Kemunculan sosok God dalam cerita One-Punch Man sepertinya berhasil merubah peta kekuatan dalam ceritanya. Sosoknya masih sangat misterius. Apakah God adalah sosok yang ada di balik semua kekuatan para karakter? Apakah dia yang memberikan semua kekuatan? Apakah dia juga yang membuat semua situasi seperti sekarang? Semuanya masih menjadi misteri sampai ONE dan Yusuke Murata menjawab semua itu.

Pada chapter 153 kemarin, para fans dikejutkan oleh kemunculan sosok God dalam bentuk fisik. Dalam chapternya, God diperlihatkan mengambil kekuatan dari Homeless Emperor juga nyawanya. Homeless Emperor sendiri tidak menyangka jika God akan muncul dan melakukan hal tersebut kepadanya. Sampai kemudian nyawanya benar-benar menghilang dengan tubuhnya yang melepuh.

Yang menjadi pertanyaan besar kemudian adalah sekuat apa sebenarnya sosok God? Kita sudah melihat dua kekuatan dahsyat yang God miliki, seperti memberikan kekuatan kepada orang lain dan juga tentunya mencabut nyawa orang lain. Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan bahwa God mungkin memiliki kekuatan kosmik yang sangat dahsyat.

Dalam teorinya dijelaskan bahwa God kemungkinan memiliki sebuah kekuatan kosmik yang disebut sebagai kesadaran kosmik (cosmic awareness). Kemampuan ini pada dasarnya membuat God bisa merasakan atau menyadari apa yang terjadi bukan hanya di bumi, melainkan di seluruh alam raya tersebut.

God bisa merasakan ancaman yang muncul atau bahkan mungkin dia bisa merasakan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang, berkat kemampuan tersebut. Kesadaran kosmik sering kali dikaitkan dengan Clairvoyance atau kemampuan untuk melihat ke masa depan atau masa sekarang dan Enhanced Senses atau peningkatan indera.

Dengan mengombinasikan kekuatan tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengamati orang lain (atau makhluk lain) dari seluruh alam semesta. Contoh nyata dari karakter yang memiliki kesadaran kosmik ini adalah karakter Empty Hand dari cerita komik DC. Karakter kosmik ini mampu menghancurkan seluruh alam raya dengan mudah.

Hal ini pernah dia lakukan dengan menghapus seluruh pahlawan super dari Earth-7 tanpa kendala apa pun. Selain menghancurkan seluruh alam raya, dia juga bahkan bisa menghancurkan multiverse atau menciptakan kembali multiverse tersebut. Dia pun bisa mengetahui apa yang terjadi di sebuah universe dan melakukan apa pun yang dia inginkan.

Meskipun masih belum diketahui apakah God juga memiliki kemampuan tersebut, dari chapter 153 kemarin di mana Blast membuka portal menuju dimensi lain dan mengatakan bahwa ada banyak pahlawan hebat lainnya di luar sana, artinya bukan tidak mungkin jika God juga memiliki kemampuan kesadaran multiverse (multiverse awareness).

Mungkin inilah yang membuat God tahu apa yang terjadi kepada Homeless Emperor saat dia hendak mengakhiri hidupnya, dan memutuskan untuk memberikannya kekuatan. Ini juga yang mungkin menjadi alasan mengapa kemudian dia bisa tahu bahwa Psykos membutuhkan tambahan kekuatan untuk menghadapi Tatsumaki, dan akhirnya dia pun menjadi sosok mengerikan.

Teka-teki mengenai kekuatan God memang sepertinya masih belum akan terungkap dalam waktu dekat. Meskipun begitu, bisa dipastikan God adalah entitas yang sangat luar biasa dan juga memiliki kekuatan dahsyat seperti kesadaran kosmik. Berbagai petunjuk dalam ceritanya pun memperlihatkan bagaimana God memang memiliki keterkaitan yang kuat dengan elemen kosmik.

Menarik tentunya melihat apa yang akan terjadi selanjutnya dengan sosok God, apakah dia akan kembali memperlihatkan kemampuannya dan siapa lagi karakter yang akan diberikan kekuatan oleh God. Para fans juga penasaran seperti apa kedahsyatan pertarungan antara Saitama dan juga God.