Superman adalah salah satu karakter superhero yang populer, dan juga memiliki basis penggemar yang besar di seluruh dunia. Sosok yang bernama Clark Kent alias Kal-El ini telah berulang kali diperankan oleh berbagai aktor mulai dari Christopher Reeve, yang sangat ikonik, Brandon Routh, hingga Henry Cavill, yang memimpin kelompok Justice League dalam semesta DC Extended Universe (DCEU).

Berperan menjadi sosok Man of Steel tersebut tentunya didambakan oleh banyak aktor. Superman sendiri adalah karakter yang cukup unik, dan juga kompleks. Para aktor harus memainkan Clark Kent sebagai anak petani sederhana yang bingung dengan jati dirinya, dan juga memerankan seorang superhero yang melambangkan simbol kepahlawanan Amerika. Sejauh ini, ketiga nama aktor di atas sudah memainkan peran Superman dengan sangat baik lewat versinya masing-masing.

Dalam franchise film Superman, beberapa aktor pun hampir saja mendapatkan kesempatan untuk berperan sebagai manusia super tersebut. Lewat proses casting yang tidak mudah, studio film tentunya mencoba menemukan aktor yang tepat untuk memerankan sosok “The Last Son of Krypton” ini. Nah, berikut adalah daftar 7 aktor Hollywood yang nyaris berperan sebagai Superman.

Arnold Schwarzenegger

Pada proses pengembangan film Superman pertama yang rilis tahun 1978, sutradara Richard Donner, dan produser Pierre Spengler, melakukan proses casting di Hollywood untuk menemukan aktor yang akan memerankan sosok Clark Kent. Dalam proses casting itu, aktor Arnold Schwarzenegger adalah salah satu nama yang dipertimbangkan untuk berperan sebagai Superman.

Namun sayangnya, piihan jatuh kepada aktor Christopher Reeve untuk peran tersebut. Reeve kemudian menjadi aktor yang paling ikonik dalam memerankan sosok Clark Kent, dan ia memainkannya dalam tiga film berikutnya mulai dari Superman II (1981), Superman III (1983), dan Superman IV: The Quest for Peace (1987).

Will Smith

Selama pra-produksi di film Superman Return (2006), studio film pernah menawarkan peran Clark Kent kepada Will Smith. Namun, Smith ragu-ragu untuk mengambil peran itu setelah dirinya pernah memainkan karakter ras kaukasia dalam film Wild Wild West (1999). Aktor Brandon Routh kemudian mendapatkan peran sebagai Superman dalam film tersebut.

Pada tahun 2016, Smith bergabung dalam projek DC Extended Universe (DCEU) dengan bermain di film Suicide Squad karya David Ayer. Di film itu, Smith memerankan karakter Floyd Lawton alias Deadshot yang merupakan salah satu anggota berbahaya dalam kelompok Task Force X.

Christian Bale

Di tahun 2016, sutradara Zack Snyder membuat film Batman v Superman: Dawn of Justice dengan Henry Cavill sebagai Clark Kent. Jauh sebelum film itu dirilis, sutradara Joseph McGinty Nichol alias McG sedang mengembangkan film yang sama, Batman v Superman, di bawah arahannya. Ia lalu ingin memilih aktor Christian Bale untuk berperan sebagai sosok manusia super tersebut.

Namun, McG keluar dari proses pengembangan film Batman v Superman buatannya, dan memlih untuk mengerjakan film Charlie’s Angles: Full Throttle. Bale pun batal menjadi Superman, dan ia malah sukses memerankan Bruce Wayne dalam trilogi The Dark Knight garapan Christopher Nolan.

Joe Manganiello

Saat Zack Snyder pertama kali mulai mengerjakan film Man of Steel, ia mendiskusikan peran Superman dengan aktor Joe Manganiello. Namun, Manganiello tidak dapat menerima peran itu untuknya karena dirinya sedang terlibat dengan membintangi serial drama fantasi horor berjudul True Blood.

Bertahun-tahun kemudian, Manganiello berperan memainkan karakter Deathstroke dalam DC Extended Universe (DCEU). Sayangnya, ia hanya muncul di adegan pasca-kredit pada film Justice League Snyder Cut.

Nicholas Cage

Sutradara Tim Burton, dan penulis naskah Kevin Smith berencana membuat sebuah film yang berjudul Superman Lives. Burton lalu memilih aktor Nicolas Cage untuk memerankan sosok Superman, dan ia pun telah melakukan tes kostum untuk memainkan peran tersebut. Akan tetapi, projek film itu berhenti di tengah jalan, dan terbengkalai begitu saja tanpa sebab yang pasti.

Mirisnya, Cage yang sudah sangat siap sebagai Clark Kent harus menunda keinginannya untuk menjadi Superman. Prose projek film tersebut akhirnya dibuat dalam sebuah dokumenter yang berjudul The Death of “Superman Lives”: What Happened? yang rilis pada tahun 2015 silam.

Henry Cavill (Dalam Superman Returns)

Henry Cavill memang berperan sebagai Superman ketika Zack Snyder memilihnya untuk membintangi Man of Steel di tahun 2013 lalu. Tetapi, bertahun-tahun sebelumnya saat Superman Returns sedang dalam pengembangan, Cavill berkesempatan untuk memainkan Clark Kent lebih awal.

Kini, Cavill menjadi salah satu aktor yang cukup berkesan dalam berperan sebagai Superman. Apalagi, ia bergabung dengan kelompok Justice League di semesta superhero yang sedang dibangun oleh DC Films dan Warner Bros dalam DCEU.

Matthew Bomer

Henry Cavill ternyata bukan satu-satunya aktor yang masuk rekomendasi untuk mendapatkan peran Superman di Man of Steel. Para produser awalnya menjadikan Matt Bomer sebagai pilihan utama mereka. Namun, Cavill nampaknya lebih mampu memberikan kesan yang kuat kepada Zack Snyder, yang kemudian memilihnya secara langsung.

Matt Bomer sendiri sebelumnya telah menjadi pengisi suara Clark Kent dalam film animasi Superman: Unbound (2013). Ia kemudian bermain sebagai karakter Negative Man dalam serial DC yang berjudul Doom Patrol.

Itulah para bintang Hollywood yang hampir saja mendapatkan peran Superman. Diantara aktor tersebut, hanya Henry Cavill yang akhirnya benar-benar terpilih kembali di tahun 2013 untuk memerankan Superman di film Man of Steel, sementara aktor lainnya tidak memiliki kesempatan yang sama. Tetapi karena nasib Henry Cavill sebagai Superman sudah berakhir di DCEU, para aktor tersebut berpeluang kembali terpilih sebagai Superman.