Sukses dengan penayangan tiga season perdananya, serial Stranger Things dipastikan akan segera melanjutkan kisahnya dengan Season 4 yang akan dirilis pada tahun ini. Diciptakan oleh Duffer Brothers (Matt dan Ross Duffer), Season keempatnya akan kembali dimeriahkan oleh Millie Bobby Brown sebagai Eleven, Finn Wolfhard sebagai Mike, Gaten Matarazzo sebagai Dustin, Caleb McLaughlin sebagai Lucas, Noah Schnapp sebagai Will, Sadie Sink sebagai Max, dan David Harbour sebagai Jim Hopper.

Berlangsung sekitar enam bulan setelah tragedi berdarah di Starcourt Mall yang menewaskan kakak Max bernama Billy (Dacre Montgomery), serial ini secara mengejutkan akan kembali menghadirkan karakter Jim. Padahal sebelumnya banyak penggemar dan juga para karakter di dalam serialnya, yang menganggap Jim sudah tewas setelah melakukan pengorbanan heroik di akhir Season 3, di mana dia membantu ibu Will yang bernama Joyce Byers (Winona Ryder) menutup portal yang menghubungkan dunia nyata dan dunia lain, Upside Down.

Keterlibatan Jim di Season 4 nanti, telah memicu pertanyaan para penggemar yang penasaran “bagaimana dia bisa selamat dari peristiwa sebelumnya dan kembali di Season 4?” Berdasarkan apa yang terlihat di teaser dan posternya, Jim terlihat dalam keadaan hidup sebagai tahanan dan tengah bekerja di sebuah daerah bersalju, di mana dia terlihat bersama tahanan lain yang dipaksa untuk memasang rel kereta api. Tidak lama setelah penampilannya terungkap, Jim dikonfirmasi tengah berada di Kamchatka, Rusia, sebagai orang yang kemungkinan akan menghadapi ancaman dari manusia dan juga makhluk gaib.

Meskipun plot tentang bagaimana cara Jim kembali masih dirahasiakan, ada kemungkinan sejak awal dia memang tidak mati, melainkan masuk atau terlempar ke Upside Down saat akan menutup portal di Season 3. Dalam prosesnya, Jim sepertinya akan tersesat di Upside Down untuk beberapa waktu sampai akhirnya dia melihat sebuah portal lain yang menganga. Entah dia keluar dengan sendirinya atau ditarik oleh para tentara Rusia yang akan menawannya, yang jelas portal tersebut kemungkinan menghubungkan Upside Down dengan sebuah lokasi misterius di Kamchatka, Rusia.

Teori lainnya, mungkin saja Jim sebenarnya selamat dari ledakan dan pingsan. Rusia yang mengetahui bahwa Jim adalah orang yang telah membuat laboratoriumnya rusak, langsung membawanya ke Rusia. Seperti yang terlihat di mid-credit Season 3, di mana Jim terlihat ditawan di Russia, dan melihat bagaimana para tentara Rusia menjadikan tahanan mereka sebagai makanan Demogorgon.

Terlepas dari teori mana yang benar-benar akan terjadi, Jim tidak punya pilihan lain selain menuruti perintah para tentara Rusia yang akhirnya memaksa dia melakukan kerja paksa. Dengan penampilan barunya yang terlihat botak dan berewokan, mungkin Jim akan berusaha mencari cara agar dirinya bisa pulang atau setidaknya mengirim sinyal ke Amerika agar anak-anak Hawkins dan para sahabatnya menyadari bahwa dia masih hidup dan membutuhkan pertolongan. Itulah mengapa di trailernya Joyce tiba di sebuah lokasi bersalju bersama Murray Bauman.

Joyce yang percaya bahwa Jim masih hidup, sepertinya akan memaksa Murray alias Bald Eagle (Brett Gelman) untuk menyelamatkan ayah angkat Eleven tersebut di Rusia. Untuk tentara Rusia yang menawan Jim sendiri sepertinya mengetahui rahasia tentang Upside Down seperti Amerika, dan akan mencoba untuk menguasai kekuatan misterius di dalamnya. Karena hal tersebutlah, Jim, Joyce, dan Murray yang nantinya berhasil berkumpul, akan menghadapi ancaman dari para tentara Rusia dan juga monster dari Upside Down secara bersamaan.

Duffer Brothers dan David Harbour sebagai pemeran Jim Hopper, sebelumnya juga sempat mengonfirmasi bahwa akan ada ‘sesuatu’ yang menghubungkan semua kisah protagonisnya. Dan ‘sesuatu’ yang masih misterius tersebut kemungkinan akan menjadi elemen penting yang pada akhirnya mempertemukan Jim dengan Eleven di suatu lokasi. Itulah pembahasan bagaimana Jim bisa kembali di Season 4, setelah lolos dari kematian di final Season 3. Mari kita buktikan kebenarannya di serial Stranger Things Season 4 Vol. 1 yang akan tayang perdana di Netflix pada tanggal 27 Mei besok.