Di universe Naruto shinobi bukan hanya mereka yang turun ke medan pertempuran. Ada juga beberapa klasifikasi yang diperkenalkan dalam ceritanya seperti Anbu, Jonin, dan sebagainya. Para shinobi tersebut ditempatkan sesuai dengan kemampuan mereka. Dan salah satu klasifikasi yang cukup banyak dikenal adalah ninja medis. Para shinobi memang diberkahi chakra yang melimpah, tetapi tidak semuanya bisa menjadi ninja medis.

Untuk bisa menjadi seorang ninja medis yang baik, seorang shinobi harus memiliki pengendalian chakra yang luar biasa dan juga kecerdasan. Meskipun dalam universe Naruto ninja medis tidak terlalu banyak, namun peran mereka sangat penting. Berikut adalah para ninja medis yang paling hebat di universe Naruto.

Rin Nohara

Rin merupakan salah satu Kunoichi yang memiliki tekad kuat untuk bisa melindungi desa Konoha. Bahkan, baginya desa Konoha jauh lebih penting dari nyawanya. Rin sendiri diperlihatkan mengorbankan nyawanya disaat dia masih menjadi seorang Chunin, yang mana banyak membuat fans menyayangkan hal tersebut. Rin merupakan seorang petarung yang baik, dengan kemampuan Taijutsu yang luar biasa.

Di medan pertempuran, misi utama dari Rin sebagai seorang ninja medis adalah memberikan dukungan terhadap rekan-rekannya. Ketika kakashi harus menanam Sharingan pemberian Obuto, diperlukan sebuah ninja medis yang berpengalaman dan prosedur yang sempurna. Namun, Rin mampu melakukannya dengan peralatan medis sederhana dan waktu yang singkat.

Sumire Kakei

Mantan anggota dari Team 15, Sumire Kakei adalah seorang Kunichi yang sangat handal dari desa Konoha. Dia berada di kelas yang sama dengan Boruto. Mirei adalah seorang ninja yang sangat berbakat dan memiliki kemampuan yang luar biasa. Meskipun begitu, saat ini Sumire merupakan salah satu ninja medis yang cukup baik.

Sumire kemudian dipindahkan ke divisi ilmu pengetahuan bersama dengan Katasuke. Sumire memang sekarang tidak lagi bertarung, atau jarang sekali diperlihatkan bertarung. Dia lebih sering menjadi asisten dari Katasuke. Meskipun levelnya belum pada tahap yang luar biasa sebagai ninja medis, namun Sumire memiliki potensi besar pada masa yang akan datang.

Ino Yamanaka

Ino sebenarnya adalah salah satu karakter utama dalam franchise ini. Ino adalah saingan dari Sakura, meskipun mereka juga sebenarnya berteman. Ino sendiri memiliki kekuatan yang sangat luar biasa. Namun, sayangnya, kekuatan yang dahsyat tersebut tidak pernah dipergunakan secara baik dalam ceritanya. Meskipun begitu, Ino dipercaya untuk menjadi kepala tim sensor Konoha.

Dan di bawah pengawasan Tsunade, dia dan Sakura kemudian belajar menjadi seorang ninja medis. Kemampuan medis dari Ino sebagai seorang ninja medis membuat dia mampu menganalisis luka dengan hanya melihatnya. Dia juga selalu membawa senjata anastesi yang akan membantunya dalam pertarungan.

Shizune

Menjadi bawahan sekaligus murid dari Tsunade, Shizune mempelajari banyak hal dari sosok Tsunade dan mempraktikannya dengan gayanya sendiri. Kemampuannya dalam hal medis membuat Jiraiya yakin bahwa dia bisa mengalahkan bawahan dari Orochimaru, yaitu Kabuto Yakushi.

Dengan pengendalian chakra yang luar biasa, Shizune bisa melakukan Healing Resuscitation Regeneration Technique. Teknik tersebut membutuhkan ketepatan dan juga stabilitas, di mana satu kesalahan kecil bisa menghasilkan sebuah bencana besar. Saat perang besar shinobi keempat, berkat kemampuan medisnya dia banyak menyelamatkan nyawa aliansi shinobi dan dia juga yang memimpin tim medisnya.

Karin Uzumaki

Karin diperkenalkan kepada para fans Naruto sebagai salah satu bawahan dari Orochimaru, yang kemudian memilih untuk bergabung dengan Uchiha Sasuke dalam petualangannya. Karin juga merupakan seorang ninja sensor yang dahsyat, di mana dia mampu mendeteksi keberadaan seseorang hanya dengan melihat sedikit bagian chakra mereka.

Berbeda dengan ninja medis pada umumnya yang menggunakan teknik Mystic Palm untuk menyembuhkan luka, Karin bisa menyembuhkan dan merawat luka dengan membiarkan mereka menggigitnya dan menyerap darahnya. Hal ini pernah diperlihatkan ketika Karin berhasil mengembalikan chakra Tsunade.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2