Kepopuleran sosok Doctor Strange di jagat sinematik Marvel bisa dibilang sangat luar biasa. Sejak pertama kali diperkenalkan pada awal 2017 kemarin, nama Doctor Strange langsung menjadi pembicaraan para fans MCU. Kesuksesan film pertama Doctor Strange membuat MCU langsung mempersiapkan sekuelnya yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Di Indonesia sendiri film tersebut resmi dirilis sejak tanggal 5 Mei kemarin. Banyak aksi-aksi menegangkan yang dihadirkan di filmnya, dan tidak lupa juga banyak momen menarik dan berbagai referensi luar biasa termasuk yang berkaitan dengan Wanda Maximoff. Kemunculan Wanda Maximoff di film Doctor Strange 2 ternyata memperkenalkan para penonton terhadap salah satu Elder God atau Dewa Kuno di jagat sinematik Marvel. Sosok tersebut adalah Chthon. Nama Chthon sendiri diungkapkan langsung oleh Wanda ketika dia berada di gunung Wundagore. Siapa sebenarnya Chthon?

Siapa Chthon

Dari apa yang dihadirkan di komik Marvel, Chthon merupakan makhluk kuno yang sudah ada bahkan sejak bumi awal diciptakan. Sebagai salah satu Elder Gods atau dewa kuno yang ikut “melestarikan” bumi dengan berbagai kehidupannya, Chthon dianggap sebagai salah satu kekuatan kosmik paling dahsyat selain Gaea, Set, dan Oshtur yang notabene adalah saudaranya.

Namun, miliaran tahun setelah kemunculan umat manusia di bumi, para Elder Gods tersebut justru berubah menjadi jahat dan berperang satu sama lainnya, membuat mereka juga mengalami perubahan bentuk menjadi mirip iblis. Pada masa itu, Chthon pergi ke berbagai planet untuk menghindari Gaea, yang menjadi sosok God-Eater, dewa yang memakan energi kehidupan planet dan juga para iblis.

Setelah merasa bahwa pindah ke berbagai planet dirasa tidak aman, Chthon kemudian menciptakan sebuah dimensi yang disebut sebagai Flickering Realms Dimension (atau yang dikenal sebagai Other-Realm). Yang menarik, Chthon juga meninggalkan salah satu bagian dari dirinya di tembok gunung Wundagore yang ada di Transia.

Tujuannya? Tidak lain adalah untuk membuat sebuah kitab hitam yang sangat terkenal, yang di film Doctor Strange 2 digunakan oleh Wanda untuk mewujudkan mimpinya yaitu Darkhold. Darkhold sendiri sengaja diciptakan sebagai “jembatan” bagi Chthon jika suatu hari dia ingin kembali ke bumi. Meskipun kemudian di komiknya diceritakan bahwa Chthon hancur atau menghilang, melalui Darkhold, Chthon terus memengaruhi umat manusia.

Chthon sendiri pertama kali muncul di komik Marvel Chiller #1 yang ditulis oleh Marv Wolfman, Bill Mantlo, Ed Hannigan, dan Yong Montano. sebuah fakta menarik adalah Chthon pada awalnya diperkenalkan dengan nama The Other di komik yang dirilis pada 1975 tersebut. Sayangnya, di era modern ini, Chthon tidak lagi banyak dihadirkan dalam cerita komik.

Koneksi Wanda Maximoff dan Chthon

Dalam cerita komiknya, ketika Wanda Maximoff masih bayi, dia mendapatkan keberkahan dari Chthon di mana Wanda diberikan akses berbagai kekuatan dahsyat dan epik dari para Elder Gods. Selain itu, Wanda juga kemudian menjadi wadah masa depan bagi Chthon. Chthon pertama kali berusaha untuk memengaruhi Scarlet Witch setelah berhasil membuat Modred the Mystic menculik para Avengers.

Sayangnya, upaya tersebut gagal. Namun, hal itu tidak berlangsung lama. Chthon kembali berusaha memengaruhi Scarlet Witch. Chthon menggunakan berbagai karakter lainnya untuk melakukan hal tersebut mulai dari Blade sampai Spider-Woman. Chthon kemudian harus kembali merasakan kesulitan dan kekalahan, dan kekalahannya yang terakhir membuat Chthon akhirnya harus dipenjara dalam Darkhold itu sendiri oleh sosok Vision.

Chthon terakhir kali muncul ketika dia berhasil menandingi kekuatan Scarlet Witch pada saat cerita Secret Empire. Di bawah pengaruh Chthon, Wanda kemudian menjadi anggota dari Avengers Hydra, di mana dia kemudian mencuri perhatian banyak pembaca dengan cara yang mengerikan. Pada akhirnya, Wanda berhasil diselamatkan oleh Doctor Strange.

Kekuatan Dahsyat Chthon

Menjadi salah satu Elder Gods atau dewa kuno bisa diartikan bahwa Chthon adalah sosok yang kuat. Chthon dikenal sebagai dewa kekacauan (God of Chaos) dan kreator dari sihir hitam dan juga sihir kekacauan. Mulai dari menciptakan alam (realm) baru sampai memanipulasi realita, Chthon merupakan sosok Elder God yang sangat luar biasa dengan kemampuan mengerikan.

Chthon diketahui juga bisa memengaruhi tubuh manusia biasa jika beberapa ritual dikerjakan, meskipun hanya sebagian kecil kekuatan yang dia bisa berikan kepada manusia tersebut. Selain kekuatan, pengetahuannya yang sangat luar biasa juga menjadi kekuatan yang mengerikan dari Chthon. Sebagai Elder Gods yang sudah ada sejak bumi diciptakan, wajar jika kemudian pengetahuan Chthon sangat luas.

Chthon bisa menggunakan kekuatan sihirnya untuk berpindah dari satu dimensi ke dimensi yang lain. Kekuatan sihirnya juga mampu melumpuhkan seluruh umat manusia, baik secara mental mau pun secara spritual.

Direferensikannya nama Chthon di film Doctor Strange 2 saat Wanda berada di Wundagore menjadi referensi yang kedua kali setelah sebelumnya nama Chthon juga disebutkan di seri WandaVision, seiring diperkenalkannya kitab Darkhold. Dengan Chthon kembali direferensikan di film Doctor Strange 2, bukan tidak mungkin jika kemudian sosoknya muncul di film selanjutnya.