Fantastic Four adalah tim keluarga Marvel pertama di Marvel Comics yang sudah diharapkan sejak lama oleh para penggemar untuk masuk Marvel Cinematic Universe. Meskipun filmnya masih dalam pengembangan, dan kemungkinan besar baru akan muncul di akhir Fase 4 atau awal Fase 5 MCU, tetapi kehadiran salah satu karakternya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness telah memicu rasa penasaran di kalangan penggemar tentang bagaimana cara Fantastic Four masuk ke MCU.

Di salah satu adegan Multiverse of Madness, karakter Reed Richards alias Mister Fantastic yang diperankan oleh John Krasinski telah behasil mengejutkan para penggemar secara keseluruhan. Walaupun karakter di film tersebut merupakan varian dari Earth-838, bukan tidak mungkin bahwa sebenarnya Mister Fantastic dan timnya sudah ada sejak lama di Prime Earth-616 yang selama ini kita lihat. Dan cara yang sangat mungkin untuk memasukan mereka adalah dengan membawa elemen ‘Negative Zone’ yang selama ini erat dengan Fantastic Four di Marvel Comics.

Negative Zone di Marvel Universe

Di Marvel Comics, Negative Zone adalah sebuah konsep lokasi di Marvel Universe, yang pertama kali diceritakan di komik Fantastic Four #51 karya Stan Lee dan Jack Kirby pada tahun 1966. Secara garis besar, Negative Zone adalah sebuah dimensi atau realitas yang tercipta karena disebabkan oleh rangkaian peristiwa anti materi (mirip seperti Microverse atau Quantum Realm di MCU), sehingga hukum fisika sama sekali tidak berlaku di dalamnya. Bedanya dengan Microverse yang masih ada di Bumi, Negative Zone lebih mirip seperti Dark Dimension yang menginduk pada realitas Bumi sendiri.

Penggambaran dari lokasi Negative Zone sendiri sering diperlihatkan sebagai sebuah lokasi yang mengerikan sekaligus absurd. Walaupun begitu, di dalamnya terdapat banyak sekali makhluk hidup yang konon telah hidup bahkan sejak peristiwa Big Bang terjadi, misalnya seperti para penduduk Tyanna, Argor, Kestor, Ootah, dan Tarsuu. Berdasarkan namanya, Negative Zone juga sering dianggap sebagai sebuah lokasi yang merupakan kebalikan dari Bumi. Menariknya, salah satu manusia Bumi yang pertama kali mengetahui keberadaan Negative Zone adalah Mister Fantastic yang memang terkenal sangat genius.

Ketika mencari jawaban tentang dunia yang ditempatinya, Mister Fantastic cukup terkejut setelah menemukan sebuah dunia, di mana ilmu yang selama ini didalaminya sama sekali tidak berlaku. Sejak saat itu dia terus meneliti dan bahkan melakukan eksplorasi ke Negative Zone melalui sebuah portal yang dia ciptakan sendiri di markasnya, Baxter Building. Meskipun dia lebih sering mengajak tim Fantastic Four ke Negative Zone dengan menggunakan sebuah kendaraan yang disebut Negative Zone Explorer atau Negapod, tetapi tidak jarang juga dia mengajak ilmuwan lain seperti Tony Stark dan Hank Pym.

Di kisah Ultimate Fantastic Four yang berlangsung di Ultimate Universe, Negative Zone yang lebih sering disebut N-Zone bahkan diceritakan sebagai lokasi di mana para Fantastic Four mendapatkan kekuatan supernya, beda dengan versi Earth-616 yang mendapatkan kekuatan supernya setelah terpapar radiasi kosmik di luar angkasa. Peristiwa tersebut terjadi setelah Mister Fantastic mengajak Ben Grimm, Sue, dan Johnny Storm pergi ke N-Zone untuk penelitian. Alih-alih menemukan jawaban atas lokasi misterius tersebut, mereka justru mengalami kecelakaan yang mengubah mereka menjadi manusia super.

Fantastic Four dan Negative Zone di MCU

Selama lebih dari satu dekade, Marvel Studios telah membangun jagat sinematik MCU dengan mengambil banyak sekali materi dari Marvel Comics. Namun, elemen tentang Fantastic Four dan X-Men sendiri baru bisa dimunculkan oleh Marvel di Fase 4 MCU kali ini, tepatnya di film Multiverse of Madness yang menyinggung universe alternatif Earth-838. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara Fantastic Four bisa tiba-tiba muncul di Prime Earth-616 yang telah berlangsung satu dekade lebih? Dan kuncinya bisa terletak pada lokasi Negative Zone di MCU.

Mengambil kisah yang mirip seperti di komik Ultimate Fantastic Four, bisa saja sebenarnya Fantastic Four sudah ada sejak lama di MCU, bahkan mungkin jauh sebelum peristiwa Thanos dan pasukan Black Order-nya menginvasi Bumi. Mister Fantastic versi Earth-616 bisa saja diceritakan telah menemukan Negative Zone sejak lama, dan mencoba melakukan eksplorasi ke tempat misterius tersebut dengan mengajak Ben Grimm, Sue, dan Johnny Storm. Namun, sebuah kecelakaan dalam ekspedisi pada akhirnya membuat mereka malah terjebak di Negative Zone dan ‘menghilang’.

Formula seperti ini sebenarnya cukup mirip dengan peristiwa di film Captain Marvel, di mana Carol Danvers yang hidup pada tahun 80-an memutuskan untuk melakukan petualangan ke luar angkasa di akhir filmnya dan menghilang dari Bumi. Captain Marvel baru kembali muncul setelah dia dipanggil oleh Nick Fury saat peristiwa Avengers: Endgame. Formula plot yang sama juga pernah digunakan di waralaba Ant-Man, di mana karakter Janet van Dyne menghilang pada tahun 80-an dan baru ditemukan oleh Ant-Man sedang terjebak Quantum Realm.

Jika benar Fantastic Four sudah ada sejak lama di MCU, di mana mereka terjebak di Negative Zone, bukan tidak mungkin saat waktunya tiba mereka akan berhasil keluar pada masa sekarang dalam keadaan sudah menjadi manusia super karena terpapar radiasi di Negative Zone. Dengan cara kerja waktu yang berbeda di Negative Zone, betapa kagetnya para Fantastic Four ini melihat dunia yang telah banyak berubah. Sebagai orang yang cukup erat dengan petualangan di dimensi alternatif, nantinya mereka akan dibutuhkan untuk petulangan para superhero yang tengah berhadapan dengan ancaman multiverse.

Dengan Negative Zone, Marvel Studios bisa dengan mudah meminimalisir plot hole yang disebabkan oleh kemunculan tiba-tiba dari Fantastic Four di Earth-616. Dan para anggota Fantastic Four, seperti Reed Richards alias Mister Fantastic, Sue Storm alias Invisible Woman, Johnny Storm alias Human Torch, dan Ben Grimm alias The Thing, dapat dengan mudah bergabung dengan para superhero lain di MCU. Bahkan jika mau, Marvel bisa mengikutsertakan musuh bebuyutan Fantastic Four, Victor Von Doom alias Doctor Doom, dalam ekspedisinya di Negative Zone.

Itulah pembahasan mengenai bagaimana cara Fantastic Four bisa masuk ke MCU dengan mudah melalui keberadaan Negative Zone. Bagaimana menurut kalian, apakah teori ini akan benar-benar terbukti nantinya? Hanya waktu yang bisa menjawab. Karena saat ini film Fantastic Four masih dalam tahap awal pengembangan, kita nantikan saja kebenarannya pada masa depan MCU selanjutnya ya, Geeks.