Shanks merupakan salah satu sosok populer di dalam seri One Piece. Kepopuleran Shanks bahkan sudah dimulai sejak episode awal serinya, bersamaan dengan diperkenalkannya Monkey D. Luffy sebagai protagonis utama serinya. Seperti yang kita ketahui juga bahwa Shanks memberikan pengaruh besar terhadap para karakter yang ada di serinya.

Misalnya, Garp sempat marah terhadap Shanks karena dianggap memberikan pengaruh buruk terhadap Luffy di mana dialah yang membuat Luffy pada akhirnya menjadi seorang bajak laut. Sosok Shanks sendiri terakhir diperlihatkan di arc Reverie, di mana dia bertemu dengan Lima Tetua Bintang untuk membahas mengenai seseorang. Sampai saat ini, kita masih belum tahu apa yang terjadi dengan Shanks, dan di mana posisi Shanks.

Mungkin, bisa jadi prediksi para fans terbukti di mana dia saat ini sedang pergi menuju Wano. Mengapa Shanks pergi ke Wano? Shanks diketahui memiliki koneksi dengan wilayah Wano. Seperti yang diketahui, dalam kilas balik Kozuki Oden diperlihatkan bagaimana Oden pernah menjadi kru bajak laut Roger. Shanks sangat mengenal Kozuki Oden.

Di sisi lain, ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa Shanks merupakan sosok penjaga perdamaian di dunia One Piece. Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi petunjuk dari hal tersebut. Pertama adalah dari nama Shanks sendiri. Shanks kemungkinan diadaptasi dari bagian dari jangkar (shank) yang menjaga keseimbangan dari jangkar tersebut.

Kemudian, kita juga melihat bagaimana upaya Shanks meredam berbagai konflik yang ada atau bahkan yang akan terjadi. Misalnya, dia sempat datang ke kapal Whitebeard untuk memintanya menghentikan langkah Ace mencari Blackbeard. Dia tahu bahwa hal tersebut justru akan berakibat buruk bagi banyak orang. Sayangnya, Whitebeard tidak mendengarkan apa yang diucapkan oleh Shanks.

Efeknya adalah Ace kalah dari Blackbeard dan dia harus dieksekusi mati. Bukan hanya itu, pada akhirnya Whitebeard dan Ace harus tewas dalam pertempuran puncak di Marineford. Jika saja Whitebeard mendengarkan perkataan Shanks, mungkin tidak akan ada pertempuran besar yang terjadi. Whitebeard dan Ace pun tidak akan tewas secara tragis.

Kemudian, Shanks juga mencegah Kaido untuk datang ke Marineford. Jika kemudian Kaido dan King datang ke Marineford, situasi bisa dipastikan akan sangat luar biasa kacau. Kehancuran yang dihadirkan pun akan jauh lebih besar dari apa yang diperlihatkan sebelumnya. Namun, seperti yang diucapkan oleh salah satu Gorosei bahwa keseimbangan tidak bisa dijaga untuk selamanya.

Hal ini pun bisa dilihat di chapter kemarin disaat Gorosei berdiskusi bahwa pasca Reverie situasi yang terjadi di dunia justru menjadi semakin kacau. Kacaunya keseimbangan dunia bisa berakibat pada kehancuran, yang mana sepertinya hal ini menjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan dihindari oleh Shanks. Berbicara mengenai kehancuran dan kacaunya keseimbangan, hal ini masih berkaitan dengan teori di atas.

Teorinya menyebutkan bahwa ada kemungkinan musuh terbesar dari Shanks adalah Monkey D. Dragon dan Pasukan Revolusi. Seperti yang kita ketahui, Pasukan Revolusi memiliki tujuan untuk membebaskan berbagai wilayah yang menjadi bagian dari Pemerintah Dunia. Hal ini tentunya akan menggangu kestabilan dunia jika dilakukan secara terus menerus.

Di chapter 96, Nami sempat membaca koran yang isinya adalah sebuah wilayah bernama Vira mengalami pergolakan di mana terdapat kudeta besar-besaran yang kemungkinan diakibatkan oleh Pasukan Revolusi. Setelah hal tersebut kita kemudian disuguhkan momen di mana Shanks dan krunya benar-benar dalam keadaan tegang dan marah. Bahkan, Shanks pun mengatakan kepada Mihawk yang muncul di hadapannya bahwa dia sedang tidak mood untuk bertarung.

Kemarahan tersebut kemungkinan ada kaitannya dengan momen kudeta tersebut, yang membuat keseimbangan dunia terganggu. Jadi, Shanks dan Monkey D. Dragon serta Pasukan Revolusi bisa jadi adalah musuh abadi atau musuh bebuyutan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki dua pandangan yang berlainan. Shanks ingin dunia tetap damai, sedangkan Pasukan Revolusi ingin semua bisa bebas yang mana hal itu memunculkan pergolakan di mana-mana.

Di sisi lain, hal ini pun bisa menjadi petunjuk dari spekulasi yang cukup berkembang di kalangan fans bahwa Shanks adalah bagian dari kaum naga langit. Apakah artinya pertarungan Shanks melawan Dragon akan terjadi? Mungkin saja. Satu hal yang pasti, secara prinsip baik Shanks atau pun Dragon sudah sangat berbeda dan berlawanan satu sama lain.