Franchise Dragon Ball karya Akira Toriyama menghadirkan berbagai hal yang menarik dalam ceritanya. Salah satunya adalah ras Saiyan. Ras Saiyan merupakan salah satu ras yang ada di franchise ini, di mana mereka berasal dari luar bumi. Ras Saiyan diketahui banyak berasal dari planet Vegeta, planet yang menjadi rumah bagi salah satu karakter utama dalam serinya, Vegeta.

Ras saiyan dikenal sebagai ras yang brutal, gemar untuk bertarung, sering menaklukan planet lainnya, dan sebagainya. Kekuatan fisik mereka yang sangat dahsyat juga menjadi salah satu faktor mengapa mereka ditakuti. Selain itu, ada juga beberapa kekuatan dahsyat lainnya yang dimiliki oleh ras Saiyan yang membuat mereka ditakuti. Apa saja?

Telekinesis

Meskipun Saiyan dikenal karena kekuatan fisik mereka, namun mereka juga memiliki kekuatan yang berkaitan dengan pikiran yaitu kemampuan telekinesis. Kemampuan untuk memindahkan atau menggerakan objek dengan hanya pikiran saja menjadi salah satu kemampuan yang meningkatkan kekuatan bertarung mereka. Meskipun begtiu, penggunaan telekinesis cukup menguras energi mereka.

Karena itulah, kemampuan ini hanya diperlihatkan sesekali dalam ceritanya karena mereka lebih memanfaatkan energi yang ada untuk cara lain. Salah satu contoh penggunaan kekuatan telekinesis adalah ketika Vegeta latihan di luar angkasa dalam Garlic Jr. Saga. Selebihnya, kita memang jarang diperlihatkan lagi para Saiyan menggunakan teknik ini.

Great Ape Transformation

Salah satu kemampuan yang ikonik dari ras Saiyan adalah bagaimana mereka bisa berubah ke form kera raksasa ketika bulan purnama tiba. Saat para Saiyan berubah ke form ini, mereka akan sulit mengendalikan diri mereka. Karena, dalam form ini mereka akan berubah ke berserk mode yang akan menghancurkan apa pun yang ada di depannya.

Kekuatan Saiyan yang dahsyat ini sering kali dimanfaatkan untuk menghancurkan sebuah planet, seperti yang diperlihatkan dalam cerita Dragon Ball Super. Para pasukan Frieza yang merupakan ras Saiyan, memanfaatkan kekuatan ini untuk menghancurkan planet Cereal. Dan para penduduknya tidak bisa berbuat banyak untuk menghadapi mereka.

Daya Tahan Tinggi

Ras Saiyan dikenal sangat tangguh dalam pertarungan. Mereka bisa menahan dan menerima serangan sekuat dan sedahsyat apa pun. Manusia normal mungkin tidak akan sanggup lagi berdiri setelah menerima serangan dahsyat, namun tidak halnya dengan ras Saiyan. Hal ini bisa dilihat dari seberapa tangguh Vegeta dan juga Goku dalam pertarungan.

Daya tahan tinggi terhadap serangan ini juga membuat ras Saiyan sering kali berhasil memenangkan pertarungan. Daya tahan tinggi ini juga merupakan hasil latihan dan pertarungan yang sudah mereka jalani sejak lama. Kekuatan dan ketahanan tubuh mereka semakin terbentuk setelah berhadapan dengan lawan-lawan yang kuat.

Kelincahan

Selain kekuatan yang dahsyat, Saiyan dikenal karena kelincahan mereka dalam bergerak. Dalam pertarungan, mereka bisa bergerak dengan sangat cepat. Pergerakan sangat cepat yang tidak bisa diikuti oleh mata normal tersebut sekilas terlihat seperti teleportasi. Kelincahan ini juga yang menjadi salah satu faktor ras Saiyan sering unggul dalam pertarungan.

Kelincahan yang luar biasa ini pun digunakan oleh para Saiyan untuk bisa menghindari berbagai serangan musuh mereka. Hal ini bisa dilihat saat Goku menghindari berbagai serangan cepat dari Granolah. Meskipun itu merupakan bagian dari teknik Ultra Instinct, namun tanpa kemampuan dasar di mana Goku bisa bergerak lincah tentunya kekuatan tersebut tidak akan bisa terjadi.

Zenkai Boost

Zenkai Boost merupakan sebuah teknik peningkatan kekuatan yang diperlihatkan dalam Frieza Saga. Sayangnya, kekuatan dahsyat ini sudah dilupakan oleh para fans dan juga sang kreator. Zenkai Boost adalah kemampuan dahsyat, yang membuat seorang Saiyan mendapatkan tambahan kekuatan baru.

Hal ini bisa terjadi ketika mereka berada dalam situasi hidup dan mati. Vegeta diperlihatkan menggunakan teknik Zenkai Boost beberapa kali untuk meningkatkan level kekuatannya saat dia bertarung melawan Frieza dan anak buahnya. Bardock pun diperlihatkan menggunakan teknik ini dalam pertarungannya melawan Gas, seperti diperlihatkan dalam kilas balik di chapter kemarin.

Ki Manipulation

Memanipulasi Ki dalam tubuh menjadi sesuatu hal yang lumrah bagi para Saiyan. Mereka memanipulasi Ki dalam tubuhnya untuk kemudian membentuk sebuah serangan energi yang dahsyat. Ini merupakan salah satu senjata rahasia dari ras Saiyan. Dalam serinya, diperlihatkan bagaimana ras lain pun bisa melakukan manipulasi Ki. Namun, jika dibandingkan dengan ras Saiyan, level kekuatan dan kedahsyatan dari serangannya akan sangat berbeda.

Transformasi Super Saiyan

Tentu rasanya mustahil berbicara mengenai kekuatan dan kemampuan Saiyan tanpa menyebutkan transformasi paling ikonik yang membuat mereka menjadi sangat kuat. Bahkan, transformasi ini menjadi kunci kemenangan bagi para Saiyan, seperti diperlihatkan dalam berbagai ceritanya. Inilah transformasi Super Saiyan, kekuatan paling epik dari ras Saiyan.

Transformasi ini pertama kali muncul di Frieza Saga, ketika Goku marah melihat rekannya tewas. Sejak saat itu, transformasi ini sudah sering kali muncul dalam cerita. Bukan hanya sering muncul, Akira Toriyama pun bahkan menghadirkan berbagai varian dari Super Saiyan yang menjadikan teknik ini sangat luar biasa.

Dalam menghadapi musuh atau lawan mereka ras Saiyan dikenal sebagai ras tangguh, karena determinasi bertarung dan rasa ingin menang yang besar. Mereka pun sering kali memperlihatkan kedahsyatan yang hanya dimiliki oleh ras mereka. Dan contoh di atas adalah bukti bagaimana dahsyatnya ras Saiyan di universe Dragon Ball.