Monkey D. Luffy tidak diragukan lagi adalah calon raja bajak laut masa depan. Meskipun ada rintangan besar yang harus dilewati terlebih dahulu sebelum dia mewujudkan mimpinya, bukan berarti Luffy harus bertarung dan menghadapi setiap musuh yang ada. Ada beberapa titik dalam perjalanan dari Luffy di mana dia mau tidak mau harus menghadapi musuh tersebut.

Sebagian besar dari musuh atau rintangan yang Luffy hadapi, memang ada yang berhasil dikalahkan dan lewati. Namun, ada juga yang gagal untuk Luffy lewati. Meskipun begitu, Luffy tidak pernah menyerah untuk hal tersebut. Tetapi, di sisi lain, ada juga beberapa ancaman besar yang belum pernah Luffy hadapi. Siapa saja?

Diamante

Diamante merupakan salah satu petinggi di kelompok bajak laut Donquixote. Dalam arc Dressrosa, dialah yang bertanggung jawab untuk mengadakan turnamen di Colosseum yang mana hadiah bagi pemenang di turnamen tersebut adalah buah iblis Mera Mera yang awalnya merupakan milik dari Portgas D. Ace.

Seharusnya, Luffy – yang menyamar menjadi Lucy – yang harus menyelesaikan pertarungan di turnamen tersebut demi sang kakak. Namun, setelah kemunculan Sabo yang sangat tidak terduga, Luffy kemudian mengalihkan perhatiannya kepada Doflamingo. Luffy tahu bahwa Sabo akan mampu memenangkan turnamen tersebut.

Shiryu of the Rain

Shiryu dahulu merupakan kepala sipir di penjara Impel Down, bersama dengan sosok Magellan. Namun, dia kemudian harus dipenjara karena menyalahgunakan jabatannya, di mana dia justru senang menghabisi para tahanan tanpa alasan. Dan dari ceritanya, sudah sangat jelas bahwa Shiryu memang adalah sosok yang berbahaya. Julukannya sendiri memberikan petunjuk siapa sebenarnya Shiryu.

Emporio Ivankov sendiri pernah mengatakan kepada Luffy bahwa jika saja Shiryu masih aktif sebagai sipir di Impel Down, mungkin Luffy tidak akan pernah berhasil selamat. Dan faktanya, saat menghadapi Magellan pun Luffy nampak sangat kewalahan. Sehingga, memang ucapan dari Ivankov tersebut masuk akal, di mana Luffy mungkin sudah tewas jika Shiryu ada di sana pada saat itu.

Vinsmoke Judge

Vinsmoke Judge merupakan pemimpin dari Kerajaan Germa, dan merupakan salah satu ilmuwan yang cerdas. Judge juga merupakan seorang ayah yang sangat kasar terhadap anak-anaknya. Judge memaksa Sanji untuk menikahi salah satu Big Mom, Charlotte Pudding, dan membuat Sanji akhirnya harus “berpisah” dengan kru Topi Jerami.

Judge memang sedari awal bukan menjadi lawan atau villain yang dihadapi oleh Luffy, karena arc Whole Cake Island bukanlah arc dari Luffy. Namun, Sanji yang kemudian membuktikan bahwa dirinya pantas kepada seluruh keluarganya. Judge sendiri sebenarnya memiliki kekuatan yang mengerikan, apalagi dengan kekuatan teknologi dan rekayasa genetiknya. Hal tersebut tentu akan membuatnya memiliki keunggulan untuk menghadapi Luffy.

Gorosei

Gorosei dikenal sebagai otoritas tertinggi di organisasi Pemerintah Dunia, meskipun sebenarnya para Gorosei pun mendapatkan perintah dari sosok yang jauh lebih tinggi lagi yaitu Im. Gorosei merupakan kelompok yang bertanggung jawab atas berbagai konflik dan peristiwa besar dan bersejarah yang terjadi di seri One Piece.

Contohnya adalah peristiwa penghancuran penduduk Ohara. Inilah yang membuat Luffy dan kemungkinan karakter lainnya tidak tahu keberadaan Gorosei, karena mereka lebih senang memerintahkan orang lain. Misalnya, mereka memerintahkan CP-9 untuk menangkap Nico Robin atau membunuh Luffy dengan memerintahkan CP-0. Ditambah lagi, Gorosei hampir tidak pernah keluar dari Mary Geoise, sehingga wajar jika kemudian mereka Luffy belum pernah bertemu dengan mereka.

Im

Arc Reverie menghadirkan sebuah fakta yang mengejutkan bahwa anggapan jika Gorosei adalah sosok tertinggi di Pemerintah Dunia adalah salah. Im yang sebenarnya menjadi penguasa di organisasi tersebut, yang mana artinya dialah yang menguasai dunia. Sosok yang sangat misterius ini nampak tertarik dengan sosok Luffy, juga beberapa sosok lain seperti Blackbeard, Shirahoshi, dan Vivi.

Sebagian fans sendiri sepakat bahwa Im adalah antagonis utama di seri One Piece. Semua hal yang dilakukan oleh Pemerintah Dunia dan berbagai perintah yang ada, pasti akan kembali kepada sosok Im. Seperti disebutkan di atas, bahwa Gorosei sendiri pun harus mendapatkan persetujuan atau mendapatkan perintah dari sosok Im.

Sejauh ini, Luffy sudah banyak menghadapi ancaman dan rintangan. Namun, dari sekian banyak ancaman dan rintangan yang ada di seri One Piece, ternyata ada juga beberapa ancaman besar lainnya yang belum pernah Luffy hadapi. Mungkin, kedepannya kita akan melihat bagaimana Luffy akan menghadapi ancaman-ancaman tersebut.