Film Doctor Strange 2 alias Doctor Strange in the Multiverse of Madness adalah salah satu tayangan Marvel Cinematic Universe yang sudah dinanti sejak lama oleh para penggemar. Sebelum perilisan filmnya pada tanggal 5 Mei kemarin, Marvel Studios sendiri telah merilis banyak sekali konten promosi, dari mulai poster sampai video yang dianggap terlalu banyak memperlihatkan isi dari filmnya. Menariknya, jika dibandingkan dengan apa yang telah ditayangkan di video trailer atau teasernya, ternyata ada juga beberapa adegan yang justru tidak muncul di filmnya. Berikut enam adegan yang dihapus dari Doctor Strange 2!

Mimpi Berulang Doctor Strange

Di awal trailer perdana film sekuelnyaDoctor Strange sempat mengatakan, “Setiap malam, Saya memimpikan sesuatu yang sama, dan kemudia mimpi buruk dimulai.” Kemudian di video teaser yang berjudul ‘Dream’, kalimat tersebut diulang lagi dengan suara yang tumpang tindih antara Strange dan Wanda, di mana membuat kengerian di filmnya menjadi lebih terasa. Namun, apa yang diperlihatkan di filmnya, justru hanya Wanda saja yang mengalami hal tersebut, di mana dia bermimpi dirinya hidup bahagia dengan anak-anaknya di universe lain.

Penyesalan Setelah Membuka Portal Multiverse 

Sebelum tampil dengan film solo keduanya, Strange sempat lebih dahulu membantu Peter Parker di film Spider-Man: No Way Home untuk membuat dunia melupakan identitasnya. Namun, mantra yang dirapal untuk membantu manusia laba-laba MCU tersebut justru malah membuka portal multiverse dan menarik banyak karakter dari waralaba Spider-Man lain ke MCU. Meskipun masalah tersebut pada akhirnya berhasil diatasi, tetapi di trailer Doctor Strange 2 ada sebuah cuplikan di mana Wong membahas peristiwa di No Way Home dan menyalahkan Doctor Strange. Sama seperti adegan mimpi berulang, percakapan antara Strange dan Wong di trailer tampaknya dihilangkan dari filmnya.

Sinister Strange Mengatakan “Things Just Got Out Of Hand”

Saat trailer perdananya dirilis, banyak penggemar yang mengira bahwa Sinister Strange atau varian jahat Doctor Strange adalah sosok villain utama di filmnya. Hal tersebut disebabkan karena saat dia muncul perdana di trailernya, Sinister mengatakan “Things just got out of hand,” yang sepertinya diarahkan pada Strange utama. Adegan tersebut sama sekali tidak ada di filmnya, sebagai gantinya, Mister Fantastic (John Krasinski) dari Earth-838 menceritakan bahwa Strange di universenya hampir menyebabkan incursion karena merasa “things had gotten out of hand,” atau “segalanya sudah berada di luar kendali,” sehingga dia memutuskan untuk menggunakan buku terkutuk Darkhold.

Wanda Mengatakan “This Is Going To Be Fun”

Sama seperti adegan Sinister Strange di trailenya, percakapan ketika Wanda mengatakan “This is going to be fun,” atau “ini akan menyenangkan,” kepada Strange ternyata dihapus juga dari filmnya. Saat pertama kali terdengar, kalimat ini seakan-akan mengindikasikan bahwa Wanda akan melakukan petualangan heroik di multiverse bersama Strange. Namun, pada kenyataannya Wanda adalah villain di filmnya yang justru menghalangi petualangan Strange dan America Chavez. Alasan mengapa kalimatnya dihilangkan mungkin karena sejak awal kalimat heroik tersebut dimaksudkan untuk mengecoh para penggemar.

Strange Melihat Incursion Sendirian

Di trailernya, ketika Strange pertama kali melihat sebuah universe yang mengalami incursion, dia terlihat keluar dari sebuah gerbang dan melihat peristiwa tersebut sendirian. Sedangkan di filmnya adegan ini diganti dengan Strange yang keluar gerbang bersama Christine dari Earth-838, di mana hal tersebut bisa terjadi setelah mereka berdua terlempar melalui portal multiverse yang tidak sengaja dibuat oleh America Chavez. Sama seperti adegan Wanda yang mengatakan “ini akan menyenangkan,” adegan di trailernya ini mungkin untuk mengecoh para penggemar agar tidak ada yang menyangka peran besar Christine dalam petualangan final Strange di filmnya.

Itulah enam adegan yang tidak muncul di film Doctor Strange 2. Meskipun berbagai konten promosi dari video trailer dan teaser mengulang-ngulang sebagian besar adegan di daftar ini, tetapi pada akhirnya adegan tersebut sama sekali tidak terlihat di filmnya. Berdasarkan kejadian ini, sepertinya mulai dari sekarang kita tidak boleh terlalu percaya dengan apa yang terlihat di trailer tayangan MCU, karena ketika waktu rilisnya tiba, mungkin Marvel Studios telah mengubah atau menyesuaikannya dengan adegan film yang sebenarnya.