Seperti yang sudah banyak diketahui para fans, Oda Sensei selalu menghadirkan sesuatu unik dan menarik berkaitan dengan seri One Piece. Pulau Zou adalah salah satunya. Zou dianggap sebagai sebuah negara yang besar. Dan yang uniknya, lokasi Zou sendiri tidak berada di lautan atau pun di daratan melainkan ada di atas punggung gajah raksasa bernama Zunesha.

Zunesha merupakan seekor gajah raksasa kuno yang sudah berjalan mengelilingi Grand Line tanpa henti dan tanpa tujuan selama berabad-abad. Di atas punggungnya, Zunesha membawa sebuah wilayah dan peradaban dari suku Minks. Pulau tersebut kemudian diberi nama Zou. Meskipun Zunesha sudah membawa pulau Zou selama berabad-abad, sepertinya tidak pernah ada komunikasi yang terjadi antara suku Minks dan Zunesha.

Hal yang paling menarik tentang Zunesha adalah fakta bahwa dia sudah mengelilingi Grand Line selama kurang lebih 800 tahun, tanpa berhenti sekalipun. Menurut Nekomamushi, salah satu pemimpin suku Minks, pada zaman dahulu, Zunesha dihukum untuk berjalan melintasi Grand Line selamanya karena sebuah perbuatan kriminal yang dia lakukan.

Namun, sampai sejauh ini sama sekali tidak ada informasi mengenai kejahatan apa yang sudah dilakukan oleh Zunesha sehingga dia harus dihukum sedemikian berat. Para fans sendiri berasumsi bahwa kejahatan berat yang dilakukan oleh Zunesha kemungkinan ada kaitannya dengan abad yang hilang, Kerajaan Kuno, dan perang melawan Pemerintah Dunia.

Terdapat juga spekulasi menarik bahwa cerita Zunesha ini mirip dengan cerita mitologi dewa Atlas. Dalam ceritanya, Atlas diketahui berperang melawan saudaranya sendiri yaitu Menoitus. Peperangan tersebut disebabkan oleh dewa Zeus. Yang menarik adalah Zeus juga yang kemudian menghancurkan kedua karakter tersebut.

Atlas pun kemudian dihukum oleh Zeus, dan hukumannya sendiri adalah dia harus menyangga bumi. Sebagian orang ada yang berpendapat bahwa bukan bumi, melainkan langit yang ditopang oleh Atlas. Berdasarkan cerita tersebut teorinya menyebutkan bahwa Zunesha pun kemungkinan melakukan hal yang sama seperti Atlas yaitu membunuh seseorang.

Siapa yang kemudian dibunuh oleh Zunesha? Teorinya menyebutkan bahwa ada kemungkinan sosok monster yang ada di pulau Onigashima merupakan korban dari keganasan Zunesha yang entah secara sengaja atau tidak sengaja membunuhnya. Teorinya pun menjelaskan bahwa mungkin Zunesha dan sosok monster/Oni tersebut dahulu sempat bersahabat, seperti halnya dengan sosok Joy Boy.

Namun, ada pihak lain yang kemudian menjadi penyebab pertempuran itu terjadi. Siapa orangnya? Spekulasinya sendiri menyebutkan bahwa bisa jadi Im Sama adalah sosok “Zeus” yang menyebabkan Zunesha menghabisi nyawa Oni. Mengapa kemudian Im Sama sengaja membuat Zunesha harus menghabisi nyawa monster tersebut?

Zunesha dan monster tersebut adalah saksi sejarah mengenai apa yang terjadi pada abad yang hilang. Menghabisi mereka adalah salah satu langkah atau upaya untuk melindungi rahasia besar dari pihak Pemerintah Dunia. Setelah monster tersebut tewas, Im kemudian memutuskan untuk menghukum Zunesha dengan memerintahkannya untuk terus berjalan mengarungi lautan.

Gagal Jalankan Perintah Joy Boy

Selain spekulasi di atas, ada juga spekulasi lain yang berkaitan dengan dosa Zunesha. Fakta bahwa Zunesha dan Joy Boy adalah rekan pada 800 tahun lalu memberikan jalan bahwa mereka mungkin pernah bertarung bersama. Siapa yang mereka hadapi? Tidak lain adalah Pemerintah Dunia. Seperti yang kita tahu bahwa Joy Boy pada akhirnya gagal memenuhi janjinya kepada manusia ikan.

Kemungkinan, Joy Boy tewas akibat serangan Pemerintah Dunia. Dan Zunesha, yang masih tersisa, kemudian diputuskan untuk dihukum dengan cara mengitari lautan selama berabad-abad. Sampai kemudian Zunesha bertemu kembali dengan Momonosuke dan Luffy, serta merasakan kembali keberadaan sosok Joy Boy. Bagaimana menurut kalian Geeks, teori mana yang cukup masuk akal yang menjadi alasan Zunesha dihukum?