Nama America Chavez mungkin cukup asing di telinga para fans Marvel Cinematic Universe. Tetapi, bagi para Geeks yang membaca komiknya, America Chavez mungkin sudah tidak asing lagi walau dia baru diperkenalkan di komiknya. Dan dalam sejarah Marvel, America Chavez bukanlah sosok sembarangan. Lantas, siapa sebenarnya sosok America Chavez? Apa perannya di MCU pada masa yang akan datang? Simak pembahasannya di bawah ini ya Geeks!

Pahlawan Baru di Marvel Comics

Seperti disebutkan di atas, America Chavez merupakan salah satu karakter baru yang diperkenalkan di jagat komik Marvel. Sosoknya diperkenalkan pertama kali di seri terbatas, Vengeance, yang ditulis oleh Joe Casey dan Nick Dragotta pada 2011 kemarin. Pada awalnya, pihak Marvel akan memberikan nama karakter ini Miss America.

Miss America sendiri merupakan pahlawan yang berasal dari era keemanasan Marvel Comics. Dengan kekuatan super yang dia miliki yaitu kecepatan, kemampuan untuk terbang, dan sebagainya, America Chavez kemudian menjadi bagian dari tim pahlawan super yang mendedikasikan dirinya untuk menjaga keseimbangan dunia dan juga menjaga kedamaian.

Setelah debutnya, America Chavez kemudian bergabung dengan tim Young Avengers. Dia kembali berkumpul dengan pahlawan muda Marvel lainnya setelah apa yang terjadi dalam peristiwa The Children’s Crusade. Dalam cerita tersebut, mereka berhasil menyelamatkan Scarlet Witch dari rencana besar Doctor Doom yang akan memanfaatkan Scarlet Witch untuk memanipulasi realita.

Berbicara mengenai asal-usul America Chavez, sebenarnya dia bukan berasal dari Earth-616 yang menjadi universe utama Marvel. America Chavez berasal dari sebuah alam sihir atau dimensi yang penuh dengan kekuatan menakjubkan yang disebut sebagai Demiurge. Yang luar biasa adalah Demiurge berada disebuah tempat yang disebut sebagai Utopian Parallel, yang mana tempat tersebut berada di luar multiverse Marvel.

Ketika usianya masih enam tahun, Utopian Parallel diserang oleh kekuatan misterius. Ibu dari America Chavez pun mengorbankan diri untuk mengalahkan ancaman tersebut. Dalam momen tersebut, America Chavez kemudian tanpa sengaja menyerap inti kekuatan sihir yang ada di Demiurge dan kemudian terlempar ke multiverse Marvel. Di bumi, America Chavez menjadi salah satu sosok pahlawan paling dahsyat.

Baru-baru ini, Marvel Comics kembali melakukan perubahan dan melakukan retcon dengan sebuah cerita komik America Chavez: Made in the USA. Dalam komiknya, diceritakan bahwa kedua ibunya merupakan ilmuwan yang mengerjakan sebuah obat untuk menyembuhkan penyakit misterius bernama “Edges Syndrome” yang mana penyakit ini menjangkit America.

Yang juga menarik adalah dalam cerita komik tersebut, sebuah universe yang disebut sebagai Utopian Parallel yang menjadi asal-usul America tersebut sebenarnya tidak pernah ada. Utopian Parallel sebenarnya merupakan sebuah fasilitas medis di mana America menjadi subyek uji coba yang mana kemudian dia pun mendapatkan kekuatannya. Perubahan ini belum lagi dihadirkan semenjak seri komiknya selesai pada Agustus 2021 kemarin. Menarik tentunya melihat bagaimana sosok America Chavez di multiverse komik Marvel.

Sekuat Apa America Chavez?

Dalam cerita komiknya diketahui bahwa America Chavez memiliki kekuatan kosmik dan sihir yang sangat mengerikan dan luar biasa dahsyat, seperti membuka portal ke dimensi atau multiverse lain. America Chavez bisa pergi ke dimensi lain dengan memukul ke sebuah arah yang dia inginkan, dan kemudian portal berbentuk bintang akan muncul.

America Chavez juga mempunyai kemampuan lainnya, seperti kekuatan fisik super, terbang, kecepatan super, dan kebal terhadap serangan peluru. Salah satu yang kemampuannya yang paling menarik adalah tinju America Chavez bisa meledakan musuhnya menjadi bintang-bintang kecil.

Selain sangat kuat dan memiliki daya tahan yang luar biasa, America Chavez juga memiliki kecepatan yang tinggi dan bahkan mampu untuk terbang karena kekuatan kosmik yang diserap olehnya. Yang unik adalah selain kemampuan super, dia juga mempunyai kemampuan luar biasa seperti menguasai banyak bahasa. Sampai sejauh ini, pihak Marvel Comics sendiri masih belum menghadirkan lebih banyak kekuatan atau kemampuan dari America Chavez karena karakternya pun masih belum banyak muncul di judul seri komik lain.

Karir America Chavez di Marvel Universe

Koneksi America Chavez dengan pahlawan muda Marvel lainnya cukup panjang sejauh ini. America Chavez bergabung dengan Young Avengers ketika dia berhadapan dengan Loki, yang tewas dan kemudian bereinkarnasi sebagai seorang remaja yang berusaha untuk membunuh Billy Kaplan alias Wiccan. America kemudian memutuskan untuk membantu menyelamatkan Billy, dan akhirnya bergabung bersama Young Avengers untuk menghadapi Loki.

Namun, ternyata ada plot twits tidak terduga di mana tujuan Loki membunuh Wiccan sebenarnya adalah mencegahnya untuk membangkitkan kekuatan misterius yang mengerikan yang disebut sebagai The Mother. Sosok tersebut diketahui mampu menyerap kekuatan sihir siapa pun yang melakukan kontak fisik dengannya. Pada akhirnya, Loki pun bekerja sama dengan Young Avengers untuk menyelamatkan alam raya Marvel dari sosok The Mother. Kekuatan multiversal dari America Chavez memainkan peran penting untuk mengalahkan The Mother dalam cerita tersebut dengan berhasil menyelamatkan Demiurge.