Lebih dari satu dekade lamanya, Marvel Studios telah menyerbu box office dunia dengan beberapa film superhero mereka. Di awal tahun 2000an, Marvel cukup sukses dengan mengeluarkan trilogi Spider-Man garapan Sam Raimi, franchise X-Men produksi 20th Century Fox, hingga trilogi Blade, yang dibintangi oleh Wesley Snipes.

Pada akhirnya, mereka pun menciptakan jagat sinematiknya sendiri bernama Marvel Cinematic Universe (MCU) untuk membuat sebuah franchise superhero yang lebih luas. MCU kemudian berjalan sangat sukses, baik secara pendapatan maupun ulasan, dan film-film mereka terus berkembang hingga sekarang.

Meskipun Marvel konsisten menghasilkan sejumlah film adaptasi superhero, sayangnya ada beberapa projek film mereka yang mengalami penundaan, dan bahkan sampai tidak jadi untuk diproduksi. Sebagian diantaranya telah diumumkan ke publik, namun entah mengapa kabarnya menghilang begitu saja. Padahal, jika dilihat dari daftar projek tersebut, beberapa diantaranya cukup potensial, dan menjanjikan. Kira-kira apa saja filmnya? Berikut adalah deretan film Marvel yang hampir dibuat!

Dazzler

Dazzler merupakan salah satu mutan paling populer yang ada di Marvel Comics. Karakter ini dibuat secara bersama-sama antara Casablanca Records (label dalam Universal Music) dan juga Marvel. Dazzler memiliki kekuatan untuk menghasilkan, dan memanipulasi cahaya hingga penyerapan suara yang membuatnya menjadi seorang penyanyi yang berbakat.

Dalam proses adaptasi, Casablanca, dan Filmworks hingga para investor menarik diri dari projek film tersebut. Namun, karakter ini akhirnya mendapatkan penampilan live-action perdananya di film X-Men: Dark Phoenix (2019), dan aktris Halston Sage memerankan sosok Alison Blaire alias Dazzler.

Kick-Ass 3

Sepanjang perilisan Kick-Ass 2 (2013), film tersebut menghasilkan pendapatan box office yang kurang memuaskan, dan juga ulasan yang tidak terlalu baik. Karena hasil yang buruk itu, pembicaraan untuk membuat sekuel ketiganya pun mengalami penundaan hingga sekarang. Pada tahun 2018, penulis film Kick-Ass, Matthew Vaughn, sempat mengungkapkan niatnya untuk menggarap Kick-Ass 3. Namun, belum ada kabar selanjutnya terkait rencananya itu.

Sementara itu, baru-baru ini dalam sebuah wawancara, aktris pemeran karakter Mindy Macready/Hit-Girl di kedua film Kick-Ass, Chloe Grace Moretz, menyatakan keinginannya untuk terlibat lagi dalam film tersebut. Tetapi juga, masih belum ada kabar jelas apakah Kick-Ass 3 dibuat atau tidak.

Gambit

Gambit adalah projek film adaptasi Marvel yang sangat potensial untuk Channing Tatum. Film ini pun sebenarnya telah menentukan jadwal perilisannya di tanggal 27 November 2016 lalu. Namun, apa mau dikata, Gambit mengalami mengalami penundaan jadwal karena sutradara Rupert Wyatt keluar dari pengembangan projek ini.

Seiring berlalunya waktu, projek film ini berjalan tidak pasti karena beberapa sutradara seperti Doug Liman, dan Gore Verbinski, menarik diri membatalkan untuk mengerjakan Gambit. Selepas 21st Century Fox gabung Disney, seluruh proses pengembangan film Gambit pun ditangguhkan seluruhnya.

Sekuel Fantastic 4 (2015)

Bisa dibilang, Fantastic 4 yang dibintangi oleh Miles Teller, Michael B. Jordan, dan Kate Mara, menjadi salah satu film superhero terburuk sepanjang masa. Dengan beragam respon yang buruk, sudah pasti sekuel film ini rasanya akan sulit untuk jadi kenyataan. Untungnya, harga diri film ini pun masih bisa terselamatkan setelah MCU akan membuat ulang Fantastic Four dengan Jon Watts yang akan terpilih sebagai sutradaranya.

Multiple Man

Di tahun 2017, penulis film Wonder Woman, Allan Heinberg, dan produser film X-Men, Simon Kinberg, dikabarkan telah menandatangani kontrak untuk membuat film berdasarkan karakter mutan bernama Jamie Madrox alias Multiple Man. Aktor James Franco pun telah menyetujui untuk memainkan peran utama di film tersebut. Tetapi, sejak saat itu tidak ada kabar lagi yang terungkap dalam projek film ini. Multiple Man kemudian dibatalkan sepenuhnya setelah 21st Century Fox dibeli oleh Disney.

Silver & Black

Silver & Black masuk ke dalam Sony’ Spider-Man Universe, dan awalnya direncanakan untuk dirilis setelah film Venom. Film ini nantinya akan menampilkan karakter Black Cat, dan juga Silver Sable. Projek Silver & Black berada dalam jalan yang pasti setelah Gina Prince-Blythewood dipilih menjadi sutradara, dan lokasi syuting juga telah ditentukan. Tetapi selama proses pengembangan, Sony ternyata tidak menyukai naskah untuk filmnya ini, Silver & Black pun ditunda tanpa batas waktu yang pasti.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2