Semenjak Kawaki diperkenalkan dalam cerita di seri Boruto: Naruto Next Generation dan menjadi bagian dari Team 7, sebagian fans merasakan bahwa peran dari Mitsuki kini mulai berkurang dan bahkan bisa dibilang menghilang. Hal ini bisa dilihat dalam cerita di manganya, terutama dalam beberapa chapter terakhir yang sudah “memisahkan” Boruto dan Team 7 lainnya.

Ceritanya justru kini lebih berfokus pada sosok Boruto dan Kawaki – serta Sumire. Berbicara mengenai Mitsuki, karakternya bisa dibilang memiliki potensi yang sangat besar yang sayangnya masih belum diperlihatkan dan dipergunakan secara baik oleh Kishimoto sejauh ini. Padahal, Mitsuki bisa menjadi salah satu karakter penting dalam ceritanya. Lalu, apa peran Mitsuki kedepannya? Bagaimana nasib dari Mitsuki selanjutnya?

Meningkatkan Kekuatan

Mitsuki adalah kloning buatan dari Orochimaru, yang mana Orochimaru menganggapnya sebagai anaknya sendiri. Karena itulah, Mitsuki bisa dibilang memiliki kekuatan yang hampir sama seperti Orochimaru – atau bahkan mungkin lebih kuat. Misalnya kemampuan mengendalikan ular, memanjangkan tubuhnya, dan juga penggunaan Jutsu elemen angin.

Meskipun keduanya memiliki kesamaan, tetapi bagaimana mereka bertarung cukup berbeda. Misalnya, seperti disebutkan sebelumnya, Mitsuki lebih sering menggunakan Jutsu elemen angin dibandingkan Orochimaru yang menggunakan elemen petir. Kemudian, Mitsuki juga tidak memiliki kemampuan regenerasi cepat seperti halnya Orochimaru serta kemampuan untuk berubah ke form ular.

Mitsuki mungkin memiliki banyak kekurangan, namun jika dibandingkan dengan shinobi dan juga Genin lainnya, Mitsuki jauh lebih kuat dan dahsyat. Mitsuki gagal dalam ujian Chunin karena dia terlambat datang ke arena pertarungan. Jika saja dia datang dan bertarung, Mitsuki mungkin akan menang dengan mudah melawan musuhnya.

Indikasi terbaik tentang kedahsyatan Mitsuki adalah bagaimana dia bisa menggunakan Sage Mode, yang meningkatkan kekuatan dan kecepatannya secara drastis. Sayangnya, Mitsuki masih belum menguasai teknik tersebut. Penggunaan yang tidak beraturan membuat tubuh Mitsuki rentan. Karena itulah, Orochimaru sering kali memperingatkan Mitsuki mengenai penggunaan Sage Mode.

Pada masa yang akan datang, kekuatan Mitsuki mungkin akan meningkat secara tajam. Mitsuki mungkin akan mempelajari teknik Sage Modenya dan kemudian menggunakan teknik tersebut tanpa perlu khawatir tubuhnya terluka atau rusak. Mitsuki juga mungkin pada akhirnya akan berhasil membuka potensi regenerasi dalam dirinya, sehingga dia bisa seperti Orochimaru. Jika kemudian hal ini terjadi, Mitsuki akan menjadi salah satu karakter terkuat di serinya.

Menemukan Arti Hidupnya

Karena Mitsuki adalah kloning, yang artinya dia bukanlah manusia asli, Mitsuki sering kali tidak yakin akan kehadirannya. Dia juga tidak yakin mengapa dia “dilahirkan.” Hal inilah yang coba untuk terus Mitsuki temukan dalam hubungannya dengan Team 7. Mitsuki juga sadar dengan statusnya sebagai anak dari Orochimaru.

Mitsuki takut jika kemudian dia memperlihatkan Sage Mode miliknya, maka orang-orang akan beranggapan negatif di mana mereka berpikir bahwa Mitsuki akan menjadi musuh bagi Konoha. Kedatangan dan diterimanya Mitsuki di Konoha atas keputusan Naruto sempat membuat para tetua desa Konoha skeptis. Tetapi, berbeda dengan karakter villain lainnya, Mitsuki sepertinya tidak akan berkhianat atau kabur dari desa.

Mitsuki sepertinya tidak suka dan tidak senang meninggalkan teman-temannya, karena Mitsuki begitu peduli terhadap Sarada dan Boruto. Bahkan, Mitsuki beberapa kali diperlihatkan rela mengorbankan nyawanya demi teman-temannya. Mitsuki pun mungkin akan dihadapkan pada sebuah skenario di mana dia harus memilih antara desa dan teman-temannya atau ayahnya.

Seperti yang kita ketahui, ambisi besar dari Orochimaru di seri Boruto tidak pernah diperlihatkan secara gamblang. Orochimaru terus diawasi oleh pihak Konoha. Dia memutuskan untuk sejalan dengan Konoha dalam memerangi Kara dan juga Akatsuki. Sebagian pihak meyakini bahwa Orochimaru masih tetap jahat, dan hanya menunggu waktu sampai kemudian hal tersebut terbukti.

Mitsuki, yang menjadi salah satu karakter utama dalam seri Boruto sebelum Kawaki diperkenalkan, saat ini terasa seperti karakter pendukung. Boruto nampak kurang menjalin komunikasi dengan Team 7, dan bahkan cenderung menyembunyikan fakta besar terkait apa yang terjadi dengannya dari teman-temannya tersebut.

Hal ini bisa menjadi miskalkulasi besar oleh Masashi Kishimoto. Bukan tidak mungkin jika Mitsuki akan berakhir seperti karakter di seri Naruto, seperti Rock Lee. Jadi, kesimpulannya, masing-masing Team 7 memiliki potensi besar untuk mengalami perkembangan yang luar biasa. Dan Mitsuki pun berhak mendapatkan perkembangan tersebut. Namun, melihat apa yang terjadi di beberapa chapter sebelumnya muncul sebuah pertanyaan besar. Apakah Mitsuki masih akan dianggap sebagai karakter utama? Kita nantikan saja jawabannya pada chapter yang akan datang ya Geeks!