superhero di Bumi diceritakan saling bekerja sama untuk menghadapi musuh dengan tingkatan ‘Cosmic-level threat’ tersebut. Sebagai perwakilan dari Avengers, X-Men, dan Ultimates, para penyihir sakti seperti Doctor Strange, Scarlet Witch, Magik,¬†Wiccan,¬†Shaman dan Daimon Hellstorm, diperlihatkan bersama-sama merapal Spell of Dimension Reversal untuk mengirim Celestial Destructor kembali ke asalnya.

Berbagai sihir ini secara tidak langsung telah membuktikan, meskipun Book of Vishanti hanya berisi mantra sihir defensif, tetapi di tangan yang tepat buku ini terbukti dapat digunakan untuk menangkal sekaligus membalik serangan sihir dari orang lain. Karena hal tersebutlah, Book of Vishanti sering dianggap lebih superior dari buku sihir ofensif mana pun. Itulah pembahasan tentang Book of Vishanti yang diadaptasi di Marvel Cinematic Universe sebagai buku sihir tersakti yang bisa menangkal kutukan Darkhold.