Dari sekian banyak aktor yang menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe, Benedict Cumberbatch adalah salah satunya yang populer di kalangan penggemar. Jauh sebelum terlibat di MCU, aktor asal Inggris ini sebenarnya telah memulai karier aktingnya di dunia teater sejak tahun 2001 silam, sampai sekarang Cumberbatch tercatat telah terlibat dalam berbagai tayangan populer, termasuk serial Sherlock dan waralaba The Hobbit. Sedangkan debutnya di MCU dimulai dengan film Doctor Strange yang dirilis pada tahun 2016.

Kesuksesannya Cumberbatch dalam memerankan karakter Stephen Strange alias Doctor Strange kemudian mengantarkannya untuk kembali terlibat dalam berbagai film MCU lain, seperti Thor: Ragnarok, Avengers: Infinity War, Avengers: Endgame, Spider-Man: No Way Home, dan yang terbaru di film solo keduanya yang berjudul Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Di film Doctor Strange 2, yang saat ini tengah tayang di bioskop, Benedict bahkan memerankan empat varian Doctor Strange sekaligus, Prime Strange, Defender Strange, Illuminati Strange, dan Sinister Strange.

Meskipun untuk saat ini dia terkenal sebagai pemeran Doctor Strange, baru-baru ini, terungkap bahwa Benedict sempat mengikuti casting untuk peran lain di MCU. Dalam sesi wawancaranya dengan BBC Radio 1, Cumberbatch mengungkapkan bahwa dia pernah mengikuti audisi untuk memerankan karakter Malekith the Accursed di film Thor: The Dark World, tetapi akhirnya dia merelakan peran tersebut untuk sesuatu yang lebih ‘juicy’. Dan peran yang dimaksud adalah seorang dokter bedah yang akhirnya menjadi penyihir di MCU.

“[Peran Doctor Strange] saya dapatkan setelah saya mencoba untuk berperan sebagai karakter lain di MCU, karakter yang hanya muncul sementara [Malekith]” ungkap Cumberbatch. “[Pada akhirnya] saya cukup percaya diri untuk mengatakan bahwa saya sangat tersanjung untuk memerankan peran tersebut, tetapi saya lebih baik menunggu sesuatu yang lebih juicy.” Karakter Malekith sendiri pada akhirnya diperankan oleh aktor Christopher Eccleston, yang terkenal sebagai pemeran di serial populer Doctor Who.

Keputusan Cumberbatch untuk melepaskan peran Malekith tampaknya berbuah manis, karena akhirnya dia bisa mendapatkan peran yang ‘lebih berumur panjang’ sebagai Doctor Strange. Presiden Marvel Studios, Kevin Feige, bahkan sampai mengatakan bahwa karakter Doctor Strange dari Cumberbatch adalah ‘anchor’ alias salah satu karakter penting di Saga baru MCU kali ini. Sehingga sangat besar kemungkinan untuk Cumberbatch muncul di berbagai tayang MCU selanjutnya.