Stephen Strange alias Doctor Strange adalah salah satu supehero senior dari Marvel Universe yang telah melakukan debutnya sejak tahun 60-an. Dan setelah lima puluh tahun berlalu sejak debut komiknya tersebut, pada akhirnya Strange mendapatkan kesempatan untuk tampil di Fase 3 Marvel Cinematic Universe bersama superhero lain. Dan di Fase 4 MCU, Doctor Strange baru saja kembali dengan film solo keduanya, Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang saat ini tengah tayang di bioskop seluruh dunia.

Di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness sendiri, Strange (Benedict Cumberbatch) secara tidak sengaja bertemu dengan karakter baru bernama America Chavez (Xochitl Gomez), yang tengah diburu oleh para monster karena kekuatan supernya yang bisa membuka portal multiverse. Kemudian untuk menyelamatkan remaja spesial tersebut, Strange memutuskan berbicara kepada Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen) dan mengatakan “Saya bisa saja meminta bantuan Avengers.” Kalimat tersebut seakan-akan mengindikasikan bahwa dia bukan bagian dari tim terbaik Bumi tersebut.

Di berbagai kisah Marvel, Doctor Strange memang sudah cukup sering terlibat dalam petualangan Avengers, tetapi keterlibatannya di MCU sendiri sepertinya hanya bersifat sementara. Meskipun dia terlibat dalam peristiwa besar Avengers, sepertiĀ Avengers: Infinity War dan Endgame, hal tersebut sama sekali tidak mengonfirmasi secara resmi bahwa Strange memang menjadi bagian dari tim super tersebut. Berbeda dengan para anggota resmi Avengers di film The Avengers dan Age of Ultron yang memang sejak awal bersama tim, Strange justru tidak sengaja terlibat dalam pertarungan melawan Thanos.

Ketika Ebony Maw dan Cull Obsidian menginvasi Bumi, Doctor Strange yang berada di Sanctum Sanctorum tidak sengaja bertemu dengan Bruce Banner dan Iron Man karena dirinya tengah diburu oleh Black Order yang menginginkan Time Stone. Sejurus kemudian dia akhirnya berhasil ditangkap oleh Ebony yang membawanya ke planet Titan, pada titik inilah petualangan Strange dan Avengers bersinggungan, karena sama-sama bertarung dengan Thanos yang ingin menghapus setengah kehidupan di alam semesta.

Meskipun banyak yang berharap Strange dapat menjadi pemimpin Avengers berikutnya, khususnya setelah kepergian Iron Man, Captain America, dan Black Widow, tetapi Cumberbatch sendiri menampik keinginan penggemar tersebut dengan mengatakan bahwa karakternya bukan bagian dari Avengers. “Dia ada di sana karena ingin melindungi realitas Avengers dengan cara yang berbeda dari apa yang telah mereka lakukan, sampai akhirnya semuanya bersinggungan di dua film terakhir Avengers,” kata Cumberbatch kepada KCRW. “Sebagai orang dewasa dia hanya perlu bertana, tetapi hanya pada saat itu saja.”

Berdasarkan pernyataan dari pemerannya langsung, sudah cukup jelas bahwa sejak awal Strange hanya ‘membantu’ Avengers ketika dibutuhkan, sedangkan tempat aslinya berada di Kamar-Taj bersama para Masters of the Mystic Arts. Sebagai gantinya, Strange mungkin akan mendirikan tim super lain yang terinspirasi dari kelompok Illuminati di Earth-838. Illuminati yang muncul di film Multiverse of Madness telah memperlihatkan upaya mereka dalam melindungi semesta dari peristiwa Incursion, untuk menghindari persitiwa tabrakan antar universe tersebut, Strange mungkin akan mendirikan Illuminati versi Earth-616.

Selain itu, Strange juga mungkin mempunyai rencana yang jauh lebih besar untuk melindungi Earth-616 dari ancaman multiverse, bersama Sorcerer Supreme Wong (Benedict Wong) danĀ America Chavez yang sekarang menjadi murid Mystic Art di Kamar-Taj. Itulah pembahasan mengapa Doctor Strange tidak bergabung dengan Avengers, karena sejak awal dia sudah bersama para ahli Mystic Art untuk melindungi universe dari segala ancamannya. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Apakah dia lebih baik bergabung dengan Avengers atau tetap seperti ini dan mendirikan tim super lain?