Setelah penantian yang sangat panjang dan penuh antisipasi, akhirnya film Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang di seluruh bioskop Indonesia. Sebagai film yang sudah sejak lama menarik perhatian para penggemar, tanpa terkecuali fans MCU di Indonesia, penjualan tiket filmnya sendiri bahkan nyaris tidak tersisa sama sekali pada saat penayangan perdananya pada tanggal 5 Mei kemarin. Tidak sedikit juga yang menganggap bahwa film MCU ke-28 ini sebagai salah satu film terbaik pada tahun 2022.

Sama seperti kebanyakan film MCU sebelumnya, film solo kedua Doctor Strange ini juga mempunyai dua credit scene di akhir filmnya. Dan yang paling menarik mengejutkan sekaligus membuat penggemar penasaran adalah credit scene pertamanya yang memperlihatkan sesosok wanita misterius yang diperankan oleh aktris Charlize Theron. Siapa dia sebenarnya? Dilihat dari tatapan matanya yang tajam, rambut putihnya yang berkilau, serta pakaiannya yang serba ungu, sudah bisa dipastikan bahwa dia adalah ‘Clea’!

Love Interest Doctor Strange

Para penggemar Marvel Comics, pasti sudah sangat tidak asing dengan sosok Clea ini. Diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko, karakter Clea muncul pertama kali di komik Strange Tales #126 yang dirilis pada tahun 1964. Wanita tangguh ini diceritakan berasal dari Dark Dimension, sebuah dimensi lain yang sempat juga diceritakan di film Doctor Strange pertama, di mana supervillain Dormammu berkuasa. Menariknya, di Marvel Comics sendiri sebenarnya Clea adalah pewaris Dark Dimension yang sesungguhnya, karena dia merupakan putri dari Orini sekaligus cucu Olmar, penguasa Dark Dimension sebelumnya.

Sayangnya, sepeninggalan Olmar dan Orini, kekuasaan Dark Dimension malah diambil alih oleh paman Clea yaitu Dormammu sendiri. Pada titik inilah Clea bertemu dengan Doctor Strange yang pergi ke Dark Dimension untuk menghentikan Dormammu. Setelah melihat kemampuan Strange, Clea memutuskan untuk membantunya, tetapi dia justru malah ditangkap oleh paman jahatnya tersebut. Dan ketika Dormammu berhutang kepada Strange karena telah berhasil menangkap musuhnya yang disebut Mindless Ones, sebagai gantinya Strange meminta dia untuk menjauhi Bumi sekaligus melepaskan Clea.

Sebagai seseorang yang diberkahi kekuatan sihir dari Dark Dimension, Clea kemudian dilatih oleh Strange, sampai akhirnya dia menjadi penyihir yang cukup sakti. Dan karena sering menghabiskan waktu bersama pada akhirnya Clea dan Strange mulai saling tertarik satu sama lain. Meskipun awalnya sempat ‘putus-nyambung’, karena Clea tidak betah tinggal di Bumi dan harus kembali ke Dark Dimension, tetapi mereka akhirnya tetap menikah di Bumi. Dengan sejarahnya ini, sudah tidak diragukan lagi bahwa Clea adalah salah satu love interest Strange yang paling berpengaruh dalam kehidupannya.

Menjadi Sorcerer Supreme

Setelah diceritakan berhasil menggulingkan kekuasaan Dormammu di Dark Dimension dan mengklaim posisinya sebagai penguasa yang sah, Clea diperlihatkan kembali muncul secara mengejutkan di komik Death of Doctor Strange (2022) dengan jabatan barunya sebagai Sorcerer Supreme dari Dark Dimension. Dia sengaja kembali ke Bumi untuk memperingkatkan Strange bahwa ada sosok supervillain antar dimensi seperti Peregrine Child dan Three Mothers yang memburu para penyihir di seluruh dimensi.

Sayangnya, dalam proses mempertahankan Bumi dari invasi para supervillain tangguh tersebut, Strange diperlihatkan mati setelah berhasil membunuh Peregrine Child dengan bantuan para Sorcerer Supreme, termasuk Clea. Sedangkan posisi Sorcerer Supreme Prime Earth sendiri pada akhirnya diberikan kepada Clea sebagai sosok yang paling dipercaya oleh Strange. Penyerahan jabatan tersebut disimbolkan dengan Strange yang memberikan Cloak of Levitation dan Eye of Agamotto kepada Clea. Sejak saat itulah, Clea tercatat sebagai Sorcerer Supreme dari dua dimensi, Prime Earth dan Dark Dimension.

Masa Depan Clea di MCU

Kehadiran sosok Clea di akhir film Doctor Strange 2 sendiri sepertinya dimaksudkan untuk sesuatu yang lebih besar lagi pada masa depan MCU nanti. Ditambah lagi, dengan keterlibatan Charlize Theron yang merupakan peraih penghargaan Oscar, sudah cukup jelas bahwa karakter Clea akan sangat berpengaruh pada petualangan Strange selanjutnya. Di film Doctor Strange 2 sendiri sudah cukup jelas bahwa mantan kekasih Strange, Christine Palmer, telah menikah dengan orang lain. Ada kemungkinan Clea dimaksudkan untuk mengisi kekosongan hati Strange kedepannya.

Di adegan credit scene-nya bahkan Strange terlihat melompat ke Dark Dimension bersama Clea, bukan tidak mungkin bahwa kedepannya mereka akan diceritakan saling bekerja sama untuk mengalahkan Dormammu. Hal tersebut mungkin sengaja dilakukan agar Clea bisa mengklaim kekuasaannya di Dark Dimension. Bisa jadi premis ini yang nantinya akan digunakan di film Doctor Strange 3 mendatang. Bagaimana menurut kalian? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Kita nantikan saja duet super dari sejoli baru ini, Doctor Strange dan Clea, pada masa depan MCU yang akan datang ya, Geeks.