Doctor Strange 2, atau yang berjudul resmi Doctor Strange in the Multiverse of Madness, adalah film terbaru Marvel Cinematic Universe yang petualangan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) di Multiverse Marvel. Bersama karakter America Chavez (Xochitl Gomez) yang bisa membuka portal multiverse, Strange mengunjungi sebuah universe alternatif yang disebut Earth-838. Dan di universe ini, mereka bertemu dengan Illuminati yang terdiri dari banyak karakter menarik.

Illuminati dari Earth-838 ini digambarkan sebagai Avengers versi universenya yang mengalahkan Thanos dan berhasil menyelamatkan dunia. Adapun para karakter yang menjadi anggotanya di antara lain adalah varian Doctor Strange (Cumberbatch) yang diceritakan telah mati, Karl Mordo (Chiwetel Ejiofor), Blackagar Boltagon (Anson Mount), Captain Carter (Hayley Atwell), Professor X (Patrick Stewart), Captain Marvel (Lashana Lynch), dan terakhir karakter yang paling mengejutkan sekaligus menggembirakan, yaitu Reed Richards alias Mister Fantastic (John Krasinski) dari Fantastic Four.

Ketika Strange dan Chavez ditangkap oleh Illuminati karena dianggap sebagai ancaman bagi Earth-838, Illuminati tidak sadar bahwa ancaman sebenarnya adalah Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) yang melakukan dreamwalking ke Earth-838 untuk mengejar America Chavez. Ketika Wanda Earth-838 yang dikendalikan melalui sihir dreamwalking Scarlet Witch menghadapi para Illuminati, tanpa basa-basi dia langsung membunuh Black Bolt.

Reed yang menyadari situasinya, kemudian mencoba untuk bernegosiasi dengan Scarlet Witch dengan mengatakan bahwa dia mengerti perasaannya karena sama-sama mempunyai ‘anak’. Sayangnya, Scarlet Witch tidak mendengarkannya dan langsung membunuh Reed dengan cara yang sangat kejam. Meskipun tidak disebutkan siapa anak yang dia maksud, tetapi di Marvel Comics sendiri, Reed mempunyai seorang anak yang sangat populer dan terkenal karena kekuatannya yang maha dahsyat, dia adalah Franklin Richards.

Diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby, Franklin melakukan debutnya di komik Fantastic Four Annual #6 yang dirilis pada tahun 60-an. Sebagai anak muda berhati lugu, dia diceritakan lahir sebagai seorang mutan yang mendapatkan kekuatan kosmik turunan dari orang tuanya, Reed dan Sue Storm alias Invisible Woman dari Fantastic Four. Sejak awal kemunculannya, Franklin digambarkan sebagai seorang pengubah realitas yang kemampuannya bahkan bisa membuat Scarlet Witch seperti tidak ada apa-apanya.

Di Marvel Comics sendiri, saat dirinya masih kecil, Franklin diceritakan bisa menciptakan sebuah ‘baby universe’ dengan semua kehidupan di dalamnya, kemampuan ini membuatnya langsung dianggap setara dengan entitas kosmik. Karakter super kuat seperti Galactus dan para celestial, bahkan mengakui Franklin mempunyai kemampuan setara dengan mereka, di mana hal tersebut makin mengukuhkannya sebagai karakter terkuat di Marvel Universe. Untungnya, karena dia mempunyai kedua orang tua yang sangat heroik, ketika beranjak dewasa, Franklin memutuskan untuk menjadi bagian dari Fantastic Four.

Jika benar anak Reed yang bernama Franklin eksis di Earth-838, bukan tidak mungkin kehadirannya akan menjadi kekuatan sekaligus ancaman bagi multiverse sendiri. Apalagi dengan kenyataan bahwa Reed dibunuh secara mengenaskan, karena terlibat konflik yang terjadi antara para karakter dari Earth-616, Franklin yang masih belum mengerti apa-apa mungkin akan mengamuk dan menyebabkan multiverse ‘berguncang’ dengan kekuatannya.

Dengan jagat sinematik yang bertumbuh makin besar, bukan tidak mungkin Franklin yang telah dewasa akan kembali muncul pada masa depan MCU dengan motivasi yang sangat berbahaya bagi para superhero utama di Earth-616. Franklin bisa saja memanggil entitas kosmik seperti Galactus, mirip seperti kisahnya di Marvel Comics, untuk memakan Bumi di universe utama. Sebagai sosok yang masih belum diketahui keberpihakannya di MCU, Franklin dan kekuatannya dapat menjadi siapa pun yang dia mau, baik superhero maupun supervillain. Hanya waktu yang bisa menjawabnya, kita nantikan saja ya, Geeks!