Sepanjang perjalanan Marvel Cinematic Universe (MCU), beragam senjata kuat telah digunakan oleh para superhero untuk membantu mereka memenangi pertempuran. Dalam kelompok Avengers, Captain America sangat identik menggunakan shield miliknya, kemudian ada Iron Man lewat armor besinya yang canggih dan futuristik, lalu Thor dengan Mjolnir mampu memanggil petir serta busur panah Hawkeye bisa mengeluarkan daya ledak yang bermacam-macam.

Bahkan, Thanos pun memiliki senjatanya sendiri yang cukup mengerikan, yakni Infinity Gauntlet yang berisikan Infinity Stones. Lewat sarung tangan itu, Thanos mampu menyalurkan seluruh kekuatan kosmik dari keenam batu tersebut untuk melenyapkan separuh populasi di seluruh alam semesta. Infinity Stones memang menjadi salah satu senjata berbahaya selama tiga fase pertama MCU sejauh ini.

Meski begitu, alam semesta MCU tercipta sangat luas, dan di dalamnya ada dunia sihir yang menyimpan beberapa artefak sebagai senjata yang cukup kuat hingga mematikan. Penyihir Mystic Art, Doctor Stephen Strange, pun terbukti kerap menggunakan benda-benda sihir untuk melawan musuh-musuhnya. Nah, karena sampai fase keempat ini dunia sihir masih tetap eksis, berikut adalah beragam artefak yang mempunyai kekuatan magis di MCU.

Cloak of Levitation

Cloak of Levitation merupakan salah satu artefak sihir milik Doctor Strange yang paling ikonik di MCU. Jubah ini pertama kali dikenakan oleh Stephen Strange pada film pertamanya di tahun 2016 saat melawan Kaecilius dan anak buahnya. Jubah ini bisa membuat Strange melayang dari tanah, dan terbang di udara. Selain itu, Cloak of Levitation ternyata mempunyai emosi, bisa hidup abadi, dan sangat setia kepada pemiliknya yakni Doctor Strange.

Pada film Avengers: Infinity War, kekuatan Cloak of Levitation terasa lebih mumpuni, dan ia juga sempat menyerang Drax yang hendak menyergap kelompok Avengers di Planet Titan. Lalu, jubah berwarna merah ini juga mampu melilit musuh dengan sangat kencang, dan salah satu korbannya adalah tangan Thanos yang hendak menggunakan infinity stones.

Ebony Blade

Ebony Blade terbuat dari sebuah meteorit yang jatuh ke bumi, dan dimiliki oleh Sir Percy of Scandia sebagai seorang Black Night pertama di Abad Pertengahan. Pedang tersebut di sihir oleh penyihir kuno Merlin, dan mempunyai kemampuan bisa memotong hampir semua materi yang ada di alam semesta. Pedang berwarna hitam ini juga mampu menangkis serangan sihir, dan bahkan menyerap semua bentuk energi.

Di MCU, Ebony Blade diperkenalkan pada post-credit scene The Eternals, dimana Dane Whitman mencoba untuk mengambilnya di dalam sebuah kotak. Dane sendiri merupakan seorang pria biasa yang mempunyai garis keturunan dari Sir Percy. Ia diyakini bakal menjadi Black Knight di MCU, dan menjadikan Ebony Blade sebagai senjatanya. Namun, menggunakan pedang tersebut tidak mudah karena Ebony Blade membawa kutukan mematikan bagi siapa saja yang menggunakannnya.

Mjolnir

Mjolnir adalah palu milik Thor, dan salah satu artefak senjata berkekuatan magis paling terkenal di Asgard. Mjolnir ini dibuat oleh Odin, yang ditempa menggunakan logam Uru, untuk melawan sesosok makhluk kosmik kuat bernama God Tempest. Setelah mengalahkannya, Odin memasukannya ke dalam Mjolnir supaya ia dapat memanfaatkan kekuatan luar biasa yang dimiliki oleh God Tempest pada palunya tersebut.

Palu Mjolnir kemudian menjadi senjata andalan Thor untuk waktu yang lama, dan selalu membantunya dalam setiap pertempuran di Midgard (Bumi), dan wilayah Nine Realms lainnya. Mjolnir mampu memberikan kekuatan yang dahsyat untuk Thor, dan bisa menyelamatkannya saat kondisi sekarat. Palu ini dapat menyalurkan serangan petir yang sangat dahsyat, pukulannya mampu menghancurkan berbagai macam benda, dan bangunan, serta melempar lawan hingga tersungkur jauh sekali.

Eye of Agamotto

Selain Cloak of Levitation, Eye of Agamotto juga termasuk artefak sihir paling kuat dalam gudang senjata yang dimiliki oleh Doctor Strange. Benda magis ini berbentuk kalung, dan selalu melingkar di leher Doctor Strange. Eye of Agamotto sendiri menjadi wadah untuk menampung time stone yang diincar oleh Thanos. Strange pun pernah menggunakan kekuatan dari batu tersebut untuk memanipulasi waktu saat melawan Dormammu.

Selain menampung time stone, Eye of Agamotto sebenarnya mempunyai kemampuan lain seperti membuat portal antar dimensi, telepati, mengungkap kebenaran hingga membentuk perisai sihir untuk melawan makhluk mistis yang mengancam. Namun, dengan sudah tidak adanya time stone di dalam Eye of Agamotto, kemampuan benda magis ini masih belum diketahui bakal seperti apa di MCU mendatang.

The Darkhold

The Darkhold disebut juga sebagai Kitab Terkutuk, dan merupakan sebuah buku mantra kuno yang terbuat dari materi gelap yang berada di “Hell Dimension.” Buku ini menyimpan berbagai macam mantra sihir yang kuat, dan juga informasi tentang cara membuat sebuah teknologi dengan memanfaatkan energi dari dimensi lain.

Dalam serial WandaVision, Agatha Harkness memiliki buku ini, dan ia membawanya ke Westview untuk memperkuat kekuatannya sehingga dia bisa memanipulasi realitas yang diciptakan oleh Wanda di sana. Pada akhirnya, Wanda mengambil buku itu, dan ia mempelajari The Darkhold untuk menemukan kedua putranya, Tommy serta Billy, yang terjebak di realitas lain. The Darkhold pun kemudian akan diceritakan lebih dalam lagi di film Doctor Strange 2.