Dalam franchise Naruto, penggunaan Jutsu oleh para shinobi merupakan sesuatu yang lumrah untuk dilakukan dan dipelajari. Ada banyak Jutsu yang diperkenalkan dan digunakan para shinobi. Namun, ada juga Jutsu yang tidak bisa sembarangan digunakan atau dipelajari yang disebut sebagai Kekkei Genkai atau yang biasa juga disebut sebagai Bloodline Limits (kekuatan berdasarkan garis keturunan).

Kekkei Genkai merupakan sebuah kemampuan yang sangat dahsyat di mana hanya beberapa orang/klan tertentu yang bisa menggunakan Jutsu tersebut. Salah satu contohnya adalah bagaimana klan Otsutsuki memiliki banyak Kekkei Genkai yang kemudian diwariskan kepada sesama klannya dan juga keturunnya. Lalu, apa saja Kekkei Genkai yang dimiliki oleh klan Otsutsuki?

Byakugan

Byakugan merupakan salah satu dari tiga Doujutsu atau Jutsu mata terkuat di franchisenya. Byakugan diketahui hanya dimiliki oleh klan Hyuga saja. Sebagai keturunan langsung dari klan Otsutsuki, bagi klan Hyuga Doujutsu ini sudah menjadi kemampuan yang diturunkan dan diwariskan secara turun-temurun. Pengguna dari Byakugan mampu memiliki penglihatan hampir 360 derajat.

Satu-satunya area yang tidak bisa terlihat oleh Byakugan adalah pada bagian belakang leher. Byakugan juga mampu melihat ke dalam hampir semua objek dan juga mampu melihat semuanya dari jarak yang sangat jauh. Selain itu, Byakugan juga mampu memeriksa seluruh bagian dari tubuh manusia, serta memfokuskan diri pada sebuah benda kecil di sebuah tempat yang luas.

Byakugan juga mampu melihat aliran chakra dari saluran chakra dalam tubuh, yang mana hal inilah yang kemudian membuat klan Hyuga terkenal akan serangan Gentle Fist Style – kemampuan untuk menyerang titik-titik aliran chakra di tubuh seseorang. Byakugan juga mampu melihat sebuah genjutsu, namun berbeda dengan Sharingan, Byakugan tidak memiliki kemampuan untuk menahan serangannya.

Sharingan

Doujutsu ini menjadi Kekkei Genkai bagi klan Uchiha. Kemampuan Sharingan sendiri awalnya bermula dari Rinne Sharingan milik Kaguya Otsutsuki. Namun, bentuk Sharingan yang berbeda pertama kali ditunjukan oleh Indra Otsutsuki. Berbeda dengan Byakugan – yang hampir semua keturunannya memiliki mata ini – Sharingan hanya dimiliki oleh sebagian dari anggota klan saja.

Untuk membangkitkan Sharingan, seorang Uchiha harus mengalami trauma atas kejadian tragis yang terkait dengan orang yang dia sayangi. Otak mereka kemudian akan melepaskan sebuah bentuk chakra special yang mempengaruhi bagian penglihatannya, dan kemudian mengubah mata tersebut menjadi Sharingan.

Ada tiga kemampuan utama yang dimiliki oleh Sharingan, yaitu meningkatkan kemampuan penglihatan gerak (kinetic vision), kemampuan untuk menganalisa dan menirukan berbagai gerakan, justu, juga genjutsu. Ketika seorang pengguna Sharingan mengalami sebuah kejadian yang lebih emosional dan traumatis, Sharingannya akan kemudian berkembang menjadi Mangekyou Sharingan.

Mangekyou Sharingan

Mangekyou Sharingan sendiri adalah sebuah bentuk sempurna dari Sharingan, meskipun kemampuan dari Mangekyou Sharingan sendiri sangat berbeda-beda setiap orangnya. Beberapa diantaranya mampu membangkitkan api hitam Amaterasu, membangkitkan Susanoo, atau memiliki kemampuan multi-dimensi seperti Kamui dan genjutsu hebat seperti Kotoamatsukami.

Ketika seseorang menggunakan atau mengaktifkan Mangekyou Sharingan, tampilan bola matanya akan berubah dan berbeda dari Sharingan biasa. Selain berubahnya tampilan dari bola mata penggunanya, pengguna dari Mangekyou Sharingan juga akan memiliki sebuah kekuatan yang sangat dahsyat. Satu syarat utama yang harus dilakukan oleh mereka yang ingin membangkitkan kekuatan ini adalah dengan mengalami trauma emosional yang disebabkan oleh kematian yang dekat dengan calon penggunanya.

Tenseigan

Tenseigan merupakan kekkei Genkai yang dimiliki oleh klan Otsutsuki selanjutnya dan hanya beberapa orang saja dari klan tersebut yang diketahui memiliki kemampuan ini. Tenseigan diketahui bisa diaktifkan bila seseorang memiliki kemampuan Byakugan dan dipadukan dengan darah milik klan Otsutsuki. Sejauh ini, baru Hamura Otsutsuki dan Toneri Otsutsuki yang diketahui memiliki kemampuan Tenseigan.

Tidak diragukan lagi, kekuatan dari Tenseigan tentunya sangat luar biasa, meskipun ada beberapa elemen dari Tenseigan yang mirip dengan Rinnegan. Ketika Tenseigan diaktifkan, penggunanya bisa dengan mudah menghancurkan planet seperti bumi atau bulan bila memang mereka mau melakukannya. Belum banyak informasi yang diketahui mengenai Kekkei Genkai ini.

Teknik Pelepasan Kayu (Wood Release)

Salah satu karakter terkuat dari seluruh series Naruto, Hashirama Senju adalah Hokage pertama dari desa Konoha. Meskipun Hashirama diberkahi oleh kekuatan fisik yang kuat, kemampuan terbesarnya ada pada teknik Kekkei Genkai untuk teknik pelepasan elemen kayu. Bahkan, pada saat itu tidak ada shinobi lain yang memiliki teknik serupa selain Hashirama.

Selain itu ada lagi teknik eksklusif yang hanya bisa dilakukan olehnya saja, yaitu teknik True Several Thousand Hands, di mana Hashirama mengeluarkan ribuan tangan untuk menahan atau menyerangan musuhnya. Shinobi lain, seperti Yamato, mencoba untuk menirukan tekniknya tapi skala kekuatannya tidak bisa menyamai level Hashirama. Mengapa kemudian teknik ini diketahui menjadi Kekkei Genkai klan Otsutsuki, karena karakter seperti Momoshiki dan juga Asura Otsutsuki menggunakan tekniknya.

Jougan

Masih belum diketahui bagaimana asal-usul dari Jougan, tapi yang pasti Boruto secara tidak sengaja mengaktifkannya. Jougan sendiri akan aktif ketika Boruto fokus pada seseorang atau benda secara tidak sadar. Dengan jurus ini, Boruto mampu melihat pintu antardimensi dan kekuatan lainnya memiliki hubungan dengan klan Otsutsuki. Kemampuan dari Jougan sendiri merupakan gabungan antara Byakugan dan juga membaca emosi negatif dari Naruto.

Jougan juga merupakan salah satu doujutsu terkuat selain tiga Doujutsu mematikan yang populer (Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan). Kemampuan Doujutsu ini hanya dimiliki oleh satu orang saja, yaitu Boruto Uzumaki. Jougan dianggap sebagai salah satu Kekkei Genkai yang dimiliki oleh klan Otsutsuki berdasarkan beberapa bukti yang sudah dihadirkan dalam ceritanya. Misalnya, adanya kemiripan dengan mata Tenseigan milik Toneri. Serta, dalam ilustrasi dari dewa Otsutsuki diketahui Jougan menjadi mata yang mendominasi.

Rinnegan

Doujutsu Sharingan, selain bisa berkembang menjadi Mangekyo Sharingan, bisa juga berkembang menjadi Rinnegan. Untuk bisa mendapatkan mata Rinnegan maka seseorang harus mendapatkan chakra Hagoromo Otsutsuki atau menggabungkan Sharingan dengan sel Hahsirama. Rinnegan sendiri memiliki semua serangan dasar dari Sharingan, juga seluruh lima transformasi elemen alam serta kemampuan untuk membuka portal menuju dimensi lain.

Dalam beberapa kasus pengguna Rinnegan, seperti milik Momoshiki, Rinnegan bahkan bisa menyerap ninjutsu apa pun dan kemudian dikembalikan secara lebih kuat. Atau contoh lainnya adalah Urashiki, di mana Rinnegan miliknya bisa membuatnya kembali ke beberapa detik yang lalu. Pengguna Rinnegan juga akan bisa menggunakan berbagai teknik Six Paths; kemampuan memanipulasi kekuatan, menyatukan tubuhnya dengan benda atau hal lain, membaca pikiran orang lain sambil mencuri jiwanya, atau bahkan membangkitkan raja neraka.

Doujutsu Isshiki

Doujutsu milik Isshiki Otsutsuki ini termasuk dalam salah satu teknik terbaru yang dihadirkan dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Diketahui bahwa Doujutsu ini hanya dimiliki oleh Isshiki dan juga Kawaki, yang merupakan wadah milik Isshiki. Doujutsu ini bisa digunakan berkat kekuatan Karma dalam dirinya. Doujutsu ini memiliki keunikan dari segi desain pupilnya, yang membuat Doujutsu ini berbeda dari Rinnegan dan Sharingan atau Byakugan.

Doujutsu ini diketahui bisa membuat penggunanya mempraktikan dua teknik dahsyat. Pertama adalah Sukunahikona dan kedua adalah Daikokuten. Secara teknis, Doujutsu ini membuat Isshiki mampu mengecilkan benda tidak hidup apa pun menjadi seukuran mikroskopik. Benda-benda yang dikecilkan oleh teknik ini kemudian akan disimpan di sebuah dimensi, di mana Isshiki kapan pun bisa kembali menggunakannya.

Sedangkan Daikokuten pada dasarnya adalah kebalikan dari Sukunahikona, di mana Daikokuten mampu membuat ukuran benda yang dikecilkan oleh Sukunahikona kembali ke ukuran semula. Atau bahkan jika mau, penggunanya bisa memperbesar ukuran dari benda apa pun yang diinginkan oleh penggunanya. Misalnya memperbesar kotak-kotak yang disimpan oleh Isshiki saat pertarungan melawan Kashin Koji atau Naruto, Sasuke, dan Boruto.

Klan Otsutsuki dikenal sebagai klan yang sangat kuat. Mereka memiliki kemampuan dan kekuatan yang dahsyat, yang mana hal ini dibuktikan dalam berbagai Kekkei Genkai yang mereka miliki. Kekkei Genkai milik klan Otsutsuki ini ternyata sudah ada sejak lama, bahkan sejak seri Naruto masih berjalan. Menarik untuk melihat apakah Kishimoto akan memperkenalkan Kekkei Genkai lainnya dalam cerita.