Seri Spy X Family saat ini menjadi salah satu seri yang banyak dibicarakan oleh banyak penggemar, baik penggemar anime atau pun manganya. Cerita yang menarik, ringan, dan dibungkus dengan baik dalam balutan komedi epik, dan karakter-karakter yang nyeleneh, menjadi racikan sempurna untuk popularitas seri karya Tatsuya Endo ini.

Salah satu karakter yang menarik yang dihadirkan dalam serinya adalah Anya Folger. Anya merupakan anak dari Yor dan Loid Forger, di mana Anya diadopsi oleh Loid untuk mendukung operasi rahasianya. Jika Loid memiliki kemampuan mata-mata luar biasa dan Yor memiliki kekuatan bertarung yang dahsyat, maka Anya memiliki kekuatan yang tidak kalah hebat yaitu kemampuan telepati atau membaca pikiran.

Sayangnya, sampai sejauh ini berjalan, Tatsuya Endo masih belum memberikan penjelasan yang gamblang mengenai kekuatan Anya tersebut, baik di versi animenya atau pun dalam versi manganya. Berbagai petunjuk yang dihadirkan dalam ceritanya memberikan sinyal bahwa mungkin ada masa lalu yang buruk yang harus dialami oleh Anya.

Seperti yang diketahui, Anya mampu membaca atau mengetahui apa isi pikiran dari orang lain. Sayangnya, hal tersebut justru dianggap aneh dan ‘gila’ oleh orang lain. Anya sendiri sepertinya tidak menyadari tentang kekuatannya ini, karena sejauh ini yang dia ketahui adalah dia bisa membaca pikiran orang lain.

Petunjuk mengenai masa lalu dari Anya sempat diperlihatkan dalam momen wawancara Anya saat dia hendak masuk ke sekolah Eden College. Saat itu, Anya ditanya tentang sosok ibu kandungnya. Tiba-tiba kenangan buruk mengenai ibu kandungnya pun muncul, dan bukan hanya itu kita pun melihat sesuatu yang menarik. Anya seolah menjadi subyek uji coba dari para ilmuwan yang misterius.

Meskipun tidak ada konfirmasi yang resmi atau jelas, dari petunjuk tersebut sepertinya para ilmuwan yang ada dalam ingatan Anya sengaja melatih Anya untuk menjadi agen terkuat demi menjalankan sebuah misi. Hal ini mengingat setting waktu serinya sendiri terinspirasi dari perang dingin di dunia nyata. Artinya mereka memang sengaja mempersiapkan Anya untuk agenda tertentu.

Mereka mempersiapkan Anya untuk menjadi “senjata” demi bisa melawan pihak musuh dengan memanfaatkan kekuatan alami yang dia alami. Mungkin karena inilah muncul sosok ilmuwan misterius tersebut dalam ingatan Anya, yang menjadi mimpi buruknya. Di sisi lain, petunjuk ini juga menyimpan implikasi suram mengenai asal-usul kekuatan telepati Anya yang masih menghadirkan berbagai pertanyaan besar.

Misalnya peristiwa “kecelakaan” apa yang kemudian membuat Anya akhirnya memiliki kekuatan telepati tersebut? Apakah kekuatan telepati Anya memang muncul secara alami atau ada seseorang yang “menanam” kemampuan itu kepada Anya? Mengapa Anya yang kemudian menjadi pilihan para ilmuwan tersebut?

Bagaimana kemudian Anya menangis saat ditanya mengenai ibu kandungnya memberikan sinyal bahwa Anya sempat mengalami sebuah kisah yang sangat tragis saat masih menjadi subyek penelitian para ilmuwan tersebut. Bisa jadi, kekuatan telepati yang dimiliki oleh Anya saat ini merupakan warisan dari sang ibu yang memiliki kekuatan telepati yang dahsyat.

Mungkin itulah alasan mengapa Anya dan ibunya dikurung dan jadi subyek penelitian, dan mengapa Anya serta ibunya dipisahkan. Untuk saat ini, para fans hanya bisa berspekulasi dan berteori mengenai kekuatan Anya tersebut. Yang pasti, kekuatan dari Anya ini akan memiliki peran penting bagi keseluruhan cerita pada masa yang akan datang, serta ada cerita masa lalu yang gelap yang perlu dihadirkan.