Sebagai salah satu film yang paling diantisipasi pada tahun 2022 ini, film Doctor Strange 2 yang mempunyai judul resmi Doctor Strange in the Multiverse of Madness, akhirnya sudah bisa disaksikan di seluruh bioskop Indonesia sejak tanggal 5 Mei kemarin. Disutradarai oleh Sam Raimi serta ditulis oleh Michael Waldron, film solo kedua Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) ini bercerita tentang petualangan baru Strange di Multiverse Marvel bersama karakter baru bernama America Chaves (Xochitl Gomez).

Sebagai film yang dijanjikan akan menghadirkan banyak sekali cameo di dalamnya, selain Cumberbatch dan Gomez, film Marvel Cinematic Universe ke-28 ini juga dimeriahkan oleh Elizabeth Olsen sebagai Scarlet Witch, Benedict Wong sebagai Wong, Chiwetel Ejiofor sebagai Karl Mordo, Rachel McAdams sebagai Christine Palmer, Patrick Stewart sebagai Professor X, Hayley Atwell sebagai Captain Carter, dan masih banyak lagi. Sejauh ini filmnya sendiri bisa dibilang cukup berhasil di pasaran, karena telah disambut baik oleh sebagian besar penggemar dan kritikus.

Meskipun film Doctor Strange 2 yang tayang di bioskop berdurasi 2 jam 5 menit, tetapi baru-baru ini terungkap bahwa durasi sebenarnya ternyata lebih panjang. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Raimi yang berbicara kepada Collider bahwa awalnya film MCU yang dia garap tersebut akan mempunyai durasi sekitar 2 jam 40 menit. “Untuk durasi awalnya, sebenarnya saya tidak terlalu ingat, mungkin sekitar 2 jam 40 menit,” ungkap Raimi. “Namun perlahan-lahan [mulai berkurang], padahal kami telah melakukan pengambilan gambar ulang.”

Meskipun Marvel Studios sendiri masih bungkap terkait pemotongan durasi yang sangat banyak ini, salah satu scooper film Marvel yang dikenal sebagai The Wishper sempat mengungkapkan alasan dibalik mengapa film Doctor Strange 2 lebih singkat. Yang pertama adalah karena Marvel menghilangkan adegan Illuminati yang membahas tentang peristiwa besar Secret Wars, dan yang kedua karena Marvel tidak jadi memperkenalkan Illuminati versi universe utama yang jauh lebih pintar dan lebih kuat.

Jika pengurangan durasi tersebut memang benar berhubungan dengan Secret Wars dan kemunculan kelompok rahasia Illuminati di universe utama, sepertinya Marvel Studios masih belum begitu siap untuk memperkenalkan dua elemen besar tersebut ke MCU. Walaupun begitu, para penggemar sendiri sebenarnya sudah sangat tidak sabar ingin melihat Secret Wars alias perang antar universe terjadi di MCU. Bagaimana menurut kalian, Geeks, apakah pemotongan durasi film Doctor Strange 2 ini sudah tepat?