Pertarungan antara Blackbeard melawan Monkey D. Luffy menjadi salah satu pertarungan yang sangat dinantikan oleh para fans dari seri One Piece. Meskipun pada awalnya sempat diremehkan, Blackbeard kini mulai berkembang menjadi karakter antagonis yang harus diwaspadai oleh Luffy. Blackbeard pada awalnya adalah seorang kru biasa, sampai kemudian dia membunuh rekannya sendiri demi buah iblis.

Ace sempat mengejar keberadaan Blackbeard, namun nyatanya dia terlalu kuat bagi Ace. Hasilnya Ace berhasil dikalahkan, diserahkan kepada angkatan laut untuk dieksekusi. Kekuatan Blackbeard juga semakin bertambah, dengan dia sekarang yang memiliki dua buah iblis. Hal ini membuat Blackbeard menjadi satu-satunya orang yang memiliki kemampuan tersebut.

Blackbeard juga diketahui menjadi rival utama dari Luffy, semenjak pertemuan pertama mereka di pulau Jaya. Mereka sama-sama memiliki mimpi besar untuk bisa menguasai dunia. Hanya saja bagaimana kemudian Luffy dan Blackbeard mewujudkan mimpi mereka tersebut dilakukan dengan dua cara yang sangat berbeda, dan bisa dibilang saling bertentangan satu sama lainnya.

Dengan kekuatan yang dimiliki oleh Luffy saat ini serta kekuatan Blackbeard sekarang, banyak para fans yang kemudian berspekulasi bahwa pertarungan diantara mereka akan terjadi di akhir atau menjelang akhir cerita One Piece. Banyak juga berbagai petunjuk lainnya yang memperlihatkan keduanya akan menjadi lawan berat bagi masing-masing di akhir ceritanya.

Mereka berdua sama-sama termotivasi untuk menjadi seorang raja bajak laut. Namun, tentunya diantara keduanya hanya ada satu yang kemudian berhasil mewujudkan mimpinya tersebut. Lalu, siapa sosok tersebut? Blackbeard mungkin memiliki peluang untuk menang dengan dia memiliki dua kekuatan buah iblis, sesuatu yang tidak bisa semua orang bisa lakukan. Bahkan, hanya dia yang mampu melakukannya.

Dengan dua kekuatan buah iblis terkuat – Gura Gura dan Yami Yami – Blackbeard bertransformasi menjadi sosok paling kuat di seri One Piece. Sempat ada teori juga yang menyebutkan bahwa Blackbeard akan mendapatkan buah iblis yang ketiga, yang kemungkinan berjenis Zoan. Pada intinya, Blackbeard akan menjadi lawan yang tangguh dan sulit dikalahkan untuk Luffy.

Namun, Luffy pun masih memiliki peluang juga untuk menang dari Blackbeard. Selain peningkatan kekuatan yang terjadi di chapter selanjutnya, di mana Luffy berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis Nika, ada faktor lainnya yang membuat Luffy berpeluang menang dari Blackbeard dan mungkin mewujudkan mimpinya untuk menjadi seorang raja bajak laut.

Faktor lain tersebut dibahas di chapter 1047 kemarin. Ditengah-tengah pertarungan antara Kaido dan Luffy, Kaido sempat membahas mengenai sosok Gol D. Roger. Menurut Kaido, untuk bisa menaklukan lautan dan menjadi raja bajak laut, memiliki kekuatan buah iblis paling kuat sekali pun tidak menjadi jaminan. Hal ini bisa dilihat dari sosok Gol D. Roger.

Jika dilihat dari pernyataan Kaido tersebut memang bisa jadi ada benarnya. Kekuatan dahsyat sekalipun rasanya masih belum cukup untuk bisa menjadi sosok raja bajak laut. Lalu, apa maksud dari hal tersebut? Dan apa kaitannya dengan petunjuk bahwa Blackbeard akan kalah dari Luffy? Bagi Blackbeard, kekuatan adalah segalanya.

Karena itulah dia kemudian mencuri buah iblis yang dianggap memiliki kekuatan yang dahsyat. Misalnya Yami Yami dan juga Gura Gura no Mi. Kedua buah iblis tersebut membuat Blackbeard menjadi sosok paling kuat di lautan. Tetapi, Blackbeard tidak memiliki faktor lainnya yaitu hubungan baik dengan semua orang. Hal inilah yang menjadi kekuatan dari Luffy.

Seperti yang diungkapkan oleh Dracule Mihawk bahwa kekuatan Luffy untuk merubah orang-orang disekitarnya untuk mau berjuang bersama, merupakan kekuatan yang paling mengerikan dan patut diwaspadai di seluruh lautan ini. Bukti nyata dari hal tersebut adalah bagaimana Armada Besar Topi Jerami terbentuk karena beberapa kelompok bajak laut kagum terhadap sosok Luffy yang membuat mereka mau bergabung.

Lain halnya dengan Blackbeard yang membentuk semuanya dan menghadirkan semuanya dengan rasa takut, kebencian, amarah, dan juga teror. Hal inilah yang tidak ada dalam diri Blackbeard, di mana orang-orang mau bersimpati dan mau berjuang bersama. Blackbeard justu menjadi sosok yang dibenci dan diincar nyawanya oleh banyak orang akibat perbuatan yang dia lakukan.

Artinya Luffy dan Blackbeard bagaikan dua kutub yang berbeda. Faktor ini penting karena dengan adanya bantuan dari pihak lain, artinya perjalanan Luffy bisa semakin mudah. Sedangkan Blackbeard harus melakukan semuanya secara paksa. Kaido memang menyebutkan dalam dialog sebelumnya bahwa, Haki yang menjadi faktor penting untuk bisa menaklukan dunia, dan bukan sekedar buah iblis yang kuat.

Tetapi, diluar kedua hal itu, ada faktor lainnya yang juga berpengaruh yaitu bagaimana mereka menjalin koneksi atau hubungan dengan semua orang yang ada dalam ceritanya. Berdasarkan ha tersebut, Luffy mungkin memiliki keunggulan atau keuntungan karena banyak orang yang bersimpati dan mendukung langkah Luffy dibandingkan Blackbeard. Dan ini juga yang menjadi petunjuk penting bagaimana Blackbeard mungkin akan kalah dalam pertarungan puncak nanti melawan Luffy. Bagaimana menurut kalian Geeks?

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/