Selepas mengarungi The Infinity Saga yang berakhir dengan sangat epik, Marvel Cinematic Universe (MCU) saat ini sudah memasuki babak baru dalam fase keempat di perjalanan panjang mereka. Petualangan para superhero Marvel pun nampaknya akan terus berlanjut tanpa batas waktu yang tidak diketahui. Serangkaian adaptasi film, dan serial yang disuguhkan oleh Marvel Studios pada akhirnya telah menjadikan MCU sebagai franchise superhero yang begitu populer, dan juga selalu memikat perhatian para penggemarnya.

Meski begitu, semua hal yang baik harus berakhir, dan para karakter pahlawan dalam semesta MCU tidak bisa bertahan selamanya untuk mengemban tugas mereka masing-masing. Dalam Avengers: Endgame (2019), Iron Man (Robert Downey, Jr.), dan Captain America (Chris Evans) memenangkan pertempuran secara heroik melawan Thanos. Di saat yang bersamaan juga, pertempuran itu sekaligus mengakhiri keterlibatan mereka dalam kelompok berjuluk The Mightiest Hero on Earth tersebut.

Kini, dalam fase keempat MCU yang sedang bergerak maju dengan konsep multiverse, beberapa karakter superhero nampaknya akan berhenti, dan menaruh mantel kepahlawanan mereka. Nah, Geeks, berikut adalah daftar karakter yang kemungkinan akan segera pensiun dari MCU.

Colonel James Rupert “Rhodey” Rhodes (War machine)

Dalam cerita MCU, James Rhodes selalu tampil sebagai karakter pendukung Tony Stark. Baju besi yang ia gunakan pun merupakan armor Iron Man Mark 4 buatan Tony yang kemudian dipakai oleh Rhodes menjadi War Machine. Selepas Tony tewas dalam pertempuran melawan Thanos, Rhodes tidak mewarisi mantel Iron Man, dan ia tetap menjadi dirinya sendiri sebagai War Machine. Hal itu tentunya berbeda dengan Sam Wilson, salah satu sidekick Steve Rogers, yang menjadi Captain America baru, dan masih akan terlibat dalam projek MCU di tahun-tahun mendatang.

Rhodes sendiri telah tampil dalam beberapa film MCU, dan ikut serta pada pertarungan Infinity War, serta Endgame. Di fase keempat ini, sosoknya bakal muncul dalam serial Armor Wars yang sekarang sedang berada pada proses pra-produksi. Armor Wars rencananya bakal menampilkan karakter inti dari film Iron Man termasuk Morgan Stark, Pepper Potts, dan Happy Hogan. Rhodes nantinya akan mempunyai tugas yang berat untuk melindungi warisan teknologi Stark Industries agar tidak jatuh ke tangan yang jahat.

Kehidupan Rhodes, keluarganya, dan juga bisnis Stark Industries sepertinya akan dieksploitasi ke dalam serial tersebut. Armor Wars pun kemungkinan bakal menjadi penampilan terakhir Rhodes di MCU. Terlebih lagi, karakter Riri Williams sebagai Iron Heart dikabarkan akan muncul di serial tersebut. Riri terasa lebih tepat menjadi suksesor Iron Man, dan karakter ini bisa bergabung ke dalam Young Avengers yang rumornya sedang disiapkan oleh MCU.

Bruce Banner (Hulk)

Bruce Banner sebagai Hulk rasanya telah menyelesaikan perjalanan karakternya secara penuh. Namun, para penggemar masih bertanya-tanya tentang masa depannya dalam MCU. Pada Thor: Ragnarok, Hulk terjebak sebagai gladiator di Planet Sakaar selama dua tahun, dan dipermalukan saat melawan Thanos pada menit awal film Avengers: Infinity War. Sekarang, Bruce menjadi Professor Hulk, konflik internalnya pun telah diselesaikan, dan dia berhasil menggunakan infinity stones untuk menyelamatkan alam semesta.

Dalam daftar projek MCU di fase ke-4, tidak ada film solo untuk Hulk, tetapi karakter ini masih tampil di serial She-Hulk yang akan rilis pada tahun 2022 ini. Masa depan Bruce Banner sepertinya juga bakal terjawab pada serial tersebut. Di serial ini, ia nampaknya akan lebih banyak berperan menjadi mentor untuk Jennifer Walters sebagai sosok She-Hulk. Setelah semuanya telah ia lakukan bersama Avengers, dan dunia pun kembali berjalan normal, Bruce kemungkinan bakal benar-benar menikmati hidupnya secara tenang.

Bucky Barnes (The Winter Soldier)

Bucky telah menjadi pemain kunci di MCU sejak fase pertama, dan dia mendapatkan perjalanan karakter yang sangat kompleks. Bucky dimainkan secara brilian oleh aktor Sebastian Stan, dan karakternya ini merupakan sahabat baik Steve Rogers. Ia diyakini telah meninggal dalam Perang Dunia II, tetapi sebenarnya telah dicuci otak oleh Hydra sebagai seorang pembunuh, dan muncul pada film Captain America: The Winter Soldier (2014).

Selanjutnya, Bucky mulai mengingat kehidupan masa lalunya, dan berkomitmen untuk menghapus sisa-sisa pengaruh Hydra di dalam otaknya. Ia kemudian membekukan dirinya di Wakanda sehingga Shuri dapat menyembuhkan dirinya. Sekarang, Bucky sudah lebih baik, dan telah mengambil peran heroik bersama Sam Wilson dalam serial The Falcon and the Winter Soldier. Bucky pernah mengatakan bahwa dirinya lelah akan perang, dan fase keempat ini adalah momen yang tepat untuk dirinya beristirahat.

Thor

Meskipun Taika Waititi telah merubah Thor menjadi sangat menarik dalam Ragnarok, tetapi perjalanan sang Dewa Petir di MCU bisa jadi akan segera berakhir. Thor sekarang ini lebih cenderung berkarakter komedi, dan juga Chris Hemsworth membuatnya jauh lebih penuh “kegilaan” hingga terkesan dramatis. Perjalanan Thor di MCU pun, khususnya dalam Avenger: Endgame cukup terasa memilukan. Untuk pertama kalinya, ia kalah dalam pertempuran, dan hidup dengan rasa bersalah serta depresi selama lima tahun sebelum akhirnya mendapatkan kemenangannya lagi.

Sekarang, Chris Hemsworth mendapatkan film solo keempatnya, Thor: Love and Thunder. Dalam film itu, Thor sepertinya akan melepaskan kendalinya sebagai Dewa Petir kepada Jane Foster sebagai Mighty Thor, dan kekuasaan Asgard kepada Valkyrie. Jadi, mungkin sudah waktunya bagi Thor untuk pensiun.

Scott Lang (Ant-Man)

Ant-Man menjadi salah satu karakter superhero penting yang menyelamatkan dunia dalam pertarungan di Avengers: Endgame. Setelah dari situ, Paul Rudd, dan Evangeline Lilly mendapatkan film ketiga mereka yang berjudul Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Film tersebut kemudian menampilkan supervillain dari Marvel yang sangat populer yakni Kang the Conqueror. Dalam MCU, ia adalah varian dari sosok He Who Remains, pencipta Time Variance Authority (TVA) yang muncul pertama kali di serial Loki.

Quantumania diyakini bakal menjadi perjalanan yang sangat epik, dan mencengangkan untuk Scott lang, dan juga Hope van Dyne. Selain itu, lompatan waktu lima tahun yang terjadi di MCU akibat kejadian Endgame, membuat Cassie Lang sekarang tumbuh menjadi gadis remaja. Hal itu kemudian memperbesar kemungkinan bahwa Cassie akan mengambil mantel superheronya sendiri. Jadi, Scott nampaknya akan melepaskan karinya sebagai superhero dalam beberapa tahun mendatang.

Rocket Racoon

Ketika James Gunn dipekerjakan kembali untuk mengarahkan film Guardians of the Galaxy Vol. 3, dia mengatakan bahwa salah satu rencana terbesarnya adalah menyelesaikan perjalanan Rocket. Dalam perjalanan awal di GOTG Vol.1, Rocket adalah sesosok sinis yang tidak peduli dengan siapa pun kecuali dirinya sendiri, dan juga Groot. Dia sangat enggan untuk membantu Peter Quill dalam menyelamatkan galaksi, dan dia bahkan lebih enggan untuk menerima cinta dari keluarga barunya tersebut.

Akan tetapi, selama dua film Avengers terakhir, Rocket tumbuh menjadi sesosok pahlawan yang sensitif. Beberapa rumor lalu mengatakan bahwa Rocket menjadi salah satu karakter yang tewas dalam Guardians of the Galaxy Vol. 3. Teori tersebut mungkin terkesan dramatis, namun skenario yang paling masuk akal adalah setelah peristiwa Endgame Rocket jadi lebih perhatian terhadap keluarganya itu. Ia lalu mengorbankan dirinya sendiri untuk menyelamatkan Quill dan yang lainnya ketika mereka terlibat dalam peperangan galaksi yang berbahaya. Jika teori itu dirasa memungkinkan, GOTG Vol.3 rasanya menjadi film yang tepat untuk Rocket meninggalkan MCU.