Setelah lebih dari satu dekade berlalu sejak film pertamanya dirilis, sekuel Avatar yang berjudul resmi Avatar: The Way of Water akhirnya akan dirilis pada akhir tahun 2022 ini. Masih disutradarai oleh penciptanya, James Cameron, film keduanya ini akan melanjutkan kisah petualangan Jake Sully di Planet Pandora, yang kali ini sudah mempunyai keluarga kecil bersama Neytiri dan memilih tinggal bersama suku Na’vi pesisir pantai, Metkayina, di mana mereka berusaha untuk bertahan hidup dan saling melindungi satu sama lain.

Masih bersama para jajaran pemeran lamanya, film Avatar: The Way of Water akan kembali dimeriahkan oleh Sam Worthington sebagai Jake Sully, Zoe Saldaña sebagai Neytiri, CCH Pounder sebagai Mo’at, Stephen Lang dan Sigourney Weaver untuk peran yang masih dirahasiakan, bersama para pemeran baru seperti Kate Winslet, Cliff Curtis, Brendan Cowell, Michelle Yeoh, Oona Chaplin, Vin Diesel, dan masih banyak lagi. Setelah penantian yang sangat panjang, akhirnya 20th Century Studios sebagai studio yang menaungi waralabanya baru saja merilis trailer perdana Avatar: The Way of Water.

Berdasarkan apa yang terlihat di trailer perdana ini, cukup jelas bahwa kualitas visual Avatar: The Way of Water jauh lebih baik dari film perdananya yang dirilis sekitar 12 tahun lalu. Bukan hanya kombinasi CGI dan para aktornya saja yang berhasil memukau para penggemar, tetapi juga gambaran lingkungannya yang tampak hidup dan juga indah. Selain memperlihatkan Jake dan Neytiri yang sudah tampak sedikit ‘menua’, trailernya juga telah mengungkap banyak karakter serta keadaan baru dari para Na’vi dan manusia.

Tampaknya manusia yang sebelumnya telah diusir dari planet Pandora, telah menemukan cara untuk kembali dengan armada yang jauh lebih besar. Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, para manusia sepertinya masih menjalankan project Na’vi, di mana mereka memindahkan kesadaran manusia pada avatar Na’vi agar bisa lebih berbaur dengan lingkungan Pandora. Selain para manusia yang mengembangkan project Na’vi, di trailernya juga terlihat ada seorang manusia misterius yang berbaur bersama suku asli Metkayina.

Manusia tersebut adalah anak angkat Jake yang bernama Javier Socorro (Jack Champion), di mana dia hidup berdampingan bersama anak kandung Jake dan Neytiri, seperti Neteyam (Jamie Flatters), Lo’ak (Britain Dalton), dan Tuktirey (Trinity Bliss). Kita lihat saja nanti bagaimana upaya Jake dalam melindungi keluarga kecilnya ini, saat film Avatar: The Way of Water dirilis di bioskop pada 16 Desember 2022.