Scarlet Witch adalah salah satu penyihir terkuat yang pernah diperkenalkan oleh Marvel Comics. Selain terkenal karena statusnya sebagai penyihir Chaos Magic, karakter yang mempunyai nama asli Wanda Maximoff ini adalah seorang ‘Nexus Being’ yang sepak terjangnya sangat memengaruhi masa depan Marvel Universe secara keseluruhan. Menariknya, sama halnya seperti kebanyakan superhero dan supervillain Marvel lain, Scarlet Witch juga mempunyai banyak sekali varian yang tersebar multiverse Marvel. Dari mulai yang penampilan dan kekuatannya identik, sampai versi yang berbeda jenis kelamin, berikut sepuluh varian Scarlet Witch di Marvel Multiverse!

Prime Scarlet Witch

Sebagai karakter inti dari semua variannya di multiverse Marvel, Scarlet Witch yang berasal dari Prime Earth atau Earth-616 ini tidak diragukan lagi adalah versi paling kuat yang pernah diceritakan oleh Marvel Comics. Pada kisah House of M, Prime Scarlet Witch ini pernah mengubah realitas seluruh dunia dengan kemampuan sihirnya yang sangat sakti, demi bisa bertemu dengan anak-anaknya yang telah mati, Billy dan Tommy. Dan ketika Wolverine mencegahnya untuk menggantikan realitas asli, dia justru malah mengatakan kalima ikonik “No More Mutant,” yang menghapus semua mutan dari eksistensi.

Scarlet Warlock

Dikenal dengan sebutan Scarlet Warlock, varian Scarlet Witch pria yang berasal dari Earth-127 ini pertama kali diceritakan di komik Exiles. Sebagai penyihir yang sangat terkenal dari universenya, Scarlet Warlock dimintai tolong oleh Magneto yang ingin tubuhnya mempunyai tulang adamantium seperti Wolverine. Namun, alih-alih berhasil melakukan penggabungan tersebut, Scarlet Warlock justru malah gagal dalam merapal mantra, sehingga menyebabkan Magneto, Wolverine, Mesmero, Quicksilver, dan dirinya bergabung menjadi satu makhluk kuat bernama Brother Mutant.

Scarlet Witch Age of X-Man

Pertama kali muncul di kisah Age of X-Man, Scarlet Witch yang satu ini sebenarnya kurang lebih sama seperti versi Prime Scarlet Witch, di mana dia menguasai Chaos Magic dan bisa mengubah realitas di sekitarnya. Bedanya, Scarlet Witch Age of X-Man masih digambarkan sebagai seorang mutan yang dikategorikan sebagai Omega-Level Mutant dalam hal telepati dan telekinesis. Dengan kekuatannya dia bahkan hampir menghancurkan tubuh ayahnya sendiri, yaitu Magneto, tetapi hal tersebut gagal karena Scarlet Witch lebih dahulu mati.

Scarlet Witch Earth-982

Earth-982 atau yang dlebih dikenal sebagai universe MC2, adalah sebuah universe alternatif di mana banyak sekali karakter varian di dalamnya. Dan meskipun varian Scarlet Witch yang berasal dari universe ini digambarkan lebih tua, tetapi kesaktiannya masih tidak kalah hebat dengan versi Prime Scarlet Witch. Sayangnya, ketika dia bertarung dengan varian Doctor Doom, Scarlet Witch diceritakan kalah dan mengalami koma akibat luka yang dideritanya. Walaupun begitu, dia tetap berhasil menutup portal dari lokasi asal Doom, sehingga universenya bisa tetap aman.

Silver Witch

Silver Witch adalah varian dari Earth-TRN852 yang merupakan gabungan dari karakter Scarlet Witch dan adiknya, Quicksilver. Hal ini sengaja dia lakukan, karena pada saat supervillain bernama Blur membunuh adiknya, Silver Witch tidak punya pilihan lain selain menghisap semua kekuatan Quicksilver. Itulah mengapa dia dikenal sebagai salah satu varian Scarlet Witch yang sangat kuat, karena selain menguasai sihir Chaos Magic, dia juga diakui sebagai salah satu superhero tercepat di multiverse Marvel karena telah berhasil membuat tim supervillain Squadron Supreme dari universenya kewalahan.

Wanda Lensherr

Dari sekian banyak varian Scarlet Witch di multiverse Marvel, Wanda Lensherr dari Earth-1610 alias Ultimate Universe adalah sosok yang jauh lebih ‘normal’, karena dia sama sekali tidak pernah mengalami gangguan mental. Itulah mengapa kekuatan Wanda Lensherr jauh lebih stabil, di mana dia terbukti bisa melakukan teleportasi, terbang, dan juga mengeluarkan kekuatan sihir secara lebih akurat dan terarah. Bahkan teman-teman superheronya terlihat sangat mengandalkan kekuatan Wanda, karena dia sama sekali tidak berbahaya seperti Prime Scarlet Witch.

Wanda Maximoff Clone

Varian Scarlet Witch ini muncul pertama kali di kisah Age of Apocalypse, di mana supervillain mutan Apocalypse diceritakan berkuasa. Ketika Scarlet Witch yang asli diceritakan mati, para manusia kemudian menciptakan kloning Wanda Maximoff untuk melakukan tindakan yang sama seperti yang dilakukan oleh Prime Scarlet Witch, di mana dia mendapatkan misi untuk menghapus semua mutan di universe Age of Apocalypse. Meskipun sempat berhasil, tetapi kalimat “No More Mutant” miliknya ternyata hanya efektif untuk radius tertentu. Dan setelah melakukan hal tersebut, kloning Wanda Maximoff ini langsung ambruk dan mati.

Weapon Hex

Di kisah Infinity Wars, Gamora pernah berhasil menciptakan sebuah pocket dimension yang disebut Warp World. Dan di dalam dimensi ini karakter Scarlet Witch diperkenalkan ulang sebagai sosok baru bernama Weapin Hex, yang pada dasarnya merupakan karakter gabungan antara Scarlet Witch dan anak Wolverine yang bernama Laura Kinney. Sebagai varian tekuat dari Scarlet Witch dan Wolverine, Weapon Hex mempunyai memampuan healing factor yang sangat cepat, serta tulang dan kuku adamantium yang diselimuti kekuatan Chaos Magic. Berkat kekuatan tersebut, Weapon Hex dikenal sebagai salah satu varian Scarlet Witch yang agresif sekaligus mematikan.

Witch

Mempunyai nama superhero yang cukup sederhana, Witch adalah varian Scarlet Witch yang berasal dari Earth-8823. kemampuan sihirnya kurang lebih sama seperti Prime Scarlet Witch, di mana dia bisa memanipulasi realitas di sekitarnya. Bedanya, Witch tidak hanya mengubah realitas lingkungannya saja, tetapi juga fisik dan molekul yang ada disekitarnya. Berkat kekuatannya tersebut, Wicth kemudian bergabung dengan tim multiverse yang disebut Exiles, saat mereka memburu seorang supervillain kuat bernama Emma Frost yang telah membunuh saudaranya, Quicksilver.

Zombie Scarlet Witch

Ketika Earth Earth-2149 alias Zombieverse diceritakan terserang sebuah wabah yang mengubah semua makhluk hidup menjadi monster pemakan manusia, Scarlet Witch adalah salah satunya yang menjadi korban. Selain mempunyai kemampuan untuk memanipulasi realitas, di universe ini dia juga telah menjadi zombie yang tidak akan segan-segan untuk membunuh manusia. Bekerja sama dengan Zombie Kingpin dan versi ‘rusak’ dari Vision, Zombie Scarlet Witch dengan sengaja menggangu transmisi radio dari para manusia yang tersisa agar mereka tidak bisa meminta tolong kepada siapa pun.

Itulah sepuluh varian Scarlet Witch yang terkenal sangat kuat di Marvel Universe. Keberadaan dari para varian Scarlet Witch ini secara tidak langsung telah menegaskan bahwa tidak ada satu pun varian dirinya yang lemah di multiverse Marvel. Hampir semua varian Scarlet Witch pasti menguasai ilmu sihir yang mematikan, di mana diperlukan lebih dari satu superhero atau supervillain untuk bisa mengalahkannya.