Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang baru saja dirilis pada tanggal 5 Mei kemarin, bukan hanya menandai kembalinya Benedict Cumberbatch sebagai Doctor Strange, tetapi juga Elizabeth Olsen yang mengulan perannya sebagai Wanda Maximoff yang sebelumnya terlihat di serial WandaVision. Dan setelah sekian lama melanglang buana di berbagai kisah Marvel Cinematic Universe, akhirnya penggemar dapat melihat wujud barunya sebagai Scarlet Witch di film Doctor Strange 2 ini.

Sayangnya, meskipun impian para penggemar untuk melihatnya sebagai Scarlet Witch terwujud, tetapi kali ini dia justru muncul sebagai seorang supervillain yang berusaha untuk merebut kekuatan super dari karakter baru bernama America Chavez (Xochitl Gomez). Kekuatan yang miliki oleh Chavez sendiri dapat memungkinkan dia untuk menciptakan portal berbentuk bintang yang bisa menembus ke universe lain di Multiverse Marvel. Untuk mencegah niat jahat Scarlet Witch yang dapat membunuh Chavez, Strange utama dari Earth-616 memutuskan untuk menghentikan mantan koleganya tersebut.

Melihat karakter favorit seperti Wanda menjadi Scarlet Witch yang jahat, tentunya sangat menyedihkan sekaligus luar biasa, karena akhirnya Strange bisa melawan seorang penyihir yang bisa mengimbangi kemampuannya. Walaupun begitu, ternyata tidak sedikit juga penggemar yang masih bingung dengan alasan mengapa dia menjadi jahat, mengingat sebelumnya dia baik-baik saja. Di akhir serial WandaVision saja dia terlihat menyesal dan bahkan sampai meminta maaf kepada Monica Rambeu (Teyonah Parris) atas kejadian di kota kecil Westview, sebelum akhirnya pergi.

Namun setelah serial WandaVision berakhir, Wanda memang terlihat masih merasa kehilangan atas Vision dan kedua anak kembar ‘ciptaannya’ yang bernama Billy (Julian Hilliard) dan Tommy (Jett Klyne). Itulah mengapa di credit scene serial solonya tersebut, Wanda terlihat menerima takdirnya sebagai Scarlet Witch dan menggunakan buku terkutuk Darkhold untuk mengakses multiverse dan menemukan universe di mana dia dan anak-anaknya berakhir bahagia. Dan latar belakang inilah yang akhirnya membuat dia menjadi villain di film Doctor Strange 2.

Selain memang ditakdirkan untuk menghancurkan dunia dan menjadi Scarlet Witch, dia juga hanya mempunyai satu tujuan, yaitu kembali bersama anak-anaknya dengan cara apa pun, bahkan jika perlu dia juga tidak akan ragu untuk mengorbankan nyawa orang lain, termasuk America Chavez. Karena dengan kekuatan super Chavez, Scarlet Witch merasa bahwa dia bisa pergi ke universe lain untuk bertemu dengan anak-anaknya, yang sebelumnya hanya bisa ‘dilihat’ saat menggunakan mantra terlarang ‘dreamwalking’ dari Darkhold.

Karena tujuan tersebut akhirnya Scarlet Witch jatuh makin dalam pada kejahatan, ditambah lagi karena buku terlarang Darkhold memang merangkul niat dan pikiran jahat dari penggunanya. Sebagai Scarlet Witch, Wanda bahkan sampai menyerang Kamar-Taj, mengambil alih tubuh variannya di universe lain, dan membantai Illuminati dengan metode dreamwalking. Pada titik ini semua penggemar yang melihat aksi gilanya di film Doctor Strange 2, merasa bahwa Wanda telah berubah menjadi monster mengerikan karena sangat ingin berkumpul dengan anak-anaknya.

Akhir film Doctor Strange 2 sendiri diakhiri dengan cara yang sangat menyedihkan bagi Wanda. Setelah dia menyadari perbuatan jahatnya, karena disadarkan oleh varian dirinya sendiri dan varian anak-anaknya dari universe lain, Wanda akhirnya memutuskan untuk menghancurkan semua Darkhold di multiverse dan mengubur dirinya dengan ‘singgasana’ Scarlet Witch di pegunungan Wundagore. Sayangnya, karena perbuatan jahatnya, sepertinya tidak ada seorang pun yang merindukan Wanda, bahkan bagi Doctor Strange yang melihat ‘pertaubatannya’. Sangat menyedikan ya, Geeks.

Itulah pembahasan tentang alasan mengapa Wanda menjadi jahat di film Doctor Strange 2. Sampai artikel ini dirilis, masih belum diketahui akan seperti apa nasib Wanda yang sebenarnya, apakah dia benar-benar mati? atau akan ada kesempatan baginya untuk menebus semua kesalahan di Doctor Strange 2 pada masa depan MCU nanti? Hanya waktu yang bisa menjawabnya, semoga ini bukan yang terakhir kalinya kita melihat Wanda Maximoff alias Scarlet Witch. Bagaimana menurut kalian?