Kru Topi Jerami adalah kelompok bajak laut yang populer dan sedang mendapatkan perhatian besar dari Pemerintah Dunia saat ini. Mereka adalah kelompok bajak laut yang menantang Yonko di New World. Bukan hanya satu, mereka menantang dua Yonko sekaligus. Saat ini, mereka sedang terlibat di pertempuran Onigashima yang menjadi bagian dari arc Wano Country.

Menilik ke belakang, bagaimana proses kelompok bajak laut ini terbentuk bisa dibilang sangat luar biasa. Di awal manganya, Luffy mengatakan bahwa dia ingin setidaknya 10 orang yang bergabung dengan krunya sebelum memasuki Grand Line (tidak termasuk dirinya sendiri). Dan sepertinya, Luffy sudah berhasil mewujudkan keinginannya tersebut meskipun ada kemungkinan Luffy akan menambah krunya.

Berbicara mengenai kelompok Topi Jerami ada sebuah “pola” atau “proses” dari rekrutmen kru bajak laut Topi Jerami ini jika Geeks perhatikan. Pertama, sebuah situasi kacau/genting akan muncul di mana seseorang yang baru sangat dibutuhkan. Dan para kru tersebut kemudian akan secara tidak sengaja bertemu dengan Luffy.

Hal ini terjadi para Chopper, Nami, dan lain-lain. Setelahnya, Luffy kemudian menawari orang-orang tersebut untuk bergabung dengan krunya. Dan biasanya, pada situasi tersebut para karakter itu akan menolak tawarannya. Namun, Luffy menolak hal tersebut dan tetap memaksa mereka untuk bergabung. Kemudian, dalam situasi genting tersebut kita diperlihatkan bagaimana Luffy berhasil mengalahkan bos dari para kriminal.

Sedangkan para calon kru berhasil mengalahkan anak buahnya. Contohnya adalah ketika Luffy bertarung melawan Don Krieg, setelah Sanji berhasil mengalahkan Gin dan Pearl. Situasi lainnya adalah sang calon kru tersebut akan membantu Luffy atau memiliki peran penting dalam kemenangan kru Topi Jerami. Salah satu contohnya adalah ketika Luffy diberitahu tentang kelemahan para zombie oleh Brook di arc Thriller Bark.

Dalam sebuah arc, di mana sang calon kru akan bergabung dengan Luffy, kita biasanya akan mengetahui sedikit tentang masa lalu dan juga mimpi dari calon kru tersebut. Hal itulah yang kemudian menjadi motivasi Luffy (dan para fans) untuk bisa yakin bahwa mereka adalah kandidat yang tepat. Dan yang menarik adalah biasanya ketika para kru tersebut sudah resmi bergabung, mereka biasanya akan menemukan musuh yang “seimbang” dengan kekuatan mereka.

Contohnya, Zoro melawan Kaku, Nami melawan Khalifa, dan sebagainya. Selain kekuatan, biasanya mereka juga akan disesuaikan untuk bertarung melawan musuh yang sesuai dengan keahlian para kru tersebut. Berdasarkan “proses” tersebut, banyak yang berpikir bahwa Vivi akan menjadi kru permanen dari Topi Jerami. Namun, sebenarnya Vivi sendiri sudah dianggap menjadi bagian dari kru Luffy.

Hanya saja Vivi memutuskan untuk tidak bergabung bersama mereka sampai dia bisa mengurus kerajaannya dengan baik. Sebenarnya, ada juga beberapa kru Topi Jerami yang tidak mengikuti “proses” tersebut, diantaranya adalah Jinbe, Nami dan Robin. Nami dan Robin tidak pernah diperlihatkan membantu Luffy dalam sebuah pertarungan. Dalam kasus Nami, justru dia meminta bantuan kepada Luffy.

Sama halnya dengan Nico Robin yang justru meminta bantuan Luffy untuk bisa lepas dari Spandam. Untuk Jinbe, Luffy memang mengundangnya untuk bergabung tetapi Jinbe memutuskan untuk menundanya sampai semua urusannya dengan Big Mom selesai. Baru di babak ketiga arc Wano, Jinbe secara resmi menjadi bagian dari kelompok bajak laut Luffy. Yang juga tidak kalah unik adalah ada juga sebuah pola menarik yang terjadi dalam proses perekrutan ini.

Sebelum Luffy masuk ke Grand Line, semua kru rekrutan Luffy adalah manusia “normal.” Namun, setelah Luffy berada di Grand Line, hampir semua rekrutannya adalah manusia yang tidak biasa. Robin adalah pengguna buah iblis, Jinbe adalah manusia ikan, Franky adalah robot/cyborg, Brook adalah manusia tengkorak, dan Chopper adalah rusa manusia.

Mungkin ini membuktikan bahwa di Grand Line ada beragam jenis karakter atau makhluk hidup. Lalu, apakah Luffy akan kembali merekrut kru baru? Apakah beberapa karakter yang terlibat di pertempuran Onigashima yang banyak diprediksi akan bergabung dengan Luffy akan benar terjadi? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya di chapter selanjutnya!