Quirks merupakan sesuatu yang memberikan para karakter dalam cerita di seri My Hero Academia kemampuan untuk melakukan hal yang sangat luar biasa. Misalnya mengendalikan api atau mengendalikan es, membuat tubuhnya menghilang, dan sebagainya. Baik pahlawan atau pun villain dalam serinya diketahui memiliki kekuatan dahsyat tersebut, karena kurang lebih 80% dari seluruh total populasinya menggunakan Quirk.

Meskipun hal ini sangat luar biasa, di sisi lain angka tersebut justru menghadirkan permasalahannya sendiri. Quirks merupakan sebuah sistem kekuatan yang kompleks dan unik yang dihadirkan dalam seri My Hero Academia. Ada banyak jenis Quirk dan masing-masing jenis memiliki fungsi yang berbeda. Bagaimana kemudian sistem kerja dari Quirks tersebut?

Faktor Quirk dan Pewarisannya

Di chapter pertama serinya disebutkan bahwa mereka yang terlahir tanpa Quirk (Quirkless) akan sedikit mengalami kesulitan dalam hidupnya. Sedangkan, mereka yang memiliki Quirk sejak lahir biasanya akan mulai muncul dan berkembang di usia empat atau lima tahun. Semua orang memiliki Quirk Factor di dalam tubuhnya.

Hal tersebut yang kemudian membuat semua orang bisa mengendalikan kekuatan dalam diri mereka. Tomura Shigaraki bisa mempraktikan Quirk Decay miliknya kepada apa pun yang dia sentuh dengan kelima jarinya. Itu merupakan Quirk Factor yang dimiliki oleh Shigaraki. Hal tersebut dianggap penting agar kekuatan mereka bisa berfungsi dengan baik.

Quirk juga diketahui mampu diwariskan kepada anak atau generasi selanjutnya, tergantung dari kekuatan kedua orang tua mereka. Misalnya, Shoto Todoroki lahir dengan kekuatan separuh dingin dan separuh panas. Hal ini dikarenakan gabungan dari dua kekuatan orang tuanya. Enji Todoroki merupakan pemilik Quirk api, sedangkan sang istri, Rei, merupakan pengguna Quirk es.

Tiga Jenis Quirk

Secara garis besarnya, Quirk dibagi ke beberapa kategori dalam serinya. Ada kurang lebih tiga kategori yang diperkenalkan dalam ceritanya:

  • Emitter: Quirk jenis ini membuat penggunanya bisa mengendalikan atau menciptakan sesuatu. Misalnya, Shoto Todoroki bisa mengendalikan atau memanipulasi api dan es yang dia keluarkan dari tubuhnya. Namun, dia tidak bisa mengendalikan atau memanipulasi es dan api di luar yang dihasilkan tubuhnya.
  • Transformation: Quirk jenis ini membuat penggunanya bisa meningkatkan atau merubah bentuk fisik mereka dengan seusuatu yang baru. Atau dengan kata lain, penggunanya bisa juga berubah ke wujud orang lain dengan syarat penggunanya terlebih dahulu harus mengonsumsi darah dari targetnya. Contoh nyatanya adalah Toga Himiko, di mana dia sudah berubah wujud menjadi beberapa karakter seperti Uchako Uraraka, Camie Utsushimi, dan sebagainya.
  • Mutant: Quirk jenis ini akan membuat penggunanya secara permanen berubah menjadi kekuatan yang ada dalam dirinya. Pada dasarnya, Quirk jenis ini mirip dengan istilah mutan yang kita kenal dalam cerita fiksi di komik dan film barat. Contoh nyata dari pengguna Quirk ini adalah Mezo Shoji dengan Quirk Dupli-Arms miliknya.

Untuk sebagian besar karakter dan juga sebagian besar Quirk, mereka bisa mengaktifkan kemampuan tersebut kapan pun mereka butuhkan. Namun, ada hal yang perlu dicatat bahwa beberapa Quirk tertentu butuh waktu untuk bisa diaktifkan atau digunakan.

Misalnya, Re-Destro mampu meningkatkan kekuatannya dengan Quirk yang dia miliki yaitu Stress Quirk. Namun, sesuai nama dari kekuatannya, untuk bisa mengaktifkan quirk tersebut dia harus terlebih dahulu merasakan stress.

Quirk Juga Bisa Dibangkitkan

Dalam beberapa kasus tertentu ketika pengguna Quirk mampu menguasai penuh kemampuan mereka, maka pengguna tersebut akan juga bisa membangkitkan potensi sepenuhnya dari Quirk tersebut (awakening). Jika hal ini berhasil, bisa dipastikan kekuatan yang akan diterima atau dirasakan penggunanya akan jauh lebih besar dari sebelumnya.

Contoh nyata dari hal ini adalah Himiko Toga, di mana dia berhasil membangkitkan Quirk miliknya di arc Meta Liberation Army. Normalnya, Toga bisa berubah menjadi sosok orang lain dengan cara meminum sampel darah milik targetnya. Namun, hal berbeda ketika dia sudah membangkitkan kekuatannya. Selain bisa berubah wujud, dia juga bisa menirukan Quirk milik targetnya. Yang perlu dicatat adalah kasus seperti ini sangat jarang terjadi.

Memiliki Beberapa Quirk Sekaligus

Seperti halnya buah iblis dalam cerita One Piece, normalnya orang-orang hanya bisa memiliki satu Quirk saja dalam diri mereka. Pasalnya, tubuh manusia tidak akan sanggup untuk menampung dua kekuatan Quirk sekaligus. Meskipun begitu, sebagian orang dilahirkan spesial di mana mereka mampu memiliki beberapa Quirk sekaligus.

Contoh nyata dari hal ini adalah All For One, sang villain utama serinya, dan juga pengguna dari Quirk One For All seperti sosok Izuku Midoriya. Dengan kemampuan ini, penggunanya akan mampu menggunakan beberapa Quirk sekaligus. Misalnya, ketika Deku menggunakan beberapa Quirk sekaligus saat menghadapi musuhnya seperti saat menghadapi Toga Himiko.

Yang menarik, ternyata di ceritanya juga ada cara lain untuk seseorang bisa memiliki beberapa Quirk sekaligus. Caranya adalah dengan memodifikasi tubuhnya. Contoh dari hal ini adalah Doctor Kyudai dan juga proyek Nomu miliknya. Selain dari pada itu, memiliki beberapa Quirk sekaligus bukanlah hal yang lumrah terjadi.